link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Jumat, 30 Maret 2012

Keberhasilan Seorang Pengusaha


Ukuran kesuksesan maupun kebahagiaan tidak dapat disama ratakan.  Secara garis besar keberhasilan dan kebahagiaan hidup seseorang dapat dilihat dari kemajuan yang ia capai dari segi ekonomi, spiritual, dan lain sebagainya.
be well,
Dwika



The New Inspiration - "Keberhasilan Seorang Pedagang Asongan" 


Dikisahkan tentang pengalaman unik seorang pemuda saat melintas di sebuah stasiun kereta api. Saat itu tanpa sengaja pandangan matanya tertuju pada seorang pedagang asongan cacat yang sedang menjajakan barang daganganya. Hatinya iba dan ingin melakukan sesuatu untuk orang itu.
Dengan cepat ia menarik selembar uang 20 ribuan dari dalam dompetnya, lalu menyelipkan uang tersebut ke dalam saku pedagang itu. Tetapi sejenak kemudian muncul perasaan bersalah dalam benaknya. Ia segera kembali menghampiri pedagang asongan itu.

“Maafkan saya, Bapak adalah seorang pengusaha. Sekali lagi maafkan tindakan saya, karena secara tidak langsung saya tadi sudah menganggap Bapak seorang pengemis,” kata pemuda meminta maaf dan mengambil sebatang pena lalu meninggalkan pedagang asongan itu.
Enam bulan kemudian, pemuda tersebut melintasi stasiun kereta api yang sama. Kali ini ia merasa ada seseorang yang sedang memanggil dirinya. “Hai Pak!”sapa seorang paruh baya pemilik sebuah toko kelontong di dekat stasiun. “Saya sudah lama menunggu Bapak di toko ini,” kata pemilik toko itu kepada si pemuda.

“Mungkin Bapak sudah lupa, saya adalah pedagang asongan yang Bapak sebut waktu itu sebagai seorang pengusaha. Terus terang saya termotivasi kata-kata Bapak yang menganggap saya seorang pengusaha, sehingga saya berusaha keras untuk mendirikan toko ini,” jelas pedagang asongan itu sambil menunjuk toko baru yang sekarang ia kelola bersama istrinya.
Pemuda itu terharu sekaligus senang. Ia sama sekali tidak mengira pedagang asongan yang ia jumpai 6 bulan lalu sudah mempunyai sebuah toko kelontong yang cukup besar.

Pesan :
Setiap manusia mempunyai potensi yang besar sebagai sarana untuk mencapai keberhasilan dan bahagiaan dalam hidupnya. Meskipun ukuran kesuksesan maupun kebahagiaan tersebut tidak dapat disama ratakan. Tetapi secara garis besar keberhasilan dan kebahagiaan hidup seseorang dapat dilihat dari kemajuan yang ia capai dari segi ekonomi, spiritual, dan lain sebagainya.
Potensi manusia yang teristimewa adalah kekuatan pikirannya. Mayoritas manusia di dunia ini hanya menggunakan 10% dari kekuatan pikiran yang mereka miliki. Padahal jika seseorang sudah terlatih dalam menggunakan kekuatan pikiran, maka ia pasti mencapai kemajuan luar biasa.

Peningkatan kekuatan pikiran sangat berpengaruh terhadap kemampuan nalar, daya ingat, dan pengambilan kebijakan strategis lainnya. Kepercayaan diri juga merupakan salah satu produk kekuatan pikiran. Ralph Waldo Emerson mengatakan, “Percaya diri adalah rahasia pertama kesuksesan.” Kisah di atas menggambarkan kalimat dari si pemuda benar-benar menjadi inspirasi sekaligus membangkitkan optimisme si pedagang asongan, sehingga ia bertekad dan gigih untuk menciptakan usaha yang lebih besar.
Kekuatan pikiran sangat mempengaruhi kemauan dan tekad seseorang. Seperti kata pepatah mengatakan,“Siapa yang berpikir dia bisa, maka dia akan bisa menjadi siapapun yang dia inginkan.” Karena secara tidak langsung ia akan terus berusaha mencari cara mewujudkan segala sesuatu yang betul-betul diinginkannya. Karena itu asahlah pikiran hingga alam bawah sadar kita hanya dipenuhi oleh hasrat yang kuat untuk meraih kesuksesan maupun kebahagiaan yang kita harapkan.

Tidak ada komentar: