link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 05 Januari 2013

Audience Anda

Pertimbangakan tentang siapa audience Anda. 
Berupaya cerdas dalam berpakaian, tidak akan menyakiti orang lain. 
Dengan cerdas dalam pakaian, Anda akan percaya diri. 
Dengan cerdas berpakaian, Anda akan sukses berpresentasi.
I care About You,
Dwika




Dress For Success, Pakaian Untuk Presentasi
QA-Communication


Apa yang perlu Anda pakai saat berpresentasi? Pakaian apa yang tepat untuk sesi bicara Anda? Bagaimana dengan aksesorisnya?

Berikut adalah tips berpakaian untuk kepentingan presentasi dari Image Matters, sebuah divisi dari perusahaan besar yang bernama "Color Me Beautiful".

Dalam segala situasi, Anad hanya punya 90 detik untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Riset menunjukkan bahwa 93% dari kesan pertama atau first impression itu, ditentukan oleh komunikasi yang sifatnya non verbal, oleh bagaimana cara Anda berbicara, oleh bagaimana Anda terlihat dan oleh bagaimana
Anda berperilaku.

Maka, saat Anda telah berdiri di hadapan audience Anda, Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa Anda telah memberi sinyal yang terbaik.

APA YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN
Selidiki apa yang Anda inginkan dari image atau citra diri Anda, dan bandingkan dengan apa yang sekarang diberikan oleh citra diri Anda.

Buatlah daftar yang terdiri dari lima (5) kata sifat yang mendeskripsikan perusahaan, bisnis dan diri Anda sendiri, dan lihatlah apakah pakaian yang Anda kenakan bisa mencerminkan hal itu.

BERSAHABAT DAN TERBUKA
Apa yang Anda pakai semestinya bisa menunjukkan bahwa diri Anda dan perusahaan Anda adalah pihak yang ramah dan bisa didekati dengan aman. Hindari kesan seram dan menakutkan.

INOVATIF
Apa yang Anda pakai semestinya mencerminkan inovsi yang Anda atau perusahaan Anda bawa. Cirinya adalah current atau up to date.

IKUTI KEBIASAAN INTERNASIONAL
Secara umum, kebiasaan ini lebih dikenal dan lebih bisa diterima. Namun demikian, Anda perlu menyesuaikannya dengan keadaan dan situasi yang Anda hadapi.

KREATIF
Cerminkan ini pada pakaian Anda. Ingat, ini tidak perlu berarti norak.

EFISIEN
Pakaian Anda harus mencerminkan efisiensi. Ingat ini tidak berarti "mini" atau "kurang bahan" melainkan sesuai proporsi dan kebutuhan. Tidak berlebih-lebihan.

APA YANG HARUS
Lihatlah gambaran Anda secara keseluruhan, dan ceklah setiap elemen dari penampilan Anda. Mula dari kepala, sampai ke kaki.

(Mod: Seorang teman Saya punya kreatifitas tersendiri. Dia mem-print gambar tubuh orang dewasa, kemudian memberikan tanda-tanda berupa panah-panah yang menunjuk ke setiap bagian tubuh, dan memberikan uraian yang diperlukan. Misalnya, gambar panah ke arah dagu, diberinya uraian "Alat cukur, kebersihan". Panah ke arah pinggang,"Ikat pinggang, ada tiga pilihan warna". Panah ke arah kaki, "Kaos kaki, bersih dan baru dicuci." Dan seterusnya.)

RAMBUT
Apakah ia terlihat sehat dan jatuh dengan baik, ataukah ia seperti orang yang telah mengalami hari buruk? Jangan lupa cukur secara teratur, dan jaga kebersihannya.

MAKE UP
Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Perhatikan pula tentang kemungkinan lampu sorot yang sangat keras dan terang saat Anda bicara. Perhatikan efeknya terhadap blitz kamera. Apa yang sudah terlihat baik dalam cahay normal, dapat menjadi buruk atau kampungan dengan cahaya yang lain.

KHUSUS WANITA
Gunakan make up yang efeknya menyegarkan dan membuat Anda terlihat muda.

KHUSUS PRIA
Pertimbangkan untuk menggunakan bedak secukupnya. Tidak berlebihan dan tidak terlalu tebal. Ini untuk kepentingan lighting. Aktor dan para politisi memakai bedak saat akan tampil!

PAKAIAN
Yakinkan bahwa Anda sepenuhnya nyaman dalam pakaian Anda. Dan tentu saja, semestinya Anda pakai yang bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda. Sebab, semua mata akan memandang ke arah Anda.

Pilih pakaian yang sebisa mungkin sesuai dengan isi dan maksud bicara Anda.
Hindari pakaian yang terlalu ketat. Hindari pakaian apapun yang mengalihkan mata audience dari Anda ke pakaian Anda. Pakaian yang longar secara umum membuat Anda nyaman dan membuat Anda terlihat tidak terlalu gemuk atau kurus.

Hindari ekspose pada tubuh Anda, sebab Anda bukan mau pamer tubuh tapi akan berbicara dan berkomunikasi.

Jika mungkin, sesuaikan arna pakaian dengan setting tempat bicara. Sesuaikan atau bahkan buat perbedaan agar Anda bisa menonjol dan menjadi sentral penglihatan audience. Tapi ingat, Anda dan bukan pakaian Anda. Ini butuh kecermatan dan seni tersendiri.

Waspadai agar warna rambut Anda tidak lebih mendominasi.

Jika tubuh Anda cukup kecil, warna cerah akan membantu. Apalagi di hadapan audience besar dengan banyak orang yang hadir.

APA YANG MUNGKIN TERLIHAT
Lihat dan perhatikan "ouline" diri Anda. Singkirkan semua yang ada di dalam saku Anda. SIngkirkan apapun yang mengganggu atau berbunyi keras jika Anda bergerak.

Semir sepatu Anda. Ini adalah salah satu benda yang paling sering dilihat oleh audience. Hindari kesan kumuh dan jorok.

KACAMATA
Yakinkan bahwa kacamata Anda tidak memantulkan cahaya. Cahaya yang memantul akan membuat Anda menjadi tidak terlihat atau mengurangi aktivitas kontak mata.

BACKUP DAN CADANGAN
Biasakan menyiapkan pakaian cadangan, untuk mengantisipasi kemungkinan "kecelakaan" yang membuat pakaian Anda sobek, berlubang atau ternoda oleh saus atau kuah makanan.

Waspadai dasi Anda agar tidak tercelup ke dalam mangkuk atau piring saat lunch atau sesi makan lainnya.

PAKAI SAAT AKAN BICARA
Jangan pakai pakaian bicara Anda sejak dari rumah, khususnya bila Anda menempuh perjalanan jauh. Akan selalu ada kamar kecil untuk tempat Anda berganti pakaian. Jangan sampai Anda sampai dan kemudian bicara dalam keadaan babak belur, berkeringat, kucel dan bau.

Terakhir, pertimbangakan tentang siapa audience Anda. Pertimbangkan bagaimana mereka akan berpakaian. Tanyakan tentang tata busana yang bisa diterima atau menjadi kebiasaan audience Anda. Tanyakan pada panitia.

Berupaya cerdas dalam berpakaian, tidak akan menyakiti orang lain. Dengan cerdas dalam pakaian, Anda akan percaya diri. Dengan cerdas berpakaian, Anda akan sukses berpresentasi.


Tidak ada komentar: