link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 22 September 2013

Maag ANTASIDA & PENGHAMBAT SEKRESI ASAM LAMBUNG



MEMILIH OBAT MAAG YANG TEPAT

menulis topik ini saya harus riset kecil dan baca empat buku (niat banget ya).
rekan saya bercerita tentang penyakit maag yang tak sembuh meski telah berobat mahal. setelah konsultasi dengan saya terus sembuh. ini bukan obat ajaib tapi tepat milihnya. mana mungkin duodenal ulcer diobati dgn gastric ulcer.
sakit maag dibagi tiga yaitu Esophageal ulcer (esophagus), Gastric ulcer (stomach), Duodenal ulcer (duodenum). untuk jelasnya saya akan bahas di postingan selanjutnya (lagi pake opera mini :-o ).
cara mudah membedakan, Esophagus ulcer jika ada rasa terbakar di leher, sakit/nyeri didada waktu menelan. Gastric ulcer15 menit setelah makan semua bagian perut perih, rasa terbakar. Duodenal ulcer rasa nyeri agak lambat sekitar 1-4 jam setelah makan, hanya satu titik yang sakit, bisa ditunjuk letaknya. jika perut diisi makanan tidak perih. jadi udah tau kan bedanya? saya tergolong kena duodenal ulcer :)
penggolongan obat ada 8 yaitu antasida, penghambat sekresi asam lambung, mucosaprotectiva, antibiotik, penguat motilitas, penenang, pembantu dan anti emetika. saya jelasin dua terbanyak.
1. ANTASIDA
guna menetralkan asam lambung, tidak mengurangi volume asam tapi meningkatkan pH akan penurunan aktifitas pepsin. pH tadinya 2 bisa langsung naik 3-4.
obat nya seperti mylanta, polycrol, acitral, promag. isinya
antasid adalah kombinasi aluminium hidroksida, magnesium stearat, simethicone. biasanya antasid lebih banyak digunakan untuk penderita gastric ulcer. diminum sebelum makan karena pH lambung perlu di netralisir dan setelah makan karena dalam proses pencernaan ada kecenderungan asam lambung meningkat.
2. PENGHAMBAT SEKRESI ASAM LAMBUNG
dibagi dua bagian, yaitu:
A. H2 BLOKER obatnya simetidin, ranitidin, famotidin.
B. PROTON PUMP INHIBITOR obatnya omeprazol, lansoprazol, pantoprazol
Proton pump inh harus dalam bentuk enteric coated sehingga tahan menghadapi asam lambung dan pecah di usus halus lalu masuk melalui sel parietal dan mengikat enzim KHATPase. jadi kalo dapat resep ome, lanso, panto jangan digerus/ dijadiin puyer karna khasiatnya hilang.
untuk H2 BLOKER menempati sekektif di permukaan sel parietal sehingga sekresi asam dan pepsin dikurangi.
pemilihan obat yg palimg mudah diberi simetidin atau ranitidin seperti Rantin®, jika belum sembuh diberi famotidin seperti
Promag double strenght karna famotidin 3 kali lebih kuat dari Ranitidin. jika ingin yang lebih murah pake generik saja karna khasiat sama n sudah BABE approved

1 komentar:

Lina Nurhidayah mengatakan...

bagi anda yang mempunyai keluhan penyakit bisa di tangani dengan obat herbal
obat herbal varises
obat herbal alzheimer paling ampuh
obat herbal lupus