link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 28 Februari 2011

Alur Umrah

Alur Ibadah Umrah


Jadwal Perjalan Umroh

Hari 01 :
JKT – JED – MED
Dengan memakai baju seragam, berkumpul di Terminal 2 pintu III-E lantai 2 Bandara Cengkareng pukul 04.00. Insya Allah, dengan pesawat Garuda Indonesia (GA) no. penerbangan GA 982 pukul 06.20 berangkat menuju Jeddah dan insya Allah tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 12.00. Setelah melewati proses keimigrasian Bandara Jeddah, Jamaah akan dipandu petugas untuk melanjutkan perjalanan dengan Bus AC menuju Medinah. Tiba di Medinah langsung Check-in Hotel, makan malam dan beristirahat.
Hari 02 :
MEDINAH
Shalat Subuh berjamaah di Masjid Nabawi dan sarapan pagi di Restoran Hotel, kemudian melanjutkan Ziarah ke Maqam Rasulullah dan berdo’a di Raudhoh. Setelah itu berziarah ke pekuburan “MAKAM BAQI”. Kembali ke hotel untuk beristirahat sambil menunggu waktu datangnya sholat Zuhur.
Hadits Rosulullah.
“Shalat di masjidku lebih utama dari 1.000 shalat di tempat lainnya, kecuali Masjidil Haram dan Shalat di Masjidil Haram lebih utama dari 100.000 shalat di tempat lainnya.
Hadits Rosulullah
“Diantara Rumahku dan Mimbarku adalah sebagian TAMAN SYURGA”
Raudhoh adalah salah satu tempat yang maqbul untuk berdo’a.
Hari 03 :
MEDINAH – MEKKAH
Shalat Subuh berjamaah di Masjid Nabawi. Makan pagi di Restoran Hotel. Setelah itu bersiap-siap berkumpul di Lobby Hotel untuk berziarah seputar kota Madinah, mengunjungi MASJID QUBA’, JABAL UHUD, MASJID QIBLATAIN, MASJID SAB’AH terakhir ke PASAR KURMA.
Hadits Rosulullah.
“Barangsiapa mensucikan dirinya di rumah (berwudhu), kemudian mendatangi mesjid Quba’ dan sholat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti pahala Umroh”.
Kemudian kembali ke Hotel untuk makan siang dan sholat Zuhur di Masjid Nabawi.
Ba’da sholat Zuhur berkumpul di lobby hotel dengan berpakaian ihrom bersiap-siap menuju Mekkah. Mengambil Miqat dan niat ber-Umroh (LABBAIKA ALLAHUMMA UMRATAN) di Mesjid Bi’r Ali didahului dengan Sholat Sunnah dua rakaat, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Mekkah dengan membaca Talbiyah.
Setibanya di Mekkah, check-in Hotel dan melaksanakan Umroh dengan melakukan Thawaf, Sa’i dan Tahallul. Setelah itu kembali ke hotel untuk beristirahat.
Hari 04 :
MEKKAH
Acara rutin Shalat lima waktu di Masjidil Haram. I’tikaf dan Qiyamul-Lail di Masdjidil Haram, serta memperbanyak Dzikir dan Ibadah-ibadah lainnya. Makan Pagi, siang dan malam di Hotel. Istirahat.
Firman Allah
“Sesungguhnya Rumah Pertama yang dibangun oleh Allah untuk manusia adalah Ka’bah (Masjidil Haram) yang diberkati oleh Allah.”
Hari 05 :
MEKKAH
Acara rutin Shalat lima waktu di Masjidil Haram. I’tikaf dan Qiyamul-Lail di Masdjidil Haram, serta memperbanyak Dzikir dan Ibadah-ibadah lainnya. Makan Pagi, siang dan malam di Hotel. Istirahat.
Hari 06 :
MEKKAH
Sholat Subuh di Masjidil Haram. Setelah sarapan pagi, rombongan bersiap-siap di lobby hotel untuk berziarah ke JABAL TSUR, JABAL RAHMAH / ARAFAH, MUZDALIFAH, MINA, JABAL NUR, JI’RONAH (tempat miqat umroh). Selanjutnya, sholat Jum’at, Asar, Maghrib dan Isya di Masjidil Haram. Serta memperbanyak Dzikir dan ibadah-ibadah lainnya. Istirahat.
Firman Allah
“Allah mewajibkan kepada manusia untuk mengunjungi Baitullah (Ka’bah) bagi mereka yang mampu.
Hari 07 :
MEKKAH – JEDDAH
Shalat Subuh berjamaah di Masjidil Haram. Dimohon para jamaah mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke Jeddah sebelum Sholat Zuhur. Sholat Zuhur berjamaah di MAsjidil Haram dilanjutkan dengan Thawaf wada’ dan kembali ke Hotel. Makan Siang di Hotel. Dengan bus AC berangkat menuju Jeddah. Check-in hotel. Makan malam di restoran hotel. Acara bebas.

Tidak ada komentar: