link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 15 Juli 2014

Usia

Onny_Indrianto
To Me
Today at 8:05 AM
 
Tks Dwika..

From: Dwika Sudrajat [mailto:dwikasudrajat@yahoo.com]
Sent: 14 Juli 2014 19:43
To: itxarco@yahoogroups.com
Subject: Usia

Menjadi tua adalah adalah sebuah kepastian.
Tapi menjadi dewasa adalah sebuah pilihan.
Usia dan kedewasaan adalah 2 hal yang berbeda.
Usia adalah anugerah Tuhan.
Tapi kedewasaan ada unsur upaya manusia.
Banyak orang sudah tua tapi belum dewasa, sebaliknya banyak orang masih muda tapi sudah dewasa.
I deliver happiness,
Dwika


Smart Happiness: Usia



Ada 2 hal yang perlu diingat tentang Usia
1. Bersyukur karena telah diberi Tuhan waktu sedemikian banyak untuk menikmati hidup ini.
2. Moment untuk bersiap-siap. Kita harus menyadari bahwa makin banyak waktu yang diberikan, makin sedikit waktu yang tersisa. Kita tidak pernah tahu kapan ujung perjalanan usia kita.

Usia adalah sesuatu yang unik. Satu sisi makin bertambah, satu sisi makin berkurang. Hidup seperti lingkaran. Makin kita menjauhi titik asal, maka kita makin mendekati titik asal. Makin jauh kita dari 0 kilometer, maka makin kita mendekati 0 kilometer.

Menjadi tua adalah adalah sebuah kepastian. Tapi menjadi dewasa adalah sebuah pilihan. Usia dan kedewasaan adalah 2 hal yang berbeda. Usia adalah anugerah Tuhan. Tapi kedewasaan ada unsur upaya manusia. Banyak orang sudah tua tapi belum dewasa, sebaliknya banyak orang masih muda tapi sudah dewasa.

Bedakan antara Growing old dengan Growing up. Menjadi tua (growing old) identik dengan fisik yang lemah, lambat, pelupa dan lain-lain. Sedangkan matang (growing up) kita menjadi tumbuh secara spiritual.

Salah satu cara yang ampuh agar kita sadar tentang Usia adalah dengan mengingat bahwa "jangan-jangan hari ini adalah hari kita yang terakhir hidup di dunia ini". Keterbatasan usia tidak ada kaitannya dengan tua, muda, sehat, atau sakit. Semua orang akan habis usianya. Dan kita tidak pernah tahu kapan itu akan terjadi. Untuk itu pastikan kita siap jika sewaktu-waktu saat itu datang.

Kita harus menyiasati agar kebaikan kita melebih batas usia kita, yaitu dengan meninggalkan warisan kebaikan. Ada 3 hal yang bisa menjadi warisan kebaikan:
1. Anak-anak yang baik
2. Amal yang terus bermanfaat
3. Ilmu yang bermanfaat

Orang yang paling baik/beruntung di dunia adalah orang yang umurnya panjang dan mengisinya dengan kebaikan. Sedangkan orang yang paling buruk di dunia adalah orang yang umurnya panjang dan mengisinya dengan keburukan (perbuatan tidak baik).

Tidak ada komentar: