link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 02 Maret 2011

Mencegah Kolesterol

Mencegah Kolesterol Beraksi

**depurplegirls.blogspot.com

Sudah diketahui banyak orang, kelebihan kolesterol bisa mengakibatkan penyakit mematikan, seperti penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke. Ada hal yg melegakan dari segala masalah yg menyangkut kolesterol. Penyakit yang diakibatkannya tergolong dapat dicegah. Terbukti juga bahwa pencegahan jangka panjang membawa hasil yang menggembirakan. Berikut ini upaya untuk mencegah kolesterol sebelum merambat ke PJK dan stroke.
1. Hindari makanan berkolesterol tinggi
Cara ini adalah upaya pertama untuk mencegah terjadinya kolesterol. Perbanyak pangan nabati daripada hewani. Contoh pangan hewani sumber kolesterol :
a. kuning telur
b. cumi-cumi
c. otak sapi
d. telur burung puyuh
e. mentega dan margarin
f. kepiting.
Untuk lemak, berhati-hatilah terhadap penggunaan minyak goreng, mentega dan margarin.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Kedua bahan makanan iini memang banyak diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol "JAHAT" yang berlebihan. Mengapa? ini disebabkan sayur dan buah mengandung serat makanan, antioksidan, dan nutrisi lain.

3. Jaga kestabilan tekanan darah

4. Olahraga teratur
Olahraga rutin merupakan perawatan kesehatan jantung yang tidak dapat diabaikan. Menurut ahli, olahraga teratur terbukti melindungi seseorang dari PJK dan mampu mengendalikan terjadinya hipertensi.

5. Berhenti merokok
Merokok menagakibatkan risiko yang jauh lebih besar daripada kelebihan berat badan. Oleh karena itu, jika rokok dijadikan alasan untuk menghindari kegemukan, itu alasan yang salah besar.

6. Turunkan berat badan
Orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol dan lemak yang tinggi. Kelebihan berat badah juga memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan diabetes. Hati-hati jika terjadi kenaikan berat badan. Ukuran lingkar pinggang yang melebihi ukuran semestinya bisa menjadi petunjuk yang jelas bahwa telah terjadi kenaikan berat badan. Mengurangi berat badan selalu menguntungkan untuk kesehatan.

7. Hindari stres
Stres dapat mendorong seseorang melakukan kebiasaan yang merugikan kesehatan, bahkan merusak. Contohnya merokok, minum minuman keras, dan makan tidak sehat.

8. Hindari minuman beralkohol
Hentikan segera konsumsi minuman beralkohol. Bagi Anda yang belum kecanduan, jangan sesekali mencobanya. Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat mempertinggi tekanan darah. Selain itu, membahayakan fungsi hati, otak dan jantung. Minuman ini juga tinggi kalori sehingga bisa menimbulkan kegemukan.

Tidak ada komentar: