Minggu, 10 Oktober 2010

IMPIAN ANDA MENJADI KENYATAAN

MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA MENJADI KENYATAAN
Belajar dari Pengalaman dan Rahasia Sukses Walt Disney
* John Culhane (diambil dari Buku Sukses & Prestasi, Volume VI)

"Prinsip-prinsip yang membangun kerajaan hiburan Disney ini bisa
mengubah kehidupan Anda".

Pada tahun 1928, dalam keadaan shock, animator muda yang masih dalam
tahap perjuangan, naik kereta api menuju ke barat di New York. Walt
Disney telah melancong ke timur untuk merundingkan perjanjian
peredaran yang lebih baik dari film kartunnya yang menampilkan Oswald
Kelinci � hanya untuk diberitahu bahwa distributornya memiliki hak
cipta untuk si kelinci dan telah mendapatkan tanda tangan semua
pelukis kunci Disney. Dengan kesal Walt mengatakan kepada istrinya,
Lilly bahwa dia akan memikirkan tokoh baru. Sementara kereta api
mulai berjalan, dia sudah mulai membuat coret-coretan pada kertas
gambarnya.

Di suatu tempat dalam jarak 900 mil antara Toluca, illinois dan La
Junta, Colorado, Walt teringat akan tikus ladang yang pernah duduk di
atas papan gambarnya ketika dia baru memulai karirnya di Kansas City.
Walt memutuskan untuk mengubah si tikus menjadi tokoh kartun dan
memberinya nama: Mortimer Mouse. "Mortimer itu nama yang jelek sekali
untuk seekor tikus, " Lilly berkeberatan. "Nah, bagaimana kalau
Mickey?" Walt mengajukan saran. "Mickey Mouse kedengaran bagus dan
ramah."

Tikus kecil dengan senyuman malu-malu, optimisme yang pantang mundur
dan semangat mampu melakukan segala-galanya menjadi lambang keceriaan
bagi orang Amerika selama masa depresi � dan menjadi sensasi
internasional. Pada jaman sekarang Mickey Mouse menguasai kerajaan
hiburan seluas dunia yang terbentang dari Disneyland di California
Selatan ke Walt Disney World di Florida, dari Tokyo Disneyland, Hong
Kong Disneyland sampai ke Euro Disneyland � dan terus menuju hati
milyaran orang.

"Saya hanya berharap kita tidak pernah melupakan bahwa semua itu
dimulai oleh seekor tikus," Walt Disney sering berkata. Apa yang
mendatangkan sukses spektakuler bagi kerajaan bernilai lebih dari $3
milyar ini? Apa yang memungkinkan Walt Disney Co. sanggup bertahan di
masa sulit � pada tahun 1954 keuntungannya hampir nol - dan nyaris
tidak dapat melepaskan diri dari cengkraman perampok perusahaan?
Organisasi ini makmur karena tetap berpegang teguh pada prinsip-
prinsip dasar yang dikembangkan oleh Walt Disney dan sekarang
diterapkan oleh semua pimpinan perusahaan tersebut. LIMA RAHASIA
KEBERHASILAN Walt Disney di bawah ini juga bisa diterapkan pada
kehidupan sehari-hari setiap orang termasuk Anda.

RAHASIA PERTAMA: PIKIRKAN HARI ESOK. "Walt selalu beroperasi
mengikuti teori membuat hari ini membuahkan hasil besok pagi,"
demikian kata saudara dan mitra bisnisnya, Roy O. Disney � seorang
pebisnis jenius di belakang kerajaan Disney. Memikirkan hari esok
menyebabkan Walt Disney bisa mengatasi kekecewaan yang paling besar.
Bahkan Mickey Mouse mula-mula merupakan kegagalan. Sekembalinya dari
New York dengan gagasannya mengenai tokoh kartun seekor tikus, Walt
menemui seorang pelukis yang masih tetap setia kepadanya Ub Iwerks.
Iwerks membuat rancangan Mickey dan membuat dua buah film kartun
Mickey Mouse yang pertama. Tetapi tidak ada seorang pun yang bersedia
mengedarkannya karena keduanya film bisu dan film bicara sedang
digilai orang. Maka Walt menggunakan teknologi baru ini. Kartun
Mickey Mouse yang ketiga "Steamboat Willie" mulai diputar tanggal 18
November 1928. Sebagai film kartun bicara yang pertama, film ini
meledak luar biasa di pasaran.

Walt juga meramalkan popularitas film cerita panjang akan mendesak
kartun pendek dari jadwal pemutaran di bioskop dan karenanya film
pendek tidak menguntungkan. Maka dia menciptakan film kartun panjang
pertama di dunia. "Snow White and the Seven Dwarfs" mulai diputar
pada tanggal 21 Desember 1937 dan lebih dari setengah abad kemudian
masih tetap menjadi salah satu film yang paling menguntungkan
sepanjang masa.

RAHASIA KEDUA: BEBASKAN IMAJINASI. Pada sebuah pertemuan tahun 1965
untuk membicarakan The Jungle Book, film cerita kartun terakhir yang
pembuatannya langsung dipimpin oleh Walt, dia memberitahu para
animatornya bahwa sulit sekali bagi burung nasar untuk
mendarat. "Sayapnya terlalu besar sehingga daya angkatnya juga besar
pula," katanya. "Mereka tidak bisa tetap diam di tanah, terus
menabrak-nabrak apa saja dan melambung-lambung ke atas." Animator
sutradara Frank Thomas dan Ollie Johnson mengingat saat itu dalam
buku mereka Too Funny for Words: "Tiba-tiba Walt mengepak-ngepakkan
kedua sikunya naik turun seperti sayap dan tertawa sementara dia
menirukan gerak burung yang besar dan lucu ini. "Dan mereka begitu
berat sehingga kaki mereka nyaris tidak mampu menahan tubuhnya,"
katanya "Dan mereka tersungkur seperti ini...... Setiap orang kini
tertawa. Itu semacam inspirasi yang akhirnya biasa kami harapkan dari
Walt."

Walt Disney memahami bahwa orang biasanya bisa melakukan yang jauh
lebih baik daripada yang diketahuinya. Ketika Walt menirukan gerak
seekor burung, dia berusaha membebaskan imajinasi para animatornya
dan membuat daya pengamatan mereka setajam daya pengamatannya
sendiri.

RAHASIA KETIGA: BERUSAHALAH MENCAPAI KUALITAS YANG TAHAN LAMA. Walt
Disney tidak mau melepas sebuah film ke pemasaran sebelum film
tersebut mempunyai kualitas yang dipikirnya akan tahan lama. Pada
tahun 1938 setelah enam bulan mengerjakan film Pinocchio, Walt tiba-
tiba menunda produksi. "Film itu sama sekali tidak punya hati. Saya
rasa apa saja yang tidak punya hati tidak bagus dan tidak akan tahan
lama," katanya. "Bagi saya, humor melibatkan tawa maupun air mata".
Pemecahan Walt adalah membuat jangkrik yang bisa bicara (yang
terbunuh pada awal cerita menurut bukunya) dan hidup dalam film dan
berlaku sebagai hati nurani Pinokio. Untuk menyesuaikan dengan
kepribadian si jangkrik yang aneka warna, dia dicat dengan 27 macam
warna � "bukan hanya warna biru untuk topinya, jingga untuk rompinya
dan kuning untuk pelindung mata kakinya, tetapi juga warna yang
berbeda-beda untuk kelopak matanya, bagian dari mulutnya dan bagian
bawah kakinya," kata animator sutradara Ward Kimball.

Biaya untuk kesempurnaan seperti itu saja sangat tinggi. Disney
membuat Snow White dengan biaya $1,5 juta; biaya untuk Pinocchio
melambung menjadi $2,6 juta. Tetapi sebagaimana Walt pernah
mengatakan' "Kalau pertunjukannya cukup bagus, publik akan membayar
kita kembali."

RAHASIA KEEMPAT: TEGUHLAH MEMEGANG PRINSIP. Sejak masih kecil, saya
ingin bertemu dengan Walt Disney untuk mempelajari rahasianya membuat
impian menjadi kenyataan. Maka ketika saya berumur 17 tahun, saya
pergi ke California dan berhasil bertemu dengannya. Di rumahnya di
Holmby Hills, pada suatu hari Minggu Agustus 1951, Walt mengatakan
kepada saya bahwa salah satu rahasianya adalah KEGIGIHAN, KETEKUNAN
MEMEGANG PRINSIP, atau "STICK-TO-IT-ITIVITY" � sebuah kata ciptaannya
sendiri yang diubahnya menjadi lagu dan dinyanyikan oleh burung hantu
kartun dalam film So Dear to My Heart (1949).

Kurang dari sebulan sebelum saya bertemu dengan Walt, film ceritanya
Alice in Wonderland mengecewakan dalam hal penjualan karcis. "Alice
tidak punya hati," Walt mengatakan kepada saya dengan terus
terang. "Orang punya perasaan untuk Snow White, tapi tidak demikian
halnya dengan Alice". Saya mengetahui kemudian bahwa kegagalan film
itu merupakan pukulan keras bagi Walt karena hal itu meyakinkan
saudaranya Roy bahwa itu waktu yang kurang tepat untuk menggunakan
uang studio untuk membangun sebuah taman tema film. Taman itu
merupakan impian Walt sejak anak-anak perempuannya masih kecil dan
dia mengajak mereka ke taman ria dan kebun binatang. Karena
menganggap hari-hari itu sebagai salah satu saat yang paling bahagia
dalam hidupnya, dia ingin merancang tempat seperti itu untuk
kesenangan orang lain.

Tetapi kegagalan Alice hanya menghambatnya untuk sementara. Dia
menggadaikan polis asuransi jiwanya untuk mendapat uang $100.000,
kemudian membayar seorang perencana dari kantongnya sendiri untuk
membuat desain yang pertama. Pada tahun 1955 Disneyland dibuka di
Anaheim, California. Dengan pembuatan taman ini dan semua kreasinya
yang lain, Walt tidak pernah menyimpang dari tujuannya. Dia pernah
memperhatikan bahwa seorang kondektur kereta api di Disneyland
memperlakukan pelanggannya dengan ketus. "Beri orang itu pengertian
yang lebih baik mengenai bisnis kita" kata Walt kepada
asistennya. "Kalau kau tidak bisa membuatnya jadi periang, dia tidak
boleh bekerja di sini. Kita menjual kebahagiaan".

RAHASIA KELIMA: BERSENANG-SENANGLAH. "Cara untuk membuat apa saja
yang berhasil adalah dengan tidak kuatir," kata Walt Disney kepada
saya, "dan tertarik kepada gagasan kecil yang menyenangkan � seperti
membayangkan apa yang akan dilihat Peter Pan ketika dia terbang di
atas London." Dengan tangan, suara, mata dan alisnya yang fasih, Walt
Disney bisa membuat saya 'melihat' Peter Pan dan anak-anak terbang
tinggi di atas Sungai Thames yang berkelok-kelok, lampu-lampu kereta
kuda yang berkedip-kedip di jalan jauh di bawah. "Peter Pan dan anak-
anak mungkin bahkan bertengger sebentar pada jarum jam Big Ben," kata
Walt kepada saya, "sebelum terbang menuju Negeri Dongeng: "Bintang
kedua belok kanan dan terbang lurus sampai pagi tiba." Saya merasa
sangat terpesona.

Sekarang ini di Disneyland dan Walt Disney World, berjuta-juta orang
menunggang atraksi "Penerbangan Peter Pan" menempuh perjalanan yang
sama seperti cerita yang diberikan oleh Walt Disney dengan penuh
kesenangan 37 tahun yang lalu.

Lama setelah kematian Walt Disney � karena kanker paru pada tahun
1966 pada usia 65 tahun � orang-orang Disney masih bersenang-senang.
Demikian berjuta-juta orang lainnya di seluruh dunia, berkat jasa
LIMA RAHASIA WALT DISNEY untuk membuat impian menjadi kenyataan.

---------------------------------------
* PERCIKAN PERMENUNGAN *

SUCCESS/PEAK PERFORMANCE

Every great success is an accumulation of thousands of ordinary
efforts that no one sees or appreciates.

Success comes in cans, not can'ts.

The price of success must be paid in full, in advance.

Success comes when you do what you love to do, and commit to being
the best in your field.

The great secret of success is that there are no secrets of success;
there are only timeless principles that have proven effective
throughout the centuries.

Everybody does the things that top people do occasionally. Top people
do these things all of the time.

(The Treasury of Quotes by Brian Tracy � America's Leading Business
Authority on Success)

---------------------------------------
There is a little difference in people, but that little difference
makes a big difference. The little difference is attitude. The big
difference is whether it is positive or negative. Clement Stone

Your attitude determines your altitude. You are only an attitude away
from success. Anonim

I have never seen a consistently successful person with a bad
attitude. James M. Dornan

Attitude is the first quality that marks the successful man. If he
has a positive attitude and is a positive thinker who likes
challenges and difficult situations, then he has half his success
achieved. Lowel Peacock.

(Buku Strategies for Success, James M. Dornan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar