link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Jumat, 07 April 2017

Domperidone 10mg 2x1


Domperidone merupakan obat golongan anti-emetik yang dapat meredakan rasa mual, muntah, gangguan perut, rasa tidak nyaman akibat kekenyangan, serta refluks asam lambung.  Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter untuk penggunaan jangka pendek.
domperidone-alodokter
Dalam meredakan rasa mual, domperidone mempercepat pencernaan makanan di dalam perut agar lanjut ke usus dan dengan demikian mencegah muntah. Meski begitu, penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati karena berisiko mengganggu detak jantung, terutama pada orang-orang yang telah berusia lanjut.

Tentang Domperidone

Jenis obat Anti-emetik
Golongan Obat resep
Manfaat Meredakan mual dan muntah, gangguan pencernaan, dan refluks asam lambung
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak di atas usia 16 tahun
Bentuk obat Tablet, cairan yang diminum, dan suppositoria

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil, sesuaikan penggunaan domperidone dengan anjuran dokter. Namun bagi wanita yang sedang menyusui, obat ini tidak disarankan.
  • Tanyakan dosis domperidone untuk anak-anak kepada dokter.
  • Harap berhati-hati jika menderita gangguan ginjal, hati, memiliki tumor pada kelenjar pituitari, memiliki masalah pada jantung, dan memiliki masalah pada sistem pencernaan, seperti pendarahan atau penyumbatan.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Domperidone

Dosis yang biasanya direkomendasikan bagi orang dewasa dan remaja di atas 16 tahun adalah 10 mg dengan frekuensi konsumsi maksimal tiga kali sehari. Dilarang mengonsumsi domperidone melebihi 30 mg dalam waktu satu hari. Jangka waktu maksimum umumnya adalah 2 minggu.

Mengonsumsi Domperidone dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan domperidone sebelum mulai mengonsumsinya. Domperidone sebaiknya dikonsumsi 30 menit atau satu jam sebelum makan agar efek kerjanya terasa. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.Pengobatan dengan domperidone biasanya hanya berlangsung dalam jangka pendek, yaitu tidak lebih dari dua minggu. Jika setelah lewat satu minggu Anda masih merasakan gejala mual dan muntah, sebaiknya hentikan penggunaan domperidone dan temui kembali dokter yang meresepkannya.

Tidak ada komentar: