Kamis, 03 Maret 2011

Kartu emas Star Alliance atau One World.

Jadi Penumpang Berstatus Elite
Penulis: Egidius Patnistik


TPGIMAGES
Interior lounge dari Virgin Airlines di Bandara Heathrow, London, Inggris.

TERKAIT:
Jika Anda melakukan perjalanan untuk bisnis atau bersenang-senang, pasti Anda menginginkan kenyamanan dan sedapat mungkin bebas dari keruwetan.  Jika Anda sering melakukan perjalanan maka Anda mungkin menjadi anggota dari satu, atau bahkan lebih, klub airlines frequent flyer. Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan poin-poin yang telah didapatkan, atau bagaimana menggunakannya. Ada beberapa
cara sederhana untuk memperoleh keuntungan dengan poin-poin itu.

Dengan tetap menjadi anggota salah satu klub maskapai penerbangan, ada sejumlah keuntungan luar biasa, terutama bila menjadi anggota salah satu dari dua aliansi maskapai terbesar yaitu, Star Alliance atau One World, yang bisa Anda nikmati. Seiring peningkatan mil yang Anda lampaui dan semakin sering Anda bepergian, semakin besar pula kemungkinan Anda menjadi salah satu anggota elit mereka, dengan status superior ketimbang anggota biasa.

Beberapa maskapai penerbangan akan menghargai penerbang
rutin mereka yang paling sering melakukan perjalanan (most frequent flyers) dengan memberikan kartu emas (gold card) atau peningkatan level keanggotaan. Hal ini saja sudah memberikan keuntungan, terutama bila Anda memperolehnya dengan susah payah (dengan melakukan penerbangan di kelas ekonomi). Status superior Anda, biasanya, akan memberi keuntungan seperti penambahan batas bagasi beberapa kilogram, prioritas check in, prioritas untuk melakukan upgrade kelas, prioritas boarding, prioritas dalam waitlist (beberapa maskapai bahkan mulai menawarkan konfirmasi segera), dan yang paling penting adalah penggunaan lounge di airport.

Lounge-lounge di airport berbeda-beda, beberapa menawarkan makanan dan minuman yang enak, dengan fasilitas shower, tempat kerja, bahkan pelayanan pijat atau tempat bermain game komputer yang akan menolong Anda melewatkan waktu. Namun beberapa memiliki pelayanan yang buruk, atau pelayanan ekstra yang diberikan hanya sebuah kursi nyaman dan minuman selamat datang. Memilih lounge mana yang akan digunakan bisa menjadi rumit namun hal itu amat penting bagi kenyamanan perjalanan Anda.

Ada kesalahpahaman besar dalam industri perjalanan, yaitu ketika Anda diberi tahu hanya dapat menggunakan lounge dari maskapai yang Anda hendak tumpangi. Sesungguhnya tidaklah demikian. Anda memiliki lebih banyak pilihan ketimbang yang selama ini Anda kira, jika Anda bepergian sebagai anggota kartu emas dari Star Alliance atau One World.

Misalnya Anda bepergian selaku anggota kartu emas Royal Orchid Plus (Thai Airlines) yang merupakan anggota Star Alliance. Selama Anda bepergian menggunakan maskapai peserta Star Alliance maka Anda dapat memanfaatkan lounge-lounge manapun yang berada di bawah Star Alliance. Anda tidak harus menggunakan lounge maskapai Thai Airlines hanya karena Anda menggunakan maskapai tersebut. Anda dapat memanfaatkan lounge-lounge milik maskapai lain seperti United, SAS, Air Canada, Lufthansa, Varig, Ansett Australian, Air New Zealand, All Nippon Airways, dan tentu saja Thai Airlines.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyerahkan boarding pass tiket hari itu, yang maskapainya merupakan anggota Star Alliance, kartu emas Anda, maka Anda akan dipersilahkan masuk!

Kesempatan ini akan memberikan Anda pilihan yang luar biasa. Sebagai contoh, lounge Thai Airlines di Airport Internasional Hong Kong amat keren dan mereka menyediakan dim sum yang enak di pagi hari, namun makanan di sore harinya tidak begitu lezat, maka Anda bisa memilih menggunakan lounge milik United, yang menyediakan buah-buahan yang segar dan keju-keju yang nikmat. Lounge United juga memiliki fasilitas komputer yang lebih baik dan lebih luas.

Di London, Anda tidak dapat merokok di lounge milik Thai Airlines tapi Anda dapat melakukannya di lounge milik United dan SAS. Lounge United di Terminal 3 Airport Heathrow juga luar biasa, dengan fasilitas komputer yang lengkap, tempat merokok yang luas dan staf yang profesional dan terlatih. Hal-hal ini memungkinkan Anda membuat pilihan, jika misalnya Anda memerlukan koneksi internet dan semua terminal di lounge Thai Airlines di Singapura telah penuh, Anda selalu dapat pergi ke lounge United untuk melihat kalau-kalau di sana Anda bisa mendapat tempat.

Pada umumnya maskapai penerbangan tidak terlalu senang dengan praktek ini sehingga seringkali lounge yang Anda gunakan (bila Anda tidak menggunakan lounge  dari maskapai yang Anda pakai) akan mengirimkan tagihan pada maskapai penerbangan Anda. Tapi dengan kartu emas yang Anda pegang tidak ada yang mereka bisa lakukan untuk menghentikan Anda.

Jika Anda merasa tidak mungkin meningkatkan status Anda ke level emas atau lebih, atau hanya ingin sekedar memastikan Anda dapat menggunakan lounge tertentu dalam perjalanan Anda, cobalah cari cara dengan menggunaan pass prioritas. Kami doakan, perjalanan Anda nyaman adanya. (EGP/Asiatraveltips.com)

Visa Schengen (Eropa)

Seputar Visa Schengen (Eropa) Bag. 2Aug 29, '09 9:26 AM
for everyone
Nah, disamping persyaratan standard seperti yang tertulis di atas, masing-masing negara Schengen memiliki sedikit perbedaan persyaratan untuk permohonan visa, seperti tertulis di bawah ini :
Kedutaan Italia:
1. Apabila ada anak yang ikut dengan salah satu orang tuanya atau pergi sendiri tanpa ditemani orang tuanya maka kedua orang tuanya diharapkan kehadirannya di kedutaan Italia untuk mengisi dan menandatangani formulir khusus (selain memberikan Surat Izin tertulis).
2. Bukti Keuangan yang diserahkan ke kantor kedutaan Italia harus yang asli, bukan foto copy atau foto copy yang dilegalisir.
3. Kartu Keluarga harus asli.
>> Dapatkan Panduan Lengkap Merencanakan & Melakukan Perjalanan Hemat ke Italia, DI SINI!
Kedutaan Jerman:
1. Untuk mengajukan aplikasi ke kedubes Jerman, minimal harus ada 10 orang yang memiliki route perjalanan yang sama. Untuk aplikasi visa secara individu, belakangan konon agak sulit, kecuali untuk keperluan bisnis atau studi.
2. Apabila penerbangan memakai maskapai Lufthansa, hanya diperlukan surat keterangan dari pihak airlines dan print out tiket saja. Sementara jika menggunakan maskapai yang lain, harus menunjukkan tiket pesawat ASLI.
3. Jika seorang anak (atau yang masih berstatus single) berencana untuk melakukan perjalanan sendiri ke Eropa tanpa didampingi orang tua, selain diharuskan menyertakan surat izin orang tua, salah satu orang tua yang bersangkutan juga diharuskan datang menghadap ke kantor kedubes Jerman.
4. Jika seorang anak hendak bepergian dengan hanya didampingi oleh salah satu orang tua, maka orang tua yang tidak ikut serta dalam perjalanan harus memberikan surat izin yang menyatakan mengizinkan anak dan istri/suaminya untuk pergi ke Jerman/Eropa.
Kedutaan Belanda:
1. Pemohon harus melakukan permohonan visa secara langsung ke kantor Kedubes Belanda (boleh diwakili dari agent apabila telah pernah mendapatkan Visa Belanda 2x).
2. Jika ada keluarga yang tinggal/studi/bekerja di Belanda dan akan membuat Surat Undangan, surat tersebut harus disahkan oleh kantor pemerintah setempat di negara tersebut.
Kedutaan Belgia:
1. Bukti Keuangan yang diberikan kepada pihak kedubes harus ASLI.
2. Konfirmasi penginapan harus langsung dari Belgia.
3. Pemohon visa diwajibkan datang langsung menghadap saat menyerahkan persyaratan visa.
4. Surat keterangan dari orang tua harus dibuat dalam bahasa Inggris di atas meterai Rp 6000 dan disahkan oleh kantor notaris setempat.
Kedutaan Austria :
1. Bukti Keuangan yang diberikan kepada pihak kedubes harus ASLI.
2. Konfirmasi penginapan harus langsung dari Belgia.
3. Jika seorang anak (atau yang sudah dewasa tapi masih single) ingin bepergian sendiri tanpa didampingi oleh kedua atau salah satu orang tua, hanya diperlukan Surat Keterangan dari orang tua yang tidak ikut di atas materai Rp 6000
Kedutaan Prancis:
1. Pas foto yang disyaratkan adalah yang terbaru dengan ukuran 3,50 cm x 4,50 cm (2 lembar) dengan background warna putih.
2. Pemohon Visa turis perorangan yang tinggal di wilayah JABOTABEK diharuskan untuk menghadap sendiri. Di luar wilayah tersebut, persyaratan visa bisa dimasukkan via agen perjalanan atau dikirim via pos/kurir.
Kedutaan Swedia, Norwegia dan Finlandia :
1. Pemohon visa harus datang menghadap secara individu, tidak dapat diwakilkan oleh agen perjalanan manapun.
2. Kalau untuk keberangkatan secara group, aplikasi visa boleh diwakilkan oleh pimpinan rombongan.
Kedutaan Denmark & Spanyol:
Jika seorang anak (atau yang sudah dewasa tapi masih berstatus single) hendak bepergian sendiri tanpa didampingi oleh kedua atau salah satu orang tua, hanya diperlukan surat keterangan dari orang tua yang tidak ikut dalam perjalanan di atas meterai Rp 6000.
Sepintas mungkin persyaratan tambahan di atas terlihat cukup rumit. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut sehubungan dengan persyaratan visa Schengen, silakan hubungi saya via email di: travelhemat@yahoo.com
Artikel Terkait:
Baca ulasan khusus tentang Pentingnya Asuransi Perjalanan DI SINI!
Baca juga tips & tricks menyiasati rumitnya persyaratan visa seputar bukti konfirmasi pemesanan penginapan (hotel/hostel) untuk keperluan kelengkapan persyaratan visa, DI SINI!

Blog EntrySeputar Visa Schengen (Eropa) Bag. 1Aug 29, '09 9:25 AM
for everyone
CATATAN PENTING I:
Sebaiknya Anda ‘Bookmark’ halaman situs ini supaya bisa kembali mengunjunginya dengan mudah di lain waktu. Ada banyak informasi berguna seputar persyaratan visa Eropa (Schengen) yang bakal saya up-date setiap waktu sesuai perkembangan, berikut tips & tricks bagaimana menyiasatinya agar aplikasi visa Anda bisa GOL dengan resiko kerugian finansial seminimal mungkin.
Lantaran cukup panjang, tulisan ini harus saya bagi dalam 2 bagian. Klik link di bagian bawah halaman ini untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya.
***
Akhir-akhir ini, banyak teman member komunitas TravelHemat.com sudah pada berani untuk berencana melakukan perjalanan secara independen ke Eropa.
Banyak yang mengirim email ke saya menanyakan hal-hal seputar tahap-tahap persiapan. Awalnya banyak yang ragu-ragu dengan gimana cara mencari dan memesan tiket pesawat yang murah meriah, cara mencari penginapan murah namun strategis, masalah persyaratan visa yang konon sulitnya minta ampun, dan lain-lain…
Namun, setelah membaca jurus-jurus yang dijabarkan secara detil melalui berbagai serial e-book yang ada di situs TravelHemat.com, sedikit demi sedikit banyak yang teryakinkan dan saat ini ada banyak sekali teman-teman yang ingin menjajal keindahan kota-kota besar di Eropa maupun kecantikan pemandangan alamnya berikut kekayaan budaya dari berbagai negara di benua eksotis tersebut.
Photobucket
Dari segi biaya perjalanan, benar sekali, apabila kita merencanakan perjalanan tersebut dengan cermat, sangat besar kemungkinan kita bisa melakukan penghematan yang kalau dihitung-hitung… bisa mencapai belasan juta rupiah/orangnya. Wah, menarik sekali kan?
Sebagai informasi, biaya tur ke Eropa saat ini jika kita bergabung dalam grup tur melalui travel agent, bisa berkisar antara U$2200 – 4500/orang. Nah, jika Anda bisa menghemat biaya perjalanan tersebut hingga separuhnya, masak sih Anda nggak tertantang untuk melakukan perjalanan ke Eropa secara independen, meskipun mungkin Anda harus sedikit bersusah payah untuk mempersiapkannya :-)
E-Cover TH Switzerland
Apa itu Visa Schengen?
Negara-negara di Eropa saat ini sebagian besar sudah bergabung menjadi ’satu’ untuk urusan pemberian visa kunjungan bagi para pengunjung dari luar wilayah mereka. Ada lebih dari 25 negara Eropa yang saat ini telah menyatukan sistem pengurusan visa mereka. Jadi, apabila kita masuk dari salah satu negara yang bergabung dalam sistem Schengen, maka secara otomatis kita bisa berkunjung ke negara-negara anggota yang lainnya tanpa perlu mengajukan aplikasi visa secara terpisah ataupun mengalami pemeriksaan imigrasi saat di perbatasan antar negara.
Negara-negara Eropa yang masuk dalam sistem Schengen adalah: Belanda, Belgia, Luxemburg, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Austria, Jerman, Republik Ceko, Hungaria, Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Yunani, Estonia, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Slovakia, Slovenia, dan yang terakhir bergabung (akhir Oktober 2008) adalah …. Switzerland.
Photobucket
Persyaratan Umum Visa Schengen
Berikut adalah persyaratan umum Visa Schengen:
1. Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan (baru & lama)
2. Surat Sponsor dari perusahaan tempat bekerja dalam bahasa Inggris
3. Surat Undangan (jika kunjungan dilakukan dalam rangka bisnis)
4. Foto copy SIUP
5. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir (Bukti Keuangan dari perusahaan jika kunjungan dilakukan untuk keperluan bisnis)
6. Referensi Bank asli sesuai dengan Bukti Keuangan
7. Konfirmasi Pemesanan Hotel/Penginapan.
8. Asuransi Perjalanan
9. Print Out Tiket Perjalanan
10. Foto copy Kartu Keluarga, Surat Nikah, Akte Lahir, Ganti Nama jika ada
11. Foto copy Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah
12. Foto terbaru ukuran 4×6 (2 lembar) warna background putih
13. Foto copy Credit Card
14. Isi dan tanda tangan Formulir
15. Tidak menutup kemungkinan untuk diminta menunjukkan Bukti Keuangan asli pada saat pengajuan Visa khususnya untuk Kedutaan Schengen.
Jika ada anggota keluarga yang tinggal di negara tersebut dan dia berminat untuk mengundang Anda ke Eropa, maka Anda wajib melampirkan :
1. Foto copy Paspor dan Visa orang yang tinggal di negara tersebut.
2. Bukti Hubungan (keluarga) seperti Akte Kelahiran.
3. Surat Undangan dari anggota keluarga di Eropa yang disahkan oleh pemerintahan setempat.
Lanjutkan >>
CATATAN PENTING II:
Baca ulasan khusus tentang Pentingnya Asuransi Perjalanan DI SINI!
Baca juga tips & tricks menyiasati rumitnya persyaratan visa seputar bukti konfirmasi pemesanan penginapan (hotel/hostel) untuk keperluan kelengkapan persyaratan visa, DI SINI!

Apabila Anda hendak berencana untuk melakukan perjalanan ke Eropa, saat mengajukan permohonan aplikasi visa Schengen di kantor kedutaan besar salah satu negara Schengen di Jakarta, salah satu persyaratannya adalah Anda harus menyerahkan bukti pemesanan tiket pesawat udara pulang pergi yang sudah dalam status ‘confirmed’ yang biasanya ditandai dengan istilah ‘HK atau OK’.
Disamping itu, Anda juga wajib memiliki polis asuransi perjalanan yang memiliki nilai pertanggungan untuk kerugian dalam hal medical expenses sejumlah minimal 30.000 Euro (catatan: baca artikel khusus tentang Manfaat Asuransi Perjalanan di SINI).
Persyaratan wajib lainnya yang seringkali dirasa memberatkan oleh sebagian besar calon traveler adalah, Anda harus menyerahkan bukti pemesanan penginapan selama perjalanan di Eropa yang statusnya sudah ‘confirmed’.
Banyak orang yang masih berpikiran, bahwa jenis penginapan di luar negeri hanyalah sebatas pada apartemen dan hotel belaka. Masalahnya, jika Anda ingin mendapatkan bukti konfirmasi penginapan di Eropa dengan memesan melalui biro perjalanan, biasanya Anda diharuskan untuk membayar lunas total biaya pemesanan hotel/apartemen tersebut sebelum bisa memperoleh bukti pemesanan dalam status ‘confirmed’.
Pertanyaannya adalah, bagaimana jika aplikasi visa Anda ditolak alias Anda tidak bisa berangkat ke Eropa? Bukankah Anda akan menanggung kerugian yang sangat besar dari sektor biaya ini saja?
Solusi yang ingin saya rekomendasikan pada Anda adalah dengan melakukan pemesanan ‘HOSTEL’ ataupun hotel dan apartemen yang berbasis low-budget secara online melalui LINK INI!
Dengan melakukan pemesanan penginapan secara online melalui situs tersebut, Anda hanya perlu membayar uang muka sebesar 10% saja dari total biaya penginapan yang Anda pesan. Pembayaran dilakukan secara online menggunakan kartu kredit yang masih berlaku. Setelah pembayaran Anda berhasil dilakukan, maka Anda bisa mencetak sendiri bukti pemesanan penginapan dengan status ‘confirmed’ yang dikirim ke alamat e-mail Anda secara otomatis.
Sisa biaya penginapan nantinya bisa Anda bayar secara langsung pada saat check-in pada saat kedatangan Anda, baik dengan cara membayar kontan atau menggunakan kartu kredit.
Dengan menyerahkan bukti pemesanan penginapan dengan status ‘confirmed’ yang Anda cetak sendiri tersebut ke pihak kedutaan, maka salah satu masalah pelik yang sering dihadapi oleh para independent traveler ke Eropa, sudah teratasi.
Dan jika kita bicara kemungkinan terburuk, yakni aplikasi visa Anda ditolak oleh pihak kedutaan besar negara tujuan, kerugian Anda dari sektor biaya pemesanan penginapan bisa ditekan ke titik minimal, yakni hanya 10% saja daripada biaya penginapan seluruhnya.
Semoga informasi di atas, berguna untuk Anda.

Menjangkau Dunia

Air China Tawarkan Layanan Transit Wisata untuk Penumpang yang Lewati Chengdu

INDONESIA PLASA



AsiaNet 42732

Layanan menawarkan informasi untuk wisatawan, perjalanan berdiskon dan kupon makan gratis

BEIJING, 30 Desember 2010 Air China telah meluncurkan layanan transit wisata pertama bagi wisatawan internasional, yang memberi mereka yang sedang menunggu transit melalui Bandara Shuangliu Chengdu kesempatan mengalami bagian menarik dari China.

Layanan transit di Chengdu dari Air China memberi para penumpang beragam jasa yang berguna bagi wisatawan, menandai langkah penting dalam pengembangan strategi pusat Chengdu Air China dan Chengdu sebagai tujuan wisata. Penumpang dapat menikmati banyak manfaat termasuk informasi untuk wisatawan, anjuran mengenai pengalaman budaya dan diskon perjalanan keliling kota sesuai selera, serta kupon makan gratis dan tempat-tempat istirahat di bandara.

Layanan transit penerbangan ini mulanya akan tersedia pada rute internasional antara China dan Karachi, Pakistan, dan Bangalore di India mulai 23 Desember sampai 31 Maret 2011. Penumpang yang terbang dari Bangalore atau Karachi (CA426 dan CA946) ke Chengdu Shuangliu International Airport, atau penerbangan kembali (CA425 dan CA945), dan akan transit ke kota-kota lain dalam waktu 48 jam dapat memanfaatkan layanan ini. Pada saat kedatangan, mereka hanya harus mengunjungi Pusat Pengalaman Wisata Chengdu dekat Gate 10 di lantai pertama bandara Shuangliu, di mana mereka bisa mendapatkan kupon gratis hanya dengan menunjukkan paspor mereka, tiket boarding elektronik atau rencana perjalanan.

Pusat Pengalaman Wisata Chengdu juga memberi informasi seperti peta wisata Chengdu, perkenalan ke tempat-tempat wisata terkenal, dan rekomendasi rute wisata, masakan lokal dan kegiatan santai. Semua bahan tersebut dalam bahasa China, Inggris dan Perancis, sehingga memberi penumpang dari luar negeri kesempatan memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya di Chengdu.

Air China: Membawa China, Menjangkau Dunia

Air China adalah satu-satunya perusahaan penerbangan nasional China dan anggota Star Alliance. Ke-264 rute Air China, dengan diperkuat oleh lebih dari 280 pesawat Airbus dan Boeing, melayani 29 negara dan kawasan. Berkat masuknya perusahaan penerbangan itu ke Star Alliance, jaringan rute Air China, dengan Beijing sebagai pusatnya, mencakup 1.160 tujuan di 181 negara. Air China sekarang punya lebih dari 14 juta anggota dalam program frequent flyersnya.

Untuk keterangan tambahan, silakan kunjungi situs web Air China
www.airchina.com.cn, atau hubungi hotline layanan Air China 4008-100-999

Kontak:
Graham Norris
Ogilvy PR Worldwide
graham.norris@ogilvy.com
+86-10-8520-6688

SUMBER: Air China

Traveling Hemat Di Jepang

Tips Traveling Hemat Di Jepang Dengan Pesawat UdaraOct 6, '09 3:04 AM
for everyone
Cara paling cost-efficient untuk berkeliling Jepang sebenarnya dilakukan dengan menumpang kereta api. Namun apabila Anda memiliki keterbatasan waktu, sementara Anda ingin melakukan eksplorasi sebanyak mungkin tatkala berada di Jepang dan memiliki cukup banyak bekal uang saku untuk perjalanan ini, tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan domestik selama di Jepang, khususnya untuk perjalanan jarak jauh (misalnya dari Nagasaki di ujung selatan Kyushu ke Sapporo di Hokkaido). Jika jarak perjalanan tidak terlalu jauh, misalnya dari Tokyo ke Osaka, saya lebih menyarankan Anda untuk lebih baik menumbang Shinkansen daripada menumpang pesawat udara. Ini disebabkan, jarak yang harus Anda tempuh dari dan ke bandara di Tokyo dan Osaka, ditambah waktu tunggu penerbangan di masing-masing bandara, apabila dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan oleh kereta api Shinkansen untuk mencapai Tokyo – Osaka, secara keseluruhan justru lebih singkat waktu perjalanan dengan menggunakan Shinkansen. Sementara dari harga tiket, jelas harga tiket Shinkansen akan lebih murah daripada harga tiket pesawat.
Penerbangan domestik dari Tokyo ke kota-kota lain di Jepang, lebih banyak dilayani dari Haneda Airport. Jika Anda sudah berada di Tokyo, Haneda Airport bisa dengan mudah dicapai dengan menumpang Airport Limousine Bus, menumpang monorail dari Hamamatsucho Station (Yamanote Line), atau dari Shinagawa Station (Keikyu Line). Jika Anda berencana melanjutkan penerbangan lokal dari Narita Airport, maka Anda bisa menggunakan Airport Limousine Bus untuk bisa mencapai bandara Haneda.
Dua penerbangan domestik yang melayani hampir seluruh destinasi penerbangan di seluruh Jepang adalah Japan Airlines (JAL; tel. 0120/25-5971 toll-free di Japan; www.jal.co.jp) dan All Nippon Airways (ANA; tel. 0120/029-222 toll-free di Japan; www.anaskyweb.com). Harga tiket penerbangan domestik reguler diantara keduanya hampir tidak ada perbedaan. Meski demikian, harga tiket bisa berubah-ubah setiap saat, terutama menjelang dan saat peak season seperti saat liburan akhir tahun, Golden Week, dan liburan musim panas. Meski demikian, tiket pesawat dengan harga yang agak miring masih tersedia, terutama untuk penerbangan awal di pagi hari atau penerbangan terakhir di malam hari. Pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan juga bisa memberikan Anda potongan harga yang lumayan. Demikian pula, pembelian tiket pulang pergi akan sedikit lebih murah daripada membeli tiket satu kali jalan.
Di samping kedua penerbangan utama tersebut di atas, ada beberapa perusahaan penerbangan regional yang melayani hanya rute-rute penerbangan spesifik saja. Biasanya sih maskapai regional ini menjual tiket pesawat dengan harga sedikit lebih murah daripada ANA dan JAL dan sedikit lebih mahal dari tiket kereta api.
Skymark (tel. 03/3433-7670 di Tokyo, atau 092/736-3131 di Fukuoka), adalah maskapai yang hanya melayani penerbangan di seputar Pulau Kyushu.
Skynet Asia Airways (tel. 03/5733-5859 di Tokyo), memiliki rute penerbangan dari dan ke Nagasaki, Kumamoto, Kagoshima, dan Miyazaki di Pulau Kyushu dengan Tokyo.
Air Do (tel. 0120/0570-333 toll-free), menerbangi beberapa destinasi di Pulau Hokkaido.
Sebagai ilustrasi, untuk perjalanan dari Tokyo (Honshu) ke Kagoshima (di ujung selatan Kyushu) dengan menumpang JAL (tiket satu kali jalan) dengan lama perjalanan 1 jam 45 menit, harga tiketnya adalah ¥35,700. Untuk rute perjalanan yang sama dengan menggunakan maskapai Skynet Asia Airways, harga tiket satu kali jalan adalah ¥28,500. Jika dibandingkan dengan menumpang kereta api satu kali jalan dengan lama perjalanan selama 9 jam, harga tiketnya mencapai ¥26,980. Nah, jika perbandingannya seperti ini, jelas lebih menguntungkan kalau Anda memilih untuk menumpang pesawat Skynet Asia daripada menggunakan moda transportasi lainnya.
Membeli tiket penerbangan domestik jauh-jauh hari dengan koneksi langsung ke penerbangan internasional Anda ke Jepang bisa merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan ke Jepang. Secara reguler JAL (Japan Airways) mengeluarkan tiket promo "oneworld Yokoso/Visit Japan Fare" yang harus dibeli secara bersamaan dengan international ticket ke Jepang. JAL adalah anggota dari ONEWORLD (sebuah organisasi code-sharing) yang beranggotakan American Airlines, Qantas, Cathay Pacific, British Airways, Finnair, Iberia, Malev, Japan Airlines, Royal Jordanian dan LAN Argentina. Nah, jika Anda menumpang salah satu dari maskapai penerbangan anggota ONEWORLD tersebut, maka Anda bisa mendapatkan diskon ¥10,000 untuk setiap penerbangan domestik di Jepang dengan menumpang JAL termasuk dua maskapai anak perusahaannya yakni JAL Express dan Japan TransOcean Air yang secara keseluruhan melayani lebih dari 40 kota di Jepang. Promo tiket “oneworld Yokoso/Visit Japan Fare' ini harus dibeli dari negara asal wisatawan, dan tidak dijual di dalam negeri Jepang sendiri.
Untuk wisatawan yang terbang menggunakan maskapai lain di luar anggota ONEWORLD, juga bisa memanfaatkan penawaran menarik dari JAL yang dinamakan "Welcome to Japan Fare," dengan harga ¥13,650 per penerbangan, dengan minimal pembelian 2 buah tiket/orang.
Di lain pihak, maskapai ANA juga memberlakukan program promo yang mirip dengan yang dilakukan oleh JAL, namun untuk maskapai penerbangan yang berada di bawah bendera Star Alliance. Maskapai yang menjadi anggota dari Star Alliance adalah Singapore Airlines, Continental Airlines, United Airlines, Air Canada, SWISS, Air New Zealand, Air China, Adria, Asiana Airlines, Austria Airlines, ANA, Croatian Airlines, Turkish Airlines, Egypt Air, Scandinavian Services (SAS), Lufthansa, SpanAir, South African Airlines, Thai Airways, Shanghai Airlines.
Untuk tiket “Japan Airpass” yang diterbitkan oleh ANA, biayanya adalah ¥11,000 per penerbangan jika Anda terbang menggunakan ANA atau salah satu maskapai anggota Star Alliance. Jika Anda membeli “Japan Airpass” namun tidak melakukan penerbangan dengan maskapai anggota Star Alliance, maka harga tiketnya adalah ¥13,000.
Harap diingat, bahwa tiket promosi jenis ini tidak berlaku untuk masa-masa Peak Season seperti pada saat liburan musim panas (pertengahan Juli – akhir Agustus), liburan tahun baru, dan saat Golden Week.
Tiket promo yang dikeluarkan oleh JAL dan ANA tersebut adalah harga sebelum pajak bandara dan asuransi penerbangan. Anda harus membeli tiket penerbangan internasional menuju Jepang terlebih dulu sebelum bisa membeli tiket domestik promo.
Jika Anda berniat untuk memanfaatkan promo penerbangan hemat tersebut, sebaiknya pergunakan untuk perjalanan jarak jauh supaya manfaatnya lebih terasa., sementara untuk perjalanan jarak pendek atau menengah, lebih baik menumpang kereta api.
Tips dan panduan merencanakan dan melakukan perjalanan hemat dan independen ke Jepang, bisa Anda baca selengkapnya dalam E-Book TravelHemat Jepang di www.TravelHemat.com

Star Alliance sebuah aliansi maskapai penerbangan

Star Alliance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Star Alliance, diluncurkan 14 Mei 1997, adalah sebuah aliansi maskapai penerbangan pertama, dan yang terbesar sampai saat ini dengan berbagai bentuk kerjasama.
  • Integrasi program frequent flyer, di mana miles bisa didapat dan dipakai di seluruh anggota aliansi di tingkat yang sama.
  • Pelanggan premiumnya memiliki akses ke seluruh lounge milik anggotanya di bandara.
  • Koordinasi jadwal untuk memungkinkan penerbangan yang menyatu walaupun menggunakan beberapa maskapai dalam satu tiket.
  • Harga khusus untuk perjalanan "keliling dunia" dan yang serupa dengan anggota menawarkan diskon dalam pemesanan perjalanan.
  • Pelayanan konsumen diharmoniskan agar konsumen memiliki kesan yang konsisten.
  • Kerjasama dalam hal pengembangan teknologi informasi.
Kerjasama erat ini menimbulkan kecurigaan tentang usaha-usaha anti persaingan. Star Alliance diinvestigasi oleh Uni Eropa sebagai penggabungan semu anggotanya. Spekulasi yang beredar adalah bahwa jika pemerintah mengizinkan, anggota Star Alliance akan bergabung ke dalam satu perusahaan. Pendirian Star Alliance kemudian mendorong munculnya aliansi lain seperti oneworld dan SkyTeam. Aliansi ini juga mengembangkan konsep regional pada 2004 untuk memasuki pasar melalui maskapai regional yang disponsori oleh anggota lain.
Sekarang, Star Alliance melayani 16.930 penerbangan per hari ke 842 bandara di 152 negara, setelah South African Airways dan Swiss International Air Lines bergabung awal April 2006 ditambah lagi US Airways yang bergabung dengan America West pada Mei 2005.
Star Alliance dipilih sebagai aliansi maskapai penerbangan terbaik pada World Airline Awards 2005 untuk kedua kalinya.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Anggota

Mulai 2004, keanggotaan Star Alliance terbagi ke dalam keanggotaan penuh dan regional.

[sunting] Keanggotaaan penuh

Maskapai pendiri ditulis tebal, tahun masuk di dalam kurung.
NB : Continental Airlines merupakan mantan anggota SkyTeam

[sunting] Anggota regional

[sunting] Mantan anggota

[sunting] Anggota Masa Depan

[sunting] Lihat pula

[sunting] Pranala luar

Tiket keliling dunia

MENJELAJAH DUNIA


05:25 |


Tiket keliling dunia
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari




Keliling Dunia

An example of traveling the World using a RTW ticket. Start in London, travel eastwards through India, Indonesia, Australia, New Zealand, Brazil and Africa back to home, all using the same ticket with the same airline alliance.

Sebuah tiket keliling dunia (TKD) adalah sebuah produk yang memungkinkan turis untuk terbang dan bepergian mengelilingi dunia untuk sebuah harga yang relatif rendah. TKD ini telah ada untuk beberapa saat dan di masa lalu biasanya ditawarkan melalui persetujuan pemasaran antara maskapai penerbangan di beberapa benua. Sekarang, mereka ditawarkan secara eksklusif oleh aliansi maskapai penerbangan seperti SkyTeam, Star Alliance, dan Oneworld. Tarifnya ditentukan oleh pelayanan kelas, tempal awal penerbangan, jarak (biasanya antara 20.000 dan 40.000 mil), dan kadangkala musim penerbangan. Penumpang diuntungkan dari jaringan yang besar dan telah dioptimalkan dari aliansi tersebut dan dapat berpartisipasi dalam program penerbang sering aliansi tersebut. Namun, tiket ini biasanya dibatasi penggunaannya. Tempat penerbangan awal dan terakhir harus terletak di negara yang sama dan hanya satu kali menyebrangi Samudra Atlantik dan Pasifik. Jumlah perhentian juga dibatasi dari 5-15 dan jalan mundur biasanya dilarang. Tanggal dan tujuan tidak harus ditetapkan sebelumnya karena penumpang dapat mengubah tnggal dan tujuan di kantor setempat dari maskapai penerbangan dalam aliansi tersebut (meskipun begitu mengubah tujuan penerbangan seringkali dikenakan sebuah biaya tambahan, dan bila penerbangan berikut dengan tanggal-terbuka, pemesanan mungkin dilepas oleh komputer maskapai penerbangan). Harga bervariasi tetapi biasanya dalam batasan $3000-5000.


Sebuah pilihan lain untuk tiket keliling dunia adalah pass benua.

Star Alliance Round the World

Picture of the earth as seen from space

Flight Applicability
  • Star Alliance Round the World fare applies for round the world travel from and to countries which are served by the following Star Alliance member carriers: Adria Airways, Aegean Airlines, Air Canada, Air China, Air New Zealand, ANA, Asiana Airlines, Austrian, Blue 1, bmi, Brussels Airlines, Croatia Airlines, Continental Airlines, EGYPTAIR, LOT Polish Airlines, Lufthansa, Scandinavian Airlines, Shanghai Airlines (until 31 Oct 2011), Singapore Airlines, South African Airways, Spanair, SWISS, TAM Airlines, TAP Portugal, THAI, Turkish Airlines, United and US Airways.
  • In general, Round the World fares are offered on all Star Alliance operating and code-shared flight numbers including flights operated by regional partner airlines. Our member airlines do however have the right to exclude single flights from the Round the World fare.
  • As Star Alliance member carriers can limit the number of passengers carried on any given flight traveling on a Round the World fare, the flight you wish to take may be sold out for this fare.   Please note that, due to U.S. government restrictions, a ticket that includes travel to/from/via Cuba may not be sold in the USA nor originate in the USA nor include flight segments for travel on Continental Airlines, United or US Airways operated or marketed flights. Such ticket cannot be sold to US citizens and cannot be issued on Continental Airlines, United or US Airways ticket stock. Destinations in Cuba can not be purchased online via the Star Alliance Book and Fly tool. Residents of Cuba, Ghana and Nigeria are asked to contact a member airline or a travel agent as Star Alliance Book and Fly does not support these countries. Due to legal restrictions any travel starting in Libya must only be sold in Libya. Therefore a Book and Fly itinerary cannot start in Libya. 
Fare calculation and booking classes
  • The applicable Round the World fare is determined by the total number of miles of your planned trip as well as the country where your journey begins (country of origin). The number of miles is based on IATA industry (International Air Transport Association) standards (Ticketed Point Mileage Table) :
    • The Normal Round the Word fare includes up to 29 000, 34 000 or 39 000 miles.
    • The Special Economy Round the World fare includes up to 26 000 miles. Please note that the Special Economy Round the World Fare is not offered for travel originating in Japan.
    Applicable fees, taxes and surcharges will be added to the selected Round the World fare.
  • Round the World fares are available in First, Business and Economy Class.
Upgrade/Downgrade of Round the World fare
  • When a customer chooses to book a flight or a flight segment that is only available in a lower cabin class than the desired cabin class (for example downgrading from First to Business class or from Business to Economy class) no discounts or refunds will be applied to the total price of the ticket.
  • When a customer chooses to book a Round the World ticket in Business class, but on a flight or a flight segment only a First class cabin is offered for Air China, United or US Airways, an upgrade to First class free of charge will be offered should there be seats available in the First class cabin.
  • Round the World tickets may be upgraded to a higher Round the World fare upon payment of the difference in fare, recalculated from the point of origin plus an applicable rerouting fee.

    Exception: On sectors within/between USA and Canada or within China where Business Class is not offered, business passengers will be accommodated in First Class subject to availability of seats at the time of booking. In case First Class seats are not offered or not available, the passenger will be offered to choose an Economy Class seat. In that case, no refund will apply. 
Surcharges on selected flights and routes
  • The following surcharges will be included in the total fare calculated by the Book and Fly tool, where applicable:
    • An Air Canada Business Class surcharge (Q-surcharge) of USD 300.00 per sector is applicable for passengers booked in Z Class on Boeing B772LR or Boeing B773ER when travel is between

      Montreal and Frankfurt / Paris
      Toronto
      and Hong Kong / Paris / Frankfurt / Shanghai / Tokyo / Beijing/ London / Sydney
      Vancouver
      and Sydney / Hong Kong / London / Beijing / Shanghai / Tokyo
    • A Singapore Airlines Business Class surcharge is applicable for passengers booked in a reduced Business Class (D Class) on Airbus A380, Boeing B773ER or Airbus A340-500 and will be levied on Business Class Round the World passengers travelling on Singapore Airlines Boeing B773ER, Airbus A380 or Airbus A345.
Route between Surcharge per sector
Singapore and San Francisco / Houston 600 USD
Singapore and Los Angeles / New York 900 USD
Seoul and San Francisco 500 USD
Hong Kong and San Francisco 500 USD
Moscow and Houston 500 USD
Singapore and Paris / Milan / Barcelona / Zurich / Frankfurt / London / Moscow 500 USD
Singapore and Delhi / Mumbai 300 USD
Singapore and Hong Kong / Beijing 300 USD
Singapore and Tokyo / Seoul 300 USD
Singapore and Auckland / Melbourne / Sydney 400 USD
Munich and Manchester 300 USD

Special Booking Classes
  • SAS Round the World Economy Extra Class surcharge of USD 500.00 is required for passengers booking in the full fare Economy (S class). This surcharge does not apply for passengers holding a First or Business Class Round the World ticket.
  • Air New Zealand's Pacific Premium Economy Class can be booked by passengers with a Round the World Economy Class ticket for a surcharge of USD 350.00 for each sector in booking class O and of USD 700.00 for the sector Auckland - London.
Please note that all booking classes and all aircraft types are displayed in the Book and Fly tool at the time of flight selection before proceeding to payment. The Book and Fly tool offers you various options to choose from (if available) and indicates if any of the above mentioned surcharges will be required.
Reduced fares for children
  • Economy Class Fare discount:
  • Children (age of 2-11 years) pay 75% of the applicable adult Round the World fare. In case children turn 12 years old during the Round the World journey, the adult Round the World fare will be applied to the Round the World ticket. Proof of age is required at the time of ticketing. The first infant under 2 years not occupying a seat pays 10% of the adult fare plus fees, taxes and surcharges. Children and infants must be accompanied on all sectors in the same cabin by an adult passenger paying the full Round the World fare.
  • For First and Business Class Fares there is no child discount.

    The Star Alliance Book and Fly tool does not allow for purchasing infant fares. Please contact the Star Alliance Customer Service Centre, one of the Star Alliance member carriers or any travel agent. 
Planning your journey
Start and End
  • Your journey has to start and end in the same country (the “country of origin”), but not necessarily in the same city.
    From continent to continent
  • According to IATA industry standard the Round the World fare divides the world virtually into 3 zones (Traffic conferences):
    • TC1: North America, Central America, South America, Greenland, Caribbean, Hawaiian Islands
    • TC2: Europe (West of the Urals), Azores, Iceland, Middle East, Africa, Seychelles Islands
    • TC3: Asia (East of the Urals), Oceania, (Australia, New Zealand and South Pacific Islands)
  • On your Round the World journey, your travel must follow one global direction only (East or West) and each Traffic Conference must be crossed only once:
  • The Atlantic and the Pacific must each be crossed exactly once. Only one crossing between Europe, Africa/Middle East and Asia is allowed.
  • Except for the first international transatlantic or transpacific sectors, the intercontinental crossings may be non-air (“surface”) sectors.
  • Within the zones mentioned above the direction can be changed.
Stopovers and Transfers
  • A stopover is defined as a stay of more than 24 hours.
  • You have to include 3 or more stopovers in the normal Round the World fare. The maximum number of stopovers for this fare is 15.
  • For the Special Economy Round the World fare, you have to include between 3 and 5 stopovers.
  • Both, of the Round the World fare and the Special Economy Round the World fare allow a maximum of 1 stopover in any one city and no more than 3 stopovers in any one country (exception USA: max. 5 stopovers).

    For travel originating in USA/Canada: The number of stopovers taken in continental USA/Canada must not exceed 4 (not more than 3 per country). For travel originating in Europe: The number of stopovers taken in Europe must not exceed 5 (not more than 3 per country). Transfers, which are defined as a stay of less than 24 hours, are allowed in any city, however not more than 3 in any one city.
  • The number of transfers is not limited other than in the country of origin, where not more than 2 domestic transfers and not more than 2 international transfers are permitted.
  • Travel through the city of origin is not permitted.

    Exception: If travel starts in USA/Canada/Thailand/Norway, no more than 4 domestic transfers and no more than 4 international transfers are permitted in the country of origin. 
Surface (Non-Air) sectors of your journey
  • You may include non-air (“surface”) sectors at your own expense. The mileage for such sectors will however be included into the mileage calculation. Non-Air sectors are counted as flight coupons.
  • If the time allocated to a surface sector exceeds 24 hours, it is considered to be a stopover.
Maximum number of coupons, minimum and maximum stay
  • The maximum number of flight coupons is limited to 16 per ticket. Surface sectors and multiple airport cities are counted as flight coupons. 
  • Minimum stay: The travel on the last international sector (intercontinental sector, if travel started in Europe) must start no earlier than 10 days after the first international sector (intercontinental sector, if travel started in Europe) started. For travel starting in Australia and New Zealand there is no minimum stay required for First and Business Class Fares. For Economy Class Fares the travel on the last international sector must start no earlier than 7 days after the first international sector started. Maximum stay: All travel must be completed within one year after departure from the fare origin. Exception: Tickets issued prior to 31 Oct 2010 which involve sectors operated by Shanghai Airlines (FM) will be accepted for travel up to and including 31 Oct 2011.
Determining your routing
  • The destinations of your Round the World journey must be stated at the time of purchasing the ticket, before departing from the country of origin. Travel dates may be changed free of charge at a later point in time, routing changes will result in a fee of USD 125.00. For the changes en route please consult the Star Alliance member carrier or the travel agent. If purchased online via Book and Fly, all flights must be booked and confirmed at the time of purchasing the Round the World ticket though you may change your original travel dates at any time free of charge.
    If purchased offline via a Star Alliance member airline or a travel agent the following applies:
    For travel originating worldwide except in Europe, flights must be booked and confirmed up to including the first international sector. For travel originating in Europe, flights must be booked and confirmed up to including the first intercontinental sector. All remaining flights may be left open, i.e. without confirmed flight numbers and dates and can be booked at any time prior to their departure.
    Please note that when purchasing your Round the World ticket online with the Star Alliance Book and Fly tool ALL flights need to be confirmed before the ticket can be booked and issued. The online purchase of the ticket must therefore take place at least 72 hours before your first departure.
  • Applicable fees, taxes and surcharges will be added to the fare at the time of ticketing. The Star Alliance Book and Fly tool will display the final price including taxes and surcharges before asking you to enter payment details. Local airport taxes if any are to be collected at the airport.

    Please note that when purchasing online with the Star Alliance Book and Fly tool payment can be made with the following Credit Cards only: Visa, Mastercard, American Express, JCB, Diners, UATP/Airplus. Until further notice, JCB can only be accepted, if country of residence Germany, Japan, Republic of Korea or United Kingdom is selected at the beginning of the booking process.  
  • This fare is only valid if the flights are flown in the sequence provided on the ticket. Any change to the routing and/or sequence of flight coupons results in a recalculation of the fare, based on the actual flight routing and sequence.
Change of plans
Prior to Departure
  • Changing travel dates/carriers/flights leading to rebooking/revalidation of any sector is free of charge.
  • Changes that require a rerouting will result in a fee of USD 125.00 per case.
After Departure
  • Change of travel dates, carriers or flights is free of charge.
  • Changes that require a rerouting will result in a fee of USD 125.00.

    Exception: In the event of death of the passenger, members of the passenger’s immediate family or accompanying passengers may reroute the remainder of the journey without charge. Relevant documents will be required. 
Cancellations
Prior to Departure
  • Cancellation of your journey before departure results in a cancellation fee of USD 150.

    Exception: In the event of death of the passenger, family member or accompanying passengers, no charge applies. Relevant documents will be required.
After Departure
  • As the routing is no longer a Round the World travel the refund will be the difference between the fare paid and the applicable fare for the journey travelled plus a cancellation charge of USD 150.00.
Baggage Allowance
  • The “Piece Concept” applies for the entire journey, which means a maximum of 2 pieces of luggage per person:
For most Star Alliance member carriers the following rules are valid:
First and Business Class: 32kg (70Ibs) per piece
Economy Class: 23kg (50Ibs) per piece

Each piece must not measure more than 158 cm (62 in) adding the dimensions: height + width + length

In case of doubt, please contact your Star Alliance member carrier for more information.
Data Protection
  • In order to issue your Round the World ticket, you will be asked to provide personal information to the ticket issuing Star Alliance member carrier. Please note that the data protection guidelines of the respective Star Alliance member carrier apply with respect to collecting, processing, storing, using, and sharing of your personal information. For further information, please contact the ticket issuing Star Alliance member carrier.
  • If you purchase the Round the World ticket via the Star Alliance Book & Fly tool, your personal information will be collected, processed and stored by our customer service center Deutsche Lufthansa AG. For further information, please visit www.lufthansa.com - Privacy Statement.
Other Terms & Conditions
  • The carriage of passengers, baggage and cargo is subject to the Conditions of Carriage and Conditions of the respective carrier transporting the passenger, baggage and/or cargo, copies of which may be requested from each Star Alliance member carrier by contacting them via their booking contacts.