link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 22 Juli 2013

Saling Percaya


Sikap saling percaya marupakan sifat yang mungkin agak sulit untuk diterapkan, karena pada dasarnya manusia suka menaruh sikap yang sukar percaya,namun jika sudah saling percaya maka tidak mungkin akan terjalin hubungan yang sangat baik, namun jika kepercayaan itu dilanggar kemungkinan besar sikap saling percaya itu akan hilang karena kekecewaan.
I Deliver Happiness,
Dwika






Manusia

ditayuditiaa.wordpress.com

I.Manusia dan cinta kasih
    Pada hakikatnya setiap manusia mempunyai rasa cinta kasih, baikrasa cinta kepada seseorang ataupun kepada hewan dan lain-lain. 
Cinta
namun rasa cinta manusia dapat diwujudkan dengan berbagai macam misalnya jika ada seseirang yang cinta kepada hewan maka ia akan selalu merawat dan menyayangin hewan tersebut seperti halnya menjaga dirinya sendiri.
Dalam pembahasan IBD ini terdapat beberaba golongan sifat Manusia diantaranya.

A.Tanggung Jawab
   Setiap individu memiliki sifat ini. Karena dalam hakikatnya manusia selalu mengahadapiyang namanya pilihan dan mungkin itu pilihan yang sangat menyudutkan kita tetapi kita harus ambil salah satu keputusan dan berani ambil tanggung jawab terhadap resikonya.
Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang berani menghadapi masalahnya sendiri.
Macam-Macam Tanggung Jawab yaitu:

1.Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
   Tanggung jawab terhadap diri sendiri,sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah yang ada mulai dari masalah diri sendiri hingga masalah pekerjaan. Menurut sifat dasarnya, manusia adalah makhluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi, karena itu manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, dan angan-angan sendiri.

2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
    Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab pada keluarganya. Tanggung jawab ini tidak hanya menyangkut nama baik keluarganya namun menyangkut terhadap tanggung jawab dalam sebuah keluarga yang baik.

3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
    Pada hakekatnya, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain, maka dari itu kita harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.

4. Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
    Setiap manusia atau individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir dan bertindak, manusia terikat oleh norma-norma dan aturan. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Jika perbuatannya salah, dan melanggar aturan dan norma tersebut, maka manusia itu harus bertanggung jawab kepada bangsa atau negaranya


B.Pengorbanan
    Pengorbanan adalah dimana seseorang berkorban atau membantu kepada orang lain tanpa meminta imbalan karena pengorbanan yang baik adalah pengorbanan yang didasari rasa tulis dan ikhlas bukan semata-mata hanya untuk meminta balasan saja.

C.Kejujuran
    Sikap jujur itu perlu di pelajari oleh setiap orang, sebab kejujuran mewujudkan keadilan, sedang keadilan menuntut kemuliaan abadi, jujur memberikan keberanian dan ketentraman hati, serta menyucikan lagi pula membuat luhurnya budi pekerti.
Pada hakekatnya jujur atau kejujuran di landasi oleh kesadaran moral yang tinggi kesadaran pengakuan akan adanya sama hak dan kewajiban, serta rasa takut terhadap kesalahan atau dosa.
Adapun kesadaran moral adalah kesadaran tentang diri kita sendiri karena kita melihat diri kita sendiri berhadapan dengan hal yang baik dan buruk

D.Saling Percaya
    Sikap saling percaya marupakan sifat yang mungkin agak sulit untuk diterapkan,karena pada dasarnya manusia suka menaruh sikap yang sukar percaya,namun jika sudah saling percaya maka tidak mungkin akan terjalin hubungan yang sangat baik, namun jika kepercayaan itu dilanggar kemungkinan besar sikap saling percaya itu akan hilang karena kekecewaan.

E.Saling Pengertian
    Saling pengertian harus terpupuk sejak dini, agar manusia mampu mengerti keadaan yang kita alami, banyak manusia yang bilang bahwa “bila ingin di mengerti maka mengertilah terhadap orang lain” jadi kita harus mengerti posisi orang lain bagaimanapun itu, agar orang lain mampu mengerti kita.

F.Saling Terbuka
    Sifat saling terbuka harus ditanamkan sejak dini, karena sifat terbuka adalah kita menjadi tau antara yang benar dan yang salah, jika kita mempunyai sikap yang tertutup maka orang tidak akan tau apa yang sedang kita pikirkan, tetapi sikap saling terbuka hanya dalam hal positif.

II.Manusia Dan Keindahan
    Keindahan yang berasal dari kata indah ialah sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah.
Keindahan bersifat universal, artinya keindahan yang tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu, bersifat menyeluruh.


A.Keindahan dalam arti estetik murni
   Keindahan dalam estetik murni adalah keindahan yang menyangkut dari sebuah pengalaman berharga seseorang, jadi orang belajar dari pengalaman dari seseorang yang pernah mengalaminya.

B.Keindahan dalam arti terbatas
   Keindahan dalam arti terbatas ialah keindahan yang dalam arti sempit terbatas yaitu keindahan yang hanya ditujukan kepada orang-orang tertentu saja misalnya seperti orang berlibur ke suatu tempat dan jarang ada manusia ke tempat tersebut, itu merupakan sebagian kecil dari keindahan yang dalam arti terbatas.

C.Keindahan dalam arti luas
   Keindahan dalam arti luas merupakan keindahan yang terbentuk dari cara atau pengalaman yang terbentuk karena adanya usaha dari seseorang seperti orang belajar sesuatu yang disukainya dan ia memberikan pengalamannya kepada orang lain agar orang tersebut dapat menjadi seperti dirinya, begitulah contoh kecil dari keindahan dalam arti luas.

III.Manusia dan penderitaan
     Penderitaan merupakan suatu kata yang berasal dari derita, penderitaan menurut definisi saya sendiri adalah manusia merasakan suatu kesedihan,sakit atau yang dapat membuat seseorang sakit atau lemah itu merupakan pengertian dari penderitaan, apapun yang dapat membuat manusia sakit entah itu sakit hati, sakit dalam jiwa, dan lain-lain.
Gambar 1
Seperti di dalam gambar 1 dapat dilihat bahwa seseorang yang sedang menderita dan ia sedang memikirkan jalan keluarnya, menjadikan ia sakit dalam hal perasaan karena masalah yang belum selesai.
manusia dan penderitaan dapat dibagi kembali yaitu:

A.Penderitaan dalam siksaan
   Arti siksaan siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga benipa siksaan jiwa atau rokhani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan.
Di dalam kitab suci diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia di akhirat nanti, yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatim, dan sebagainya. Antara lain,. ayat 40 surat Al Ankabut menya­takan :
“masing-masing bangsa itu kami siksa dengan ancaman siksaan, karena dosa-dosanya. Ada diantaranya kami hujani dengan batu-batu kecil seperti kaum Aad, ada yang diganyang dengan halilintar bergemuruh dahsyat seperti kaum Tsamud, ada pula yang kami benarnkan ke dalam tanah seperti Qorun, dan ada pula yang kami tenggelamkan seperti kaum Nuh.
Dengan siksaan-siksaan itu, Allah tidak akan menganiaya mereka, namun mereka jualah yang menganiaya did sendiri, karena dosa-dosanya. Siksaan yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi dan banyak dibaca di berbagai media massa. Bahkan kadang-kadang ditulis di halaman pertama dengan judul huruf besar, dan kadang-kadang disertai gambar si korban.
Berita mengenai siksaan kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah harian ibu kota (pos kota) halaman pertama isinya sebagian besar adalah mengenai siksaan, pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, perampokan, dan sebagainya

B.Penderitaan dalam rasa sakit
   Rasa sakit adalah rasa yang penderita akibat menderita suatu penyakit. Rasa sakit ini dapat menimpa setiap manusia. Kaya-miskin, besar-kecil, tua-muda, berpangkat atau rendahan tak dapat menghindarkan diri darinya. Orang bodoh atau pintar, bahkan dokter sekalipun.Penderitaan, rasa sakit, dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dan lainnya tak dapat dipisahkan merupakan rentetan sebab akibat. Karena siksaan, orang merasa sakit; dan karena merasa sakit, orang menderita. Atau sebaliknya, karena penyakitnya tak sembuh-sembuh, ia merasa tersiksa hidupnya, dan mengalami penderitaan.

C.Penderitaan dalam Neraka
   Neraka merpakan tempat pembalasan atau tempat penyiksaan umat manusia yang ada di alam Allah SWT tuhan yang maha esa, yang ditujukan kepada orang-orang yang melanggar perintah atau larangan dari Allah SWT. walaupun nantinya makhluk Allah pasti akan masuk surga namun pada nanti untuk menebus dosa atau kesalahan kita mungkin akan masuk neraka, tapi tidak terjadi kemungkinan jika kita bisa langsung masuk surga dan Allah itu maha adil dan Maha penyanyang umatnya.

D.Penderitaan orang lain
    Dalam hal penderitaan orang lain menyangkut masalah dalam bersosialisasi, tak jarang orang hanya memanfaatkan penderitaan orang lain, yang bermula baik namun pada akhirnya dia akan menambah penderitaan orang lain juga.

E.Sumber Penderitaan
    Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, dan memiliki kepribadian yang tersusun dan dapat mempengaruhi sumber penderitaan manusia.
berikut adalah sumber pendertiaan manusia:
1.Nafsu
2.Perasaan
3.Pikiran

IV.Manusia dan Keadilan
    Keadilan merupakan suatu keputusan yang dianggap saling menguntungkan, dan dapat saling menerimanya, karena definisi dari keadilan adalah menemukan satu jalan dari berbagai macam pendapat.
Manusia dan keadilan
Berbagai macam keadilan yaitu:
A.Keadilan Legal atau Moral 
   Adalah Keadilan yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri.


B.Keadilan Distributif 
   Adalah Keadilan yang dapat terlaksana jika adanya suatu bukti yang membenarkan


C.Keadilan Komunikatif 
   Adalah keadilan yang bertujuan untuk menjaga komunikasi, dan ketertiban agar terciptanya kesejahteraan dalam hidup bermasyarakat.

V.Distribusi Keadilan
   Keadilan distribusi adalah keadilan yang didasarkan atas jasa-jasanya atau keadilan yang berdasarkan keputusan bersama yang saling diuntungkan.


Keadilan dalam berbagi


Keadilan distributif berperan dalam hubungan antara masyarakat dengan perorangan dan berlaku dalam hukum publik serta berfokus pada distribusi, honor, kekayaan dan barang-barang lain yang sama-sama didapatkan dalam masyarakat.

A.Kejujuran dan kebenaran
   Kejuran adalah suatu hal atau kata yang sangat sederhana dan sering kita ucapkan jika kita tidak percaya kepada seseorang. Namun pada kenyataannya kejujuran pun susah diterapkan dalam kehidupan sesorang dengan kehidupan yang lama.

B.Kecurangan
   Kecurangan atau curang identik dengan ketidak jujuran atau tidak jujur, dan sama pula dengan licik, meskipun tidak serupa benar. Sudah tentu kecurangan sebagai lawan jujur.
Curang atau kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hati nuraninya. Atau orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan usaha.

C.Pemulihan nama baik
   Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah namayang tidak tercela. Setiap orang menjaga dengan hati-hati agar namanya tidak tercemar. Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan
Hakekat Pemulihan Nama Baik Tingkah laku atau perbuatan yang baik dengan nama baik itu pada hakekatnyasesuai dengan kodrat manusia
Manusia menurut sifat dasarnya adalah makhluk bermoral.

D.Pembalasan
   Pembalasan sering disebut seperti rasa balas dendam yang ingin diberikan kepada sesorang yang dibenci karena telah melakukan suatu hal kepada kita,keluarga kita atau yang lain, pembalasan adalah sebuah perilaku yang ditujukan untuk mengembalikan perbuatan sesorang. Ada pembalasan dalam hal kebaikan dan ada pembalasan yang bersifat buruk.

Sumber:
http://wahyuadipurnomo13.blogspot.com/2011/12/tugas-ibd-3-manusia-dan-keadilan.html
http://dofadroid.blogspot.com/2012/05/ibd-manusia-dan-keadilan.html
http://gabriellabcde.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dengan-penderitaan-tgs.html
http://brampatty.blogspot.com/2010/02/makalah-manusia-dan-penderitaan.html

Sumber Gambar:
http://www.buzzle.com/img/articleImages/565320-5523-59.jpg
http://archian.files.wordpress.com/2013/02/romantic-couple-wallpapers-2.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_p8tHdn1hsm8/TTj-d6JyKYI/AAAAAAAAABc/4Ya16_arExE/s400/penderitaan-300x199.jpg

Nama:Guntur Mahadiputra

Tidak ada komentar: