by Dwika Sudrajat on Sunday, September 26, 2010 at 12:33am ·

Hidup Anda menjadi lebih sederhana, efektif serta tidak membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak berguna.
salam,
Dwika

=============
3 Hal yang harus ditinggalkan agar Hidup Efektif
(Nafis Mudrika)

Kita sering salah mengambil keputusan dan menyesal belakangan. Sebab, kita tidak memperhatikan lingkungan sekitar dengan baik. Ada banyak tawaran, peluang serta kesempatan yang datang kepada kita. Kita pun harus memilih antara ya dan tidak. Apakah tawaran tersebut kita terima ataukah kita tolak. Nah, jika kita ingin hidup efektif dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang kurang berguna, sebaiknya kita meninggalkan tiga perkara berikut ini:

1. Ketidakjelasan
Aktifitas iseng atau semua aktifitas yang tidak jelas tujuannya, prosesnya, ataupun hasilnya sebaiknya ditinggalkan. Hal-hal yang serampangan ini dapat ditinggalkan dengan dua cara. Pertama, langsung meninggalkannya. Kedua, meninggalkan ketidakjelasan dengan jalan memperjelasnya. Tetapkan tujuan yang pasti dari aktifitas tersebut, rencanakan dengan matang serta kurangi ketidakjelasan dengan mencari informasi tambahan. Dengan demikian, kita hanya akan melakukan sesuatu yang punya niat dan tujuan yang pasti, perencanaan yang baik, hasil yang terukur serta ilmu atau kefahaman dari aktifitas yang akan kita lakukan. Bukankah sebaik-baik spekulasi adalah pengambilan resiko dengan perencanaan serta perhitungan yang matang? Bukan untung-untungan seperti dalam judi.

2. Keraguan
Jika kita menghadapi sesuatu yang membuat hati kita ragu, sebaiknya kita tinggalkan. Sama seperti ketidakjelasan, kita dapat meninggalkannya secara langsung ataupun menghilangkan keraguan dengan cara meyakinkan diri untuk melakukan hal tersebut. Jika semua aktifitas kita lakukan dengan penuh keyakinan, tentu hasilnya akan jauh lebih maksimal. Namun jika ragu, peluang suksesnya akan lebih kecil.

3. Kesia-siaan.
Hal yang sia-sia (tidak bermanfaat) atau manfaatnya sedikit, sebaiknya juga ditinggalkan. Mengapa harus repot-repot melakukannya jika tidak terlalu bermanfaat, khususnya bagi diri kita?
Nah, itulah tiga hal yang jika ditinggalkan akan membuat hidup kita menjadi lebih sederhana, efektif serta tidak membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak berguna.

 ·  ·  · Share · Delete