link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 10 Desember 2014

Aturan 10/20/30

Sony SN sonisn2004@yahoo.com [elektro85] 




to elektro85 11:02 PM (8 hours ago)
  
 
Good advise !
Sony

Sent from my iPad
__._,_.___


From: Dwika Sudrajat <dwikasudrajat@yahoo.com>
To: Elektro85 <elektro85@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, December 9, 2014 8:06 PM
Subject: Aturan 10/20/30

  1. Slide presentasi hanya boleh berisi 10 slide.
  2. Dibawakan tidak lebih dari 20 menit.
  3. Tidak ada tulisan dengan ukuran lebih kecil dari 30 poin.
  • I deliver happiness,
  • Dwika


Belajar Teknik Presentasi : Aturan 10/20/30 Dalam Presentasi ala Guy Kawasaki

by startup 
Belajar Teknik Presentasi Aturan dari Guy Kawasaki
Editorial’s Note : Guy Kawasaki adalah seorang venture capitalist, penulis buku best – seller, dan evangelist Apple. Guy Kawasaki juga banyak menulis artikel mengenai social media seperti 10 Cara Merilis dan Mempromosikan Produk di Social Media dan Social Media Marketing Guide. Dalam artikel ini Guy Kawasaki membagi teknik presentasi 10/20/30.
[slideshare id=16170018&doc=guykawasakipitchoutlineexample-130125014755-phpapp02]
Saya menderita suatu penyakit yang disebut Meniere. Jangan khawatir, Anda tidak akan tertular penyakit itu ketika membaca artikel ini. Gejala penyakit Meniere yaitu gangguan pendengaran, tinnitus (bunyi konstan) dan vertigo. Banyak teori medis mengungkapkan penyebab dari penyakit ini yaitu terlalu banyak garam, kafein, atau alkohol dalam diet, terlalu stress, dan alergi. Oleh karena itu, saya berusaha untuk mengurangi faktor – faktor penyebab penyakit itu.
Tetapi, saya mempunyai teori lain mengenai penyakit Meniere. Sebagai seorang venture capitalist, saya mendengar ratusan pitching(presentasi) dari perusahaan startup baru. Banyak dari pitching (presentasi) disampaikan dengan sangat jelek atau bisa dibilang sampah karena presenter menggunakan enam belas slide yang membahas hal-hal seperti :
Patent pending atau paten yang masih dalam proses
Keuntungan menjadi yang pertama
Semua hal yang harus dilakukan adalah meyakinkan 1% penduduk China untuk membeli produk dari startup kita.
Presentasi ini terlalu jelek sehingga membuat saya mengalami gangguan pendengaran, bunyi-bunyi konstan yang terdengar di telinga saya, dan setiap kali orang pitching dunia mulai terasa berputar.
Untuk mencegah penyebaran penyakit Meniere dalam komunitas venture capital, saya menulis aturan 10/20/30 dalam presentasi.
Aturan ini sangat simpel yaitu :
  1. Slide presentasi hanya boleh berisi 10 slide.
  2. Dibawakan tidak lebih dari 20 menit.
  3. Tidak ada tulisan dengan ukuran lebih kecil dari 30 poin.
Ketika saya masih di venture capital, aturan ini diterapkan di setiap presentasi : sebagai contoh, mengumpulkan funding, menjual produk, mendapatkan partnership, dan lain sebagainya.

10 Slide

Sepuluh merupakan jumlah slide optimal dalam presentasi karena manusia normal tidak bisa memahami lebih dari sepuluh konsep dalam sebuah rapat/pertemuan – dan saya yakin para venture capital juga merupakan orang normal  (Perbedaan antara Anda dan venture capital adalah dia (venture capital) dibayar untuk bertaruh pada uang orang lain).
Jika Anda harus menggunakan lebih dari sepuluh slide untuk menjelaskan bisnis Anda, Anda mungkin belum mengerti sepenuhnya bisnis Anda. Sepuluh topik yang diperhatikan oleh venture captial adalah
  1. Masalah
  2. Solusi Anda
  3. Model Bisnis
  4. Teknologi inti
  5. Marketing dan penjualan
  6. Kompetisi
  7. Tim
  8. Proyeksi jangka panjang dan tahap – tahapnya.
  9. Status dan timeline
  10. Ringkasan dan call to action

20 Menit

Anda bisa menggunakan waktu 20 menit dengan 10 slide presentasi yang sudah Anda siapkan. Mungkin Anda akan diberikan alokasi waktu satu jam, tetapi Anda menggunakan laptop windows, jadi ada kemungkinan Anda menghabiskan waktu 40 menit untuk mengatur laptop agar muncul di layar proyektor. Jika Anda bisa mengaturnya dengan cepat, orang biasanya juga akan sedikit terlambat atau mereka harus pulang lebih awal. Dalam dunia nyata, Anda bisa memberikan presentasi selama 20 menit dan Anda mempunyai waktu 40 menit untuk berdiskusi di sisa waktu yang ada.

30 Ukuran Font

Mayoritas dari presentasi yang saya lihat menggunakan font ukuran 10. Presenter memasukkan sebanyak mungkin tulisan lalu membacanya. Akan tetapi biasanya audiens akan segera sadar bahwa presenter hanya membaca tulisan dan mereka akan membacanya sendiri karena mereka bisa membaca lebih cepat daripada presenter mengucapkannya. Hasilnya Anda dan audiens Anda tidak akan terbangun komunikasi yang baik.
Biasanya ada dua alasan mengapa orang menggunakan font yang kecil yaitu
  1. Mereka tidak menguasai materi mereka dan
  2. Mereka berpikir semakin banyak teks maka mereka akan terlihat semakin meyakinkan.
Ini merupakan kesalahan yang sangat fatal. Paksa diri Anda untuk tidak menggunakan font yang lebih kecil dari 30.
Saya menjamin itu akan membuat presentasi Anda lebih baik karena dengan ukuran font yang besar Anda harus memilih beberapa poin yang paling penting dan Anda juga harus bisa menjelaskannya dengan baik dengan poin – poin tersebut.
Jika “font ukuran 30”, terlalu kaku bagi Anda maka saya memberikan Anda sebuah algoritma yaitu Anda bisa mencari tahu umur audiens Anda yang paling tua lalu bagi 2 maka itulah ukuran font yang optimal untuk Anda gunakan.
Jadi coba Anda perhatikan hukum 10/20/30 dalam presentasi. Setelah Anda memperhatikannya nanti apabila lain kali salah satu dari audiens Anda mengeluh mengalami gangguan pendengaran atau vertigo, Anda sudah mengerti penyebab dari penyakit tersebut. Apabila Anda ingin belajar lebih banyak mengenai presentasi yang baik, Anda bisa melihat slide Presentasi Zen oleh Garr Reynolds

Tidak ada komentar: