link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Desember 2009

Parameternya 3G

3G Apa saja parameternya

=============================
Belajar Drive Test
by: jakwircetem.wordpress.com

Kali ini saatnya belajar tentang Drive Test lagi. Kenapa pake lagi? Karena sudah pernah belajar sebelumnya tentunya, melalui training malahan. Namun, itu dulu, tepatnya CDMA Drive Test Training. Sekarang, yang ingin di pelajari adalah drive test (DT) untuk 2G (GSM) dan 3G (UMTS). Berhubung tools DT nya ga punya, maka sementara belajarnya melalui tulisan2 yg beredar di internet dulu dan tetap dengan bantuan mbah gugel tentunya :D.

Yang pertama perlu dicari tau adalah, apa sih DT itu ? DT merupakan salah satu bagian pekerjaan dalam optimasi jaringan radio. Dimana DT bertujuan untuk mengumpulkan informasi jaringan secara real di lapangan. Informasi yg dikumpulkan merupakan kondisi aktual radio frequency (RF) di suatu base transceiver station (BTS) maupun dalam lingkup base station subsystem (BSS). Dinamakan DT adalah karena dalam pekerjaannya kita menggunakan kendaraan (mobil) yg diam lalu berjalan dan diam lagi sesuai dengan data pengukuran yg perlu diambil. Perjalanan pun dilengkapi dengan peta digital, GPS, handset dan software DT semacam Agilent, Nemo (Nokia) atau TEMS (Ericsson).

Mengapa perlu dilakukan DT ? Secara umum tujuan DT adalah untuk mengumpulkan informasi jaringan radio secara real di lapangan. Dimana informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan lainya. diantaranya adalah :

- untuk mengetahui coverage sebenarnya dilapangan apakah sudah sesuai dengan coverage prediction pada saat planning,
- untuk mengetahui parameter jaringan dilapangan apakah sudah sesuai dengan parameter planning,
- untuk mengetahui performansi jaringan setelah dilakukan perubahan seperti penambahan atau pengurangan TRX,
- untuk mengetahui adanya interferensi dari sel-sel tetangga,
- untuk mencari RF issue berkaitan dengan adanya drop call atau blocked call,
- untuk mencari adanya poor coverage,
- dan dapat jg digunakan untuk mengetahui performansi jaringan kompetitor (benchmarking).

Apa saja yg diperlukan untuk DT ? Perlengkapan yg dibutuhkan untuk melakukan DT diantaranya handset, laptop beserta software DT-nya (TEMS/NEMO/Agilent), GPS, map digital dan yg pelru dipersiapan lebih dahulu adalah route plan (area yg akan dilakukan DT : primary route, secondary route dan miscellaneous route).

Selanjutnya adalah, Apa saja parameter kualitas yg perlu (biasanya) diperhatikan pada DT GSM ? Parameter ini dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu parameter untuk verifikasi data BTS dan parameter untuk verifikasi kualitas jaringan. Paramater untuk verifikasi data BTS :

- Broadcast Control Channel (BCCH) : merupakan frekuensi carrier downlink yg digunakan oleh BTS (GSM900: 890-915 MHz,DCS1800: 1805-1880 MHz),
- Absolute Radio Frequency Channel (ARFC) : merupakan konversi BCCH yg bernilai MHz diubah menjadi nomor2 kanal,
- Cell Global Identity (CGI) yg merupakan gabungan dari Mobile Country Code (MCC) + Mobile Network Code (MNC) + Local Area Code (LAC) + Cell Identity (CI),
- Base Station Identity Code (BSIC), membedakan BTS-BTS yg berdekatan yg mempunyai BCCH dan ARFC yg sama.

Untuk kulitas jaringan GSM, parameternya adalah :

- RxLev, yaitu level daya yg diterima oleh MS (dalam minus dBm (-dBm), semakil kecil maka semakin lemah level daya terimanya),
- RxQual, yaitu tingkat kualitas sinyal yg diterima MS (nilainya 0-7; 7=nilai terjelek) ,
- Speech Quality Indicator (SQI), tingkat kualitas suara pada saat menelepon (-20 s.d. 30 ; makin besar makin baik) ,
- Call Setup Success Rate (CSSR), persentase tingkat keberhasilan pembangunan hubungan dengan ketersediaan kanal suara (biasanya ditentukan nilai standarnya agar mencapai > 95%),
- Call Setup Time (CST), waktu yg diperlukan untuk melakukan panggilan,
- Call Completion Success Rate (CCSR), persentase tingkat keberhasilan hubungan sampai berakhir tanpa terjadi drop call (biasanya ditentukan nilai standarnya agar mencapai > 98%).

Bagaimana dengan 3G ? Apa saja parameternya? Pada dasarnya untuk 3G jg mempunyai dua kelompok parameter seperti pada GSM, parameter untuk verifikasi data Node-B (sebutan untuk BTS 3G) dan parameter untuk verifikasi kualitas jaringan.

Untuk verifikasi data Node-B, parameternya adalah :

- Cell identity (CI),
- Local Area Code (LAC),
- Scramble Code.

Untuk kualitas jaringan 3G, parameternya adalah :

- Receive Signal Code Power (RSCP), merupakan level daya yg diterima oleh MS (-dBm),
- Ec/No,
- BLER,
- CSSR PS,
- CCR PS,
- ISHO,
- SHO.

Selain mencari nilai parameter diatas pada saat DT dapat juga dilakukan functional test (baik 2G maupun 3G) seperti tes keberhasilan HO, tes keberhasilan SMS, tes video call (pada 3G), tes FTP (3G) dan beberapa functional test lainnya.

3 komentar:

Tjanda Lover mengatakan...

Mohon bantuan untuk singkatan2 pada parameter 3G Pak..
terima kasih.

Fitria Yunita mengatakan...

Saya mau tanya kalo parameter untuk 3,5 G (HSDPA) apa saja ya,berikut persamaan matematisnya..
terima kasih

Fietrytiar mengatakan...

pak, bpak punya Site DB Banda Aceh?
mw DT benmarck.