link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 10 September 2013

Bebas Utang 2



From: Onny_Indrianto 
To: Dwika Sudrajat <dwikasudrajat@yahoo.com>
Sent: Thursday, March 1, 2012 11:08 AM
Subject: RE: Bebas Utang


Hehehe, belum.....
 
From: Dwika Sudrajat [mailto:dwikasudrajat@yahoo.com]
Sent: 01 Maret 2012 10:36
To: Onny_Indrianto
Subject: Re: Bebas Utang
 
Nice idea.
Kantonya makin dekat ke rumah, pernah coba naik sepeda ke kantor Onny?
 

From: Onny_Indrianto
To: Dwika Sudrajat <dwikasudrajat@yahoo.com>
Sent: Thursday, March 1, 2012 9:00 AM
Subject: RE: Bebas Utang
 
Saya carikan ya;
Mis:
-          Beli lampu yg hemat energy
-          Tanam pohon biar adem , AC gak perlu
-          Perabotan cukup yg lama ,dirawat utk dipakai dalam  jangka panjang
-          HP cukup 1 jenis saja
-          Kekantor naik sepeda kalau bisa
-          Kurangi pengeluaran bensin
-          Belanja kalau pas diskon saja
-          Beli baju satu , berikan 1 yg bekas (tapi masih layak pakai) ke org yg memerlukan
-          Hemat Air
-          Hemat Listrik
-          Kalau tidur matikan semua lampu, kecuali yg perlu
-          Kurangi menyampah, sehingga biaya kebersihan berkurang
-          Pergunakan barang yg ada dulu, jika mendesak baru beli
-          Ke Mall utk cuci mata saja, makan dulu dirumah

Prinsipnya pengurangan Karbon, barang2 yg kita beli pasti dibuat dgn mesin,alat transport dll yg memerlukan karbon banyak.

From: Dwika Sudrajat [mailto:dwikasudrajat@yahoo.com]
Sent: 01 Maret 2012 8:51
To: Onny_Indrianto
Subject: Re: Bebas Utang

Ilmu baru, On.
Ada artikelnya? Boleh di share ke saya?
Thanks.
~Dwika


From: Onny_Indrianto
To: Dwika Sudrajat <dwikasudrajat@yahoo.com>
Sent: Thursday, March 1, 2012 8:41 AM
Subject: RE: Bebas Utang

Thanks a lot Dwika, gaya hidup yg membatu salah satunya “Green Lifestyle”/Eco Friendly/Hemat Energy”.

From: Dwika Sudrajat [mailto:dwikasudrajat@yahoo.com]
Sent: 01 Maret 2012 0:14
To: dwika.sudrajat@dfi.co.id
Subject: Bebas Utang

Hutang itu seperti elang yang sedang terbang rendah mencari mangsa, anda tidak akan pernah tahu kapan elang itu menerkam.
be well,
Dwika


6 Tips Hidup Bebas Utang  
Angga Aliya - detikFinance 
Jakarta - Berhemat dalam menjalankan hidup sepertinya sangat sulit dalam dilakukan. Sayangnya, hanya itu obat yang perlu disuntikkan jika kondisi finansial anda tidak sehat karena terlalu banyak dalam berutang.

Ada dua macam orang yang punya utang. Pertama, mereka yang sudah terbiasa bergantung pada utang di kehidupan sehari-harinya. Kedua, mereka yang mengutang untuk membeli rumah, bisnis, atau alasan lain tapi akhirnya tak mampu membayar akibat kesulitan keuangan.

Satu hal yang sama dari keduanya adalah, mereka sama-sama ingin bisa keluar dari jeratan utangnya sesegera mungkin. Pasalnya, utang itu seperti elang yang sedang terbang rendah mencari mangsa, anda tidak akan pernah tahu kapan elang itu menerkam.

Menurut penyair terkenal asal Amerika Serikat (AS) Ogden Nash, "Utang itu menarik ketika pertama kali didapat, tapi menjadi menyebalkan saat ingin menyingkirkannya."

Anda tidak bisa menyingkirkan tagihan-tagihan utang begitu saja, caranya harus dimulai dengan mengubah gaya hidup anda dan menganggap bahwa setiap satu rupiah itu berharga sekali.

Meski mengubah gaya hidup tidak semudah kelihatannya, tapi hal ini harus dilakukan, dipaksakan kalau bisa, demi menyelamatkan hidup anda secara perlahan-lahan.

Seperti dikutip dari Financial Highway, Jumat (19/1/2012), enam tips di bawah ini bisa membantu anda mengubah gaya hidup dan mulai berhemat hingga terbebas dari utang.

1. Pisahkan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan'

Anda harus mampu memisahkan antara kebutuhan dan keigninan. Pasti anda punya banyak barang-barang di rumah yang dibeli hanya karena ingin, karena sebetulnya tidak benar-benar butuh. Sebelum membeli sesuatu, pelajari dengan seksama produk tersebut. Jika anda pikir kebutuhannya mendesak, barulah anda keluarkan rupiah. Jika ternyata hanya ingin beli, anda bisa menunggu sampai terbebas dari utang terlebih dahulu.

2. Ubah kebiasaan belanja

Manusia mudah tergoda untuk membeli sesuatu. Kebiasaan buruk ini biasanya lebih banyak diderita oleh wanita, karena wanita lebih sering berbelanja barang yang tidak sesuai dengan rencana awal. Anda bisa menghindari kejadian seperti ini dengan mencatat barang yang anda butuhkan dan jangan tergoda untuk keluar melanggar catatan tersebut.

3. Berhati-hati dalam belanja bulanan

Semakin minim waktu yang anda habiskan di supermarket semakin baik, karena barang belanjaan pun semakin minim. Jangan pernah membawa anak kecil saat belanja bulanan, karena selain anak kecil suka minta barang yang aneh-aneh, waktu yang anda habiskan di supermarket juga jadi lebih lama.

Ambil barang-barang yang anda butuhkan dengan cepat, tapi jangan lupa cek masa kadaluarsanya sekali lagi. Dengan sering berbelanja di tempat yang sama biasanya ada bagusnya, karena anda bisa mendapatkan potongan harga atau bonus.

4. Selalu bayar tagihan tepat waktu

Selalu bayar semua tagihan, termasuk utang tepat waktu. Karena selain menunda-nunda itu tidak baik, anda juga akan terkena tambahan bunga jika telat membayar. Jika memungkinkan, minta bank anda secara otomatis membayar tagihan melalui rekening.

Berhematlah dalam pemakaian energi, seperti listrik, BBM dan gas supaya tagihannya tidak terlalu besar. Ketika ingin menarik uang dari ATM, cari mesin yang tidak memotong biaya transaksi.

5. Hentikan kebiasaan bayar minimal batas utang

Kebanyakan bank mematok pembayaran utang minimum per bulan berkisar antara 2-5% dari total. Jangan termakan umpan yang diberikan bank tersebut, karena dengan cara itu anda akan terjebak membayar utang dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Semakin lama anda berutang kepada bank, semakin banyak uang yang harus anda keluarkan. Jangan biarkan kebiasaan ini menguasai anda. Bayarlah utang semampu mungkin tanpa harus membebani pengeluaran bulanan lainnya.

6. Potong anggaran hiburan

Jangan sering nongkrong dengan teman yang kerjaannya hanya berhura-hura setiap malam. Anda harus ingat, bersenang-senang itu tidak gratis. Hindari membeli sarapan dan kopi di kantin untuk sarapan jika memang anda bisa menyiapkannya di rumah sebelum berangkat.

Lebih jauh lagi, jika anda penggemar film, anda bisa menontonnya di hari-hari kerja saat malam hari, yang biasanya lebih murah ketimbang di akhir pekan. Hidup bebas dari utang itu hanya masalah mengubah gaya hidup. Semakin cepat anda mengikuti beberapa tips di atas, semakin cepat anda bisa terbebas dari utang.

(ang/qom)

Tidak ada komentar: