link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Jumat, 06 Agustus 2021

Send 248 views post

Seberapa amankah Cina (Tiongkok)? **Jonri Purwak Tergantung pada daerahnya. Shanghai sangat aman (Kecuali saat menyebrang jalan karena pengemudi-pengemudi sana suka mengebut lewat lampu merah.). Beijing juga cukup aman namun ada daerah tertentu yang kurang aman. Saat di Beijing, saya menginap di hotel bintang 5, namun persis di sampingnya adalah wilayah preman-preman. Supir-supir taksi pun entah mengapa menolak untuk menjemput kami karena harus melewati daerah preman tersebut. Di Shenzhen (tahun 2011), saya melihat banyaknya pencopetan. Saat saya di McDonald's, ada orang yang mencari-cari telpon genggamnya. Dari jendela, saya pun melihat anak muda yang menyeludup sebuah telpon genggam ke kantongnya, lalu lari. Saya pun pernah mendapat kembalian uang palsu. Saat saya menggunakan uangnya (Saya tidak tahu kalau itu palsu), sang kasir langsung mengatakan itu palsu. Bayangkan bila orang-orang sana sudah bisa membedakan uang asli dan palsu dengan mudah, maka penipuan uang palsu sudah umum terjadi. Saya pun membakar uangnya. Namun sepertinya Tiongkok jauh lebih aman sekarang sejak diterapkan teknologi pelacakan wajah yang cukup canggih.

Tidak ada komentar: