Minggu, 07 Oktober 2012

Bagaimana Anda melakukannya


http://profile.ak.fbcdn.net/profile6/488/47/q1502167460_5990.jpg


 Wednesday, September 2, 2009 at 9:46am 

Kunci sukses bisnis sangat tergantung dari "bagaimana Anda melakukan produk yang diinginkan oleh pasar, produk yang jelas-jelas akan dibeli oleh customer", 
Pelajarilah bagaimana cara memperlakukan pelanggannya, pemasarannya, bagaimana suppliernya, merekrut teamnya, corporate culture nya. 
salam, 
Dwika 

======================================== 
Sukses Bisnis bukan Tentang Apa yang Anda Lakukan 
By Ir. H. Heppy Trenggono, MKomp. 


Ketika suatu saat Anda ingin menjamu orang yang sangat penting bagi Anda, 
apakah itu rekan bisnis atau teman lama atau customer Anda, restoran 
mana kira - kira yang akan anda pilih? Hampir dapat dipastikan anda 
akan memilih restoran yang terbaik bukan? Restoran yang berkelas, yang 
menyediakan makanan enak dengan suasana yang menyenangkan. 

Dan yang hampir pasti anda tidak akan memilih Mc Donald untuk kepentingan 
Anda tersebut, karena Anda menganggap bahwa restoran yang terbaik itu 
jauh lebih baik makanannya ketimbang mc Donald. Di mc donald hanya ada 
ayam goreng biasa saja, seperti ayam goreng di restoran siap saji yang 
lain, tidak ada istimewanya, burgernya yang segede mangkok, kurang 
cocok untuk orang penting yang akan kita jamu. 

Kalau kita perhatikan mengapa banyak restoran yang kita anggap istimewa di masa 
lalu sekarang banyak yang tidak kita lihat lagi keberadaanya? Mengapa 
diantaranya banyak yang gulung tikar sedangkan mc Donald yang sejak 
dulu kita kenal, yang makanannya biasa-biasa saja itu masih terus 
mencetak uang bermilyar-milyar jumlahnya sampai hari ini. Saya punya 
teman salah satu pemasok ayam di salah satu gerai mc Donald yang buka 
24 jam, dia mengatakan penjualan gerai itu saja memerlukan ribuan ekor 
ayam setiap harinya! 

Banyak orang menganggap bahwa sukses bisnis sangat tergantung dari produk apa yang kita jual ke pasar, 

mereka menganggap bahwa semakin unik ide kita maka semakin besar peluang untuk 
sukses. Sehingga apa yang banyak dilakukan orang adalah mencari ide 
bagus, ide cemerlang, sesuatu yang belum ada di pasar, produk yang 
benar - benar unik. 

Banyak orang yang terjebak dalam ide yang mereka kembangkan sendiri. 
Seseorang dengan idenya ibarat seorang ibu dengan bayinya, 
mereka sangat mencintainya dan selalu menganggap ide mereka adalah ide terbaik. 

Mereka menganggap bahwa ide tersebut yang 
akan mengantarkannya kepada sukses dalam berbisnis. 

Kenyataannya tidak semua ide bagus mengantarkan kita pada sukses bisnis, bahkan 
dalam banyak kasus ide bagus membuat kita berdarah-darah, meluncurkan 
produk yang sama sekali belum dikenal pasar membutuhkan ekstra tenaga 
yang luar biasa. Pasar yang belum siap akan menjadi persoalan besar 
untuk kelangsungan bisnis kita. 

Apapun bisnis yang dijalankan, ada yang berhasil berkembang dengan baik dan ada yang mati di tengah 
jalan, ada yang menghasilkan uang buat kita dan ada yang justru 
menghabiskan uang kita. Kita lihat berapa banyak restauran padang 
yang ada di sekitar kita, berapa banyak warung tegal yang ada di 
sekitar kita, berapa banyak perusahaan yang menjual kacang tanah, 
menjual kripik, menjual air minum? mereka bukan pemain tunggal, dan 
yang pasti mereka tidak mengandalkan ide bagus sebagai produknya. 

Namun mengapa banyak diantara mereka yang berguguran? Atau mungkin diantara 
mereka ada yang berguguran karena produknya yang jelek? Mengapa 
diantara mereka banyak yang berhasil? Kunci sukses dalam bisnis tidak 
tergantung dari "apa yang anda lakukan", tetapi sangat tergantung dari 
"bagaimana anda melakukannya". 

Kalau anda akan memulai bisnis, 
ambilah salah satu produk yang anda kenal dengan baik, produk yang 
benar-benar diinginkan oleh pasar, produk yang jelas-jelas akan dibeli 
oleh customer, yang sudah ada pasarnya, yang pasarnya sedang 
berkembang, bangunlah keunggulan dengan cara "bagaimana anda 
melakukannya" 

Pelajarilah bagaimana pemain bisnis sukses dalam 
menjalankan bisnisnya, bagaimana cara mereka memperlakukan 
pelanggannya, bagaimana cara mereka melakukan pemasaran, bagaimana 
mereka berhubungan dengan suppliernya, bagaimana cara mereka merekrut 
dan memilih team mereka, bagaimana mereka membangun corporate culture, 
itulah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. *)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar