link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 01 September 2012

Core pada Core i5 dan i7 dengan Core 2 Quad

http://www.koc2.com/intel/8869-berapah-jumlah-core-pada-i5-dan-i7/
Jumlah core pada Core i5 dan i7 dengan Core 2 Quad sama, yaitu 4 core. Yang membedakan keduanya sehingga Core i5 dan i7 lebih cepat antara lain :
1. Proses produksi yg lebih kecil sehingga dapat ditanamkan jumlah transistor yg lebih banyak pada ukuran die(penampang) yg sama.
2. Dengan semakin banyaknya jumlah transistor, otomatis pemrosesan data yg dilakukan akan semakin cepat.
3. Dengan proses produksi yg lebih kecil juga, maka daya listrik yg digunakan semakin kecil sehingga panas yg dihasilkan menjadi lebih sedikit jg. Hal ini tentunya apabila OC di implementasikan akan menghasilkan persentase yg lebih baik dibandingkan processor yg lebih besar proses produksinya.
4. Jumlah cache memory yg lebih besar pada Core i5 dan i7. (kecuali seri Core 2 Quad 9xxx yg cache nya mencapai 12 MB)
5. Pada Core i7 9xx bahkan terdapat fitur Hyper Threading sehingga selain 4 core fisik, terdapat pula 4 core virtual, dan 8 threads.
6. Controller memory yg integrated pada processor Core i5 dan i7 jg sangat membantu mengurangi "rute antara memory dan processor sehingga laju transfer data lebih meningkat.
7. Penggunaan DDR 3 pada Core i5 dan i7 juga lebih meningkatkan bandwidth dibandingkan seri Core 2 Quad, apalagi denga teknologi Triple Channel padaCore i7 9xx.
8. Jangan lupakan juga penggunaan chipset yg lebih baru sehingga semua kelebihan dan teknologi terbaru dapat diimplementasikan.

Intinya dengan teknologi baru, pasti akan terdapat banyak kelebihan, terutama dari segi kecepatan dan penggunaan daya yg lebih kecil. :)

http://forum.indowebster.com//showthread.php?t=33339
Jakarta - Intel konon bakal merilis prosesor terbaru bertajuk Core i5 sekitar bulan September 2009. Namun di luar itu, rumor untuk prosesor lainnya dari Intel sudah mulai berkembang.

Salah satunya adalah Gulftown yang dikabarkan akan muncul dengan nama Core i9. Prosesor ini secara fisik akan memiliki 6 otak (core), namun secara sistem akan dikenali memiliki 12 otak (logical core).

Ya, prosesor dengan 6 core ini memiliki dukungan Hyper-threading di masing-masing inti. Sehingga prosesor ini sanggup menangani 12 thread sekaligus.

Seperti dikutip detikINET dari PC Games Hardware, Selasa, (28/7/2009), prosesor ini akan dapat digunakan pada mainboard berbasis Intel X58. Ini tak lain merupakan mainboard pasangan Core i7. Jika itu benar, Core i9 akan menjadi 'pilihan logis' bagi pengguna Core i7 yang ingin meng-upgrade jeroannya.

Belum ada pernyataan resmi dari Intel mengenai 'mainan' terbaru mereka tersebut. Namun, dari segelintir kabar yang beredar, prosesor Core i9 disebut-sebut akan dirilis pada awal tahun 2010.

Gaya penamaan prosesor Intel pun agaknya memang akan berubah. Jajaran Core 2 Duo (Dual Core) dan Core 2 Quad (Quad Core) disebut akan berubah pula menjadi keluarga Core i3.

Tidak ada komentar: