link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 16 September 2012

Format Film 3D

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13965170#20

Film 3D mempunyai format bermacam2, misalnya Half SBS (Side by Side), Half OU (Over Under) dan Full HD 3D (ada juga bentuk Checker Board, dll - tetapi jarang ditemukan / tidak umum).

Untuk Half SBS dan Half OU walaupun mempunyai resolusi film sebesar 1920 X 1080 tetapi hanya dapat menampilkan setengah dari resolusi per pandangan / mata. Misal untuk format Half SBS, maka masing2 mata akan mendapatkan resolusi sebesar 960 X 1080, sedangkan untuk format Half OU, masing2 mata akan mendapatkan gambar dengan resolusi sebesar 1920 X 540.

Sedangkan format Full HD 3D dapat memberikan resolusi maksimal yaitu 1920 X 1080 pixel per mata. Jadi format Full HD 3D akan memberikan gambar dengan resolusi lebih baik / tinggi karena dapat memberikan resolusi 2 X lipat.

Media player model lama umumnya tidak mendukung Full HD 3D sehingga hanya dapat memainkan format Half SBS atau Half OU.

Media Player apa yang menggunakan Realtek 1186 ?
Spoiler for 
Cukup banyak Media Playar yang telah menggunakan Realtek 1186 untuk info lengkap bisa dilihat disini

Tetapi pada saat ini (setahu ane lho) hanya Xtreamer Prodigy, Hi Media seri 900, Egreat R300 dan Kaiboer yang beredar di Indonesia.

Dengan beragam model yang ada, pastikan bahwa model yang dipilih menggunakan chip Realtek 1186 bukan chip Realtek yang lain terutama bila menginginkan untuk memutar film FHD3D.
Apakah ada Media Player yang bisa memainkan Film 3D dengan format Full SBS ?
Spoiler for 
Sampai saat ini (Juni 2012) belum ada Media Player yang dapat memainkan Full SBS. Untuk memainkan Film 3D dengan format Full SBS hanya bisa dari PC. Sedangkan software yang dianjurkan untuk dipakai adalah Stereoscopic Player, adapun software yang lain dapat memainkan tetapi tidak bisa mengeluarkan fitur Full SBS tersebut.
Plex adalah suatu software yang sangat menarik, seperti XBMC, dimana dapat membantu mengatur media library kita yang ada. Misalnya agan sekarang mengakses file film2 yang berjumlah tidak banyak, mungkin tidak masalah dengan hanya memakai koneksi langsung ke USB atau juga Nero. Tetapi ketika agan2 mempunyai koleksi film yang sudah sangat banyak, misalnya lebih dari 100 film, maka kita akan repot untuk mengingat dan mengaturnya.

Contoh dibawah misalnya ane punya beberapa library (kelompok file yang sejenis), kemudian untuk library F 3D Movies terdapat 122 film, belum film2 dari library yang lain. Bisa diperhatikan lingkaran merah dari gambar2 dibawah
Spoiler for Contoh Plex di tempat ane untuk gambaran
Spoiler for Fitur di Plex

Fitur di Plex
Dengan Plex akan memudahkan kita karena mempunyai fitur berikut :
  • Tidak perlu mendownload metadata untuk informasi film (lagu) yang diperlukan, karena Plex akan bisa secara otomatis mendownload meta data yang diperlukan, seperti Poster, rating, ringkasan cerita, tahun, subtitle (musti ane check lagi – soalnya dulu bisa – kemarin coba2 kok lupa settingannya). Cukup memberi nama file film sesuai standart, misalnya untuk film Avatar ditulis Avatar (2009)
  • Bisa memberikan informasi film mana saja yang sudah dilihat atau belum dilihat, film yang baru ditambahkan ke library, waktu / posisi terakhir dari film-film yang kita lihat belum selesai (bukan hanya film terakhir yang kita tonton)
  • Dapat mengkategorikan jenis2 film yang ada, misalnya jenis film action, drama, adventure dll berdasarkan meta data dari film2 tsb (kategori bisa didefiniskan untuk diambil dari IMDB misalnya). Fitur ini bisa diakses dari client Plex.
  • Dapat melakukan proses ‘down mix’ untuk audio DTS ke Stereo secara automatis waktu kita memainkan film dengan audio DTS, jadi tidak diperlukan proses konversi file2 DTS ke AC3 dsbnya. Ppengalaman ane, untuk film2 jenis drama yang tidak bertempo cepat, maka Plex dapat menghandle dengan cukup baik – tetapi juga akan tergantung dari kecepatan PC dan jaringan. Jadi biasanya bila Plex tidak mampu baru ane convert file DTS ke AC3.
  • Ada beberapa fitur lagi seperti myPlex, Plex channels dll
  • Banyak lagi nanti ane tambahin deh.

Tidak ada komentar: