Sabtu, 05 Januari 2013

Yang Anda kerjakan

Anda harus bisa menyampaikan apa yang sesungguhnya Anda kerjakan, dan bukan hanya menyampaikan bidang usaha atau pekerjaan Anda. 
Jika Anda tidak bisa menyampaikan informasi yang akurat dan detil, tak seorangpun akan memberi Anda bisnis. Anda memang harus menggunakan mulut Anda sendiri alias berbicara.
I Care About You,
Dwika




Mengkomunikasikan Bisnis Dalam 60 Detik
QA-Communication


Dari materi oleh:
Kirstin Carey

Berapa lama Anda bisa memperoleh sebuah lead (peluang klien baru) setelah memulai networking Anda? Apakah setiap pertemuan bisnis Anda selalu menghasilkan closing dan deal baru?

Kuncinya, Anda harus bisa menyampaikan apa yang sesungguhnya Anda kerjakan, dan bukan hanya menyampaikan bidang usaha atau pekerjaan Anda. Jika Anda tidak bisa menyampaikan informasi yang akurat dan detil, tak seorangpun akan memberi Anda bisnis. Untuk melakukannya, Anda memang harus menggunakan mulut Anda sendiri alias berbicara.

Berikut ini adalah tips untuk menyampaikan bisnis Anda dalam 60 detik. 60 detik ini, adalah iklan terbaik Anda.

APA YANG HARUS ANDA KATAKAN
Apa yang harus Anda katakan dalam 60 detik? Ada lima potong informasi penting yang membuat networking Anda lebih efektif. Yang harus Anda katakan adalah "iklan" Anda. Yakinkan bahwa "iklan" Anda memang mencakup semua informasi ini.

1. PENARIK PERHATIAN
Ini diperlukan agar orang mau mendengarkan apa yang ingin Anda katakan. Ini bisa berupa:

- Pertanyaan;
- Kutipan;
- Statistik.

Contoh:

"Anda ingin lebih banyak uang? Saya bisa membantu Anda!"

"Siapa di antara Anda yang tidak memiliki masalah cash flow? Ya, Kami bisa membantu Anda mengalirkan cash flow untuk Anda seperti mengalirnya sungai, dengan program yang kami tawarkan."

"Siapa yang tidak gugup saat harus berbicara di depan orang banyak? Siapa manusia di atas muka bumi yang tidak memiliki rasa takut sama sekali. Maukah Anda memiliki keahlian untuk menghadapinya? Menjadi penunggang dan bukan tunggangan rasa gugup dan takut? Kami bisa membantu Anda menjadi penunggang rasa gugup dan takut Anda!"

2. SIAPA ANDA
Nama Anda, nama perusahaan Anda.

3. APA YANG ANDA LAKUKAN DAN KATAKAN
Buatlah pernyataan untuk ini seringkas mungkin.

"Kami adalah headhunter untuk orang-orang IT."

"Perusahaan Kami berspesialisasi dalam disain grafis dan komunikasi visual, seperti logo, flyer, kartu pos, dan marketing tools lainnya dalam bentuk setting gambar."

"Kami adalah konsultan pemasaran yang membuat bisnis Anda bisa tumbuh dengan ajaib."

"Kamilah yang membuat Anda percaya diri hingga berhasil dalam menjual apapun dengan berbicara."

Jangan pernah berasumsi bahwa orang lain telah memahami apa yang Anda lakukan, hanya karena Anda telah bertemu dengan mereka sebelumnya. Konsistenlah dengan apa yang Anda lakukan.

Hindari kalimat-kalimat ini:

"Kami menggunakan beberapa pendekatan."

"Perusahaan Kami melakukan banyak hal."

"Cukup sulit untuk menjelaskan apa yang Kami lakukan."

Jelaskan dengan sederhana siapa klien Anda. Identifikasikan klien sempurna Anda. Ini akan memperjelask positioning Anda.

Siapakah audience Anda?

Siapakah yang menggunakan barang atau jasa Anda?

"Kami berspesialiasi dalam pengembangan website untuk perusahaan dengan pegawai di bawah 100 orang."

"Kami menggunakan metode meditasi untuk membantu para pegolf agar tetap fokus dalam bermain."

"Metode kami adalah EDAN, metode yang powerful untuk setiap makhluk yang berbicara."

Apakah audience Anda adalah target langsung atau orang yang mengenal mereka? Jika Anda berbicara kepada para dokter THT dan Anda mewakili perusahaan obat, Anda bisa mengatakan ini:

"Produk kami 'Ngorok No more' akan dapat membantu jutaan orang, yaitu para pasien Anda."

Beri mereka call-to-action, yaitu sebuah alasan sederhana yang mendorong mereka ingin bicara lebih lanjut dengan Anda.

"Silahkan masukkan kartu nama Anda ke kotak ini, untuk mendapatkan informasi terbaru tentang dunia pemasaran internet."

"Untuk Anda yang berada di luar Jabodetabek, Anda bisa mengikuti ini dengan diskon khusus dalam hal Anda membawa serta empat orang teman Anda."

4. GAYA BICARA DAN BAHASA TUBUH
Berdirilah dalam menyampaikan semua itu.

Berdirilah di tempat di mana setiap orang dapat melihat Anda dari depan.

Gunakan posisi tubuh terbuka.

Tersenyumlah.

Buat kontak mata.

Bicaralah dengan cukup keras sehingga semua orang dapat mendengarkan Anda.

Bicaralah dengan lambat saat Anda menyampaikan informasi tentang 'siapa Anda' dan 'call-to-action'.

Bicaralah dengan bersemangat.

5. AGAR DIINGAT
Gunakan trik memori agar orang tetap ingat nama Anda. Anda bisa menggunakan pendekatan ini:

- Kemiripan:
"Nama Saya Ikhwan Sopa - Beberapa dari Anda mungkin menganggap Saya lahir di atas sofa."

- Singkatan:
"QA Communication, QA adalah fenomena paling khas dalam berbicara yaitu 'questions' dan 'answers'. Motto kami sederhana; Anda punya pertanyaan, kami punya jawaban."

- Monikers:
"Metode kami adalah EDAN, maka Saya sering disebut Mr. Edan."

Cobalah Anda sampaikan informasi lengkap tentang bisnis Anda, dalam 60 detik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar