link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 07 Juli 2014

Wujudkan Mimpi

Onny_Indrianto
To Me
Today at 9:25 AM
 
Tks Dwika …article yg bagus…
 -------------------------------------------------------------

Me
To Elektro85, Onny_Indrianto, Aenurofik and 2 More...
 
Jul 5 at 5:50 PM
Semakin jelas tujuan kita semakin besar pula daya bakarnya.
Daya bakar apa? Daya bakar pada semangat dalam diri maupun orang-orang di sekitar kita. Inilah yang dilakukan Martin Luther King, saat dengan jelasnya, ia menggambarkan bagaimana harapannya akan persamaan kulit hitam dan kulit putih dengan pidatonya, “I have a Dream.” Ini pula yang kemudian ditiru oleh Nelson Mandela hingga usai dipenjara 22 tahun,
Sebagaimana dikatakan oleh Nelson Mandela, “Bagi saya sangatlah jelas bahwa saya perlu melakukan ini demi generasi-generasi kami di masa yang akan datang.” Kenyataan menunjukkan, kejelasan akan tujuan serta arah inilah yang memberikan api yang menyalakan semangat mereka untuk bergerak.
I deliver happinesss,
Dwika

Rahasia Mewujudkan Mimpi Anda 

By Anthony Dio Martin

Pembaca, kali ini kita akan belajar langsung tentang cara menggapai sukses dari motivator kelas dunia, Anthony Robbins. Dalam prinsipnya, Anthony Robbins memperkenalkan istilah “Ultimate Success Formula”. Melalui buku-buku dan seminarnya, inilah tips yang diberikan Anthony Robbins untuk menginspirasi pendengarnya agar semakin mendekati gerbang kesuksesan mereka. Bahkan, prinsip Ultimate Success Formula inilah yang juga menjadi salah satu langkah fundamental dalam ilmu Neuro Associative Conditioning (NAC) yang diperkenalkan oleh Anthony Robbins.

Singkatnya, dalam Ultimate Success Formula ini, diperkenalkan empat langkah yang jika diaplikasikan dengan sungguh-sungguh akan mengantar kita semakin dekat dengan tujuan kita, yakni: (1) Perjelas tujuan yang hendak Anda capai (CLEAR DIRECTION); (2) Ambil keputusan untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda mendekati tujuan itu (MAKE DECISION); (3) Milikilah kepekaan apakah Anda semakin dekat dengan tujuan Anda (AWARE RESULT); (4) Terus perbaiki dan ubah pendekatan sampai Anda mencapai tujuan (FLEXIBLE APPROACH). Sekarang, mari kita bahas satu demi satu pendekatan Anthony Robbins ini.



CLEAR DIRECTION.

Pada prinsipnya, selalu ditekankan bahwa ‘Clarity is Power’ (kejelasan adalah kekuatan). Pernahkah Anda perhatikan saat kaca pembesar (suryakanta) yang disoroti sinar matahari lalu diarahkan ke kertas? Ketika titip api atau fokusnya menjadi jelas, semakin besar kemampuan titik api tersebut untuk membakar kertasnya. Demikian pula, prinsip pertama dalam Ultimate Success Formula ini mengajarkan, semakin jelas tujuan kita semakin besar pula daya bakarnya. Daya bakar apa? Daya bakar pada semangat dalam diri maupun orang-orang di sekitar kita. Inilah yang dilakukan Martin Luther King, saat dengan jelasnya, ia menggambarkan bagaimana harapannya akan persamaan kulit hitam dan kulit putih dengan pidatonya, “I have a Dream.” Ini pula yang kemudian ditiru oleh Nelson Mandela hingga usai dipenjara 22 tahun, ia dijanjikan akan bebas dengan bersyarat. Namun, dalam suratnya kepada Presiden P.W. Botha, ia menolak mengubah mimpinya dan menerima lima tahun penjara lagi, sebelum dibebaskan. Mimpinya sendiri begitu jelas. Nelson Mandela tahu, untuk apa ia harus berkorban. Sebagaimana dikatakan oleh Nelson Mandela, “Bagi saya sangatlah jelas bahwa saya perlu melakukan ini demi generasi-generasi kami di masa yang akan datang.” Kenyataan menunjukkan, kejelasan akan tujuan serta arah inilah yang memberikan api yang menyalakan semangat mereka untuk bergerak.

Sekarang, jadi sangat jelas bagi kita. Kalau kita ingin memiliki semangat serta daya juang yang tinggi, tujuan serta cita-cita kita harus diperjelas. Cita-cita serta arah ini pun akan menjadi daya tarik yang kuat bagi kita. Tatkala kita mengalami jatuh dan bangun, kejelasan akan cita-cita kita ke depan kitalah yang akan membuat kita tetap tegar berdiri.



MAKE DECISION.

Banyak orang yang mempunyai cita-cita, tetapi sedikit sekali yang berhasil mencapainya. Mengapa? Alasannya sederhana. Tidak banyak orang yang benar-benar mengambil tindakan. Banyak orang ragu dan tidak yakin pada kemampuan diri sendiri dalam mewujudkan mimpi-mimpinya itu. Mereka berpikir dan mengharapkan kesempatan yang ‘pas’ akan tiba. Mereka mengharapkan ‘waktu yang tepat’ akan datang suatu ketika. Yang jelas, waktu ‘suatu ketika’ tidak akan pernah tiba. Jadi, yang disebut ‘suatu ketika’ itu adalah saat ini dan sekarang! Untuk itulah, Ultimate Success Formula mendorong kita untuk membuat keputusan mengambil suatu langkah, entah seberapa kecil, asalkan semakin membawa kita kepada tujuan kita.

Perlu kita ketahui pula, konon kata DECISION atau ‘keputusan’ mempunyai akar kata yang berarti ‘memotong’. Apanya yang kita potong? Yang jelas, yang kita potong adalah kebingungan arah dan alternatif. Kita membulatkan tekad untuk mengambil suatu langkah. Dan setelah langkah tersebut dibuat, tidak ada lagi kata untuk surut atau pun kembali atau bersikap setengah-setengah. Itulah kunci yang membawa kita semakin dekat dengan kemenangan pribadi kita.



AWARE RESULT.

Langkah-langkah yang kita ambil, punya dua kemungkinan. Semakin mendekati atau justru semakin jauh dari cita-cita kita. Karena itu, pentinglah bagi kita untuk membangun suatu radar yang membuat kita terus-menerus sadar, apakah langkah kita semakin membawa kita pada tujuan ataukah tidak.



FLEXIBLE APPROACH.

Inilah langkah terakhir kita, yakni keinginan untuk terus-menerus memperbaiki proses maupun metode kita hingga akhirnya membawa kita pada tujuan. Tahap ini membutuhkan kemampuan fleksibilitas yang tinggi untuk menyesuaikan dan mengubah cara yang dipakai saat ini. Khususnya, kalau cara tersebut membawa pada kegagalan. Inilah yang seringkali dikatakan oleh Thomas Alva Edison saat ia mengomentari beberapa penemu. Menurut Edison, “Permasalahan dengan para penemu ialah mereka mencoba beberapa hal, dan tatkala percobaan mereka gagal, mereka pun merasionalisasikan hal itu lalu menyerah!” Itulah yang ia komentari saat ia diejek seorang professor terkenal pada masanya, Silvanus P. Thompson yang mengatakan percobaannya telah gagal dan tidak akan pernah berhasil. Tetapi, Thomas Alva Edison adalah manusia dengan fleksibilitas dan kegigihan luar biasa untuk terus-menerus mengubah metode dan caranya hingga cita-citanya berhasil.

Hal ini segera mengingatkan kita untuk senantiasa mau mengubah dan fleksibel saat cara kita belum berhasil. Janganlah kita terburu-buru untuk mengubur mimpi dan cita-cita saat segalanya belum berjalan sesuai rencana. Mungkin, kita harus mencoba beberapa langkah lagi dan mengubah metode maupun pendekatan kita. Seperti pada diri Thomas Alva Edison, fleksibilitas serta kegigihannya itu berbuah pada kesuksesan luar biasa.

Pembaca, semoga prinsip–prinsip dalam Ultimate Formula Successs ini segera menginspirasi Anda untuk mengambil langkah-langkah penting dalam hidup Anda. Buatlah keputusan dan segeralah bertindak. Kita sendiri tida tahu berapa lama kita dikaruniai kehidupan. Karena itu bertindaklah sekarang juga dengan bekal formula sukses ini!

Tidak ada komentar: