link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 25 Juli 2012

Bermanfaat bagi orang lain

Jadilah pendengar yang baik.

Berbicara kepada pelanggan anda adalah penting, mendengarkan pelanggan anda berbicara jauh lebih penting lagi.

 

Belajar Menjual dari Joe Girard

**http://sosok.kompasiana.com
Ya, siapa itu Joe Girard. Mungkin sebagian dari anda sudah mengenalnya tapi sebagian lagi belum pernah mendengar namanya. Kalau anda bergerak dibidang penjualan atau anda seorang wiraniaga sudah selayaknya mengenal siapa itu Joe Girard karena orang ini bisa menjadi sumber inspirasi kita dalam mencapai keberhasilan karir penjualan kita. Kenapa orang - orang Amerika dan Eropa lebih maju dibandingkan belahan dunia lainnya, salah satunya adalah karena mereka sadar bahwa buku adalah “pintu gerbang ilmu”. Dan mereka rajin membaca buku-buku, kisah-kisah sukses seseorang sehingga dapat membangkitkan api motivasi dalam diri kita yang luar biasa ini. Kenapa saya katakan luar biasa karena kita adalah ciptaan Tuhan. Wong ciptaan manusia saja sering kita katakan luar biasa seperti ; komputer, pesawat ulang alik, gedung pencakar langit dan lain sebagainya. Apalagi ciptaan Tuhan pasti lebih luar biasa. Maha suci Tuhan.
13112217942077299791
marketingmunch.com
Ok kembali ke laptop, Joe Girard adalah pria keturunan sisilia yang lahir di Detroit, Michigan Amerika Serikat. Kota yang juga melahirkan Joe Louis mantan juara dunia kelas berat. Pada usia 16 tahun Joe bekerja paruh waktu sebagai penjual kompor, pernah juga bekerja sebagai asisten penjual sayur dan buah, bergabung dengan US Army Infantry. Dan pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang tidak memuaskan. Frustasi, patah semangat, kehilangan kepercayaan diri sempat membuatnya limbung. Berawal dari pertemuannya dengan Bp Ibrahim Saperstein Joe akhirnya menemukan jati dirinya. Dan dia yakin ada satu tempat didunia ini buat si mantap Joe.
Joe Girard pria kelahiran Detroit, Michigan ini akhirnya mencatatkan namanya didalam Guinness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor wahid didunia. Dan beliau diberi gelar “The World Greatest Salesman”. Rekornya menjual mobil secara personil atau eceran dalam satu tahun hingga saat ini belum terpecahkan, entah sampai kapan mungkin menunggu anda memecahkannya. Joe Girard menjual mobil di Detroit Amerika Serikat sekitar tahun 60-an dan rekornya adalah 1.425 buah mobil dalam satu tahun. Fantastis, bombastis dan fenomenal. Disaat salesman-salesman lain hanya menjual 4-5 mobil per bulan si mantap Joe bisa menjual 4-5 buah mobil per hari. Dan selama berkarir dia sudah menjual 13.001 mobil baru secara personil atau eceran. Mobil-mobil tersebut dijualnya sendiri tanpa bantuan sales lain. Wow… . Joe Girard adalah manusia langka yang benar-benar inspirasional seperti yang diakui oleh harvard business school.
Apa sich sebenarnya yang dilakukan oleh si mantap Joe ini sampai dia bisa berhasil seperti itu. Dan apa sich rahasia keberhasilannya. Ternyata butuh suatu pemikiran, tindakan dan proses yang cukup lama untuk mencapai hasil yang luar biasa seperti yang dihasilkan oleh seorang Joe Girard. Berikut ini saya coba rangkum beberapa poin penting dari pelajaran sukses Joe Girard.
Optimis dan tidak berburuk sangka
Kehidupannya yang cukup susah tidak membuatnya pesimis dan menyalahkan keadaan dan selalu berpengharapan baik. Ini adalah hal mendasar yang menopang hal - hal lainnya dalam meraih prestasi gemilangnya sebagai penjual mobil nomor wahid di dunia. Karena bedanya kita dengan orang - orang yang sukses adalah mereka tidak berhenti dan tetap berpengharapan baik ketika menemui kesulitan, kesusahan, masalah dan penderitaan. Mudah - mudahan ini bisa memotivasi anda ketika menemui kesulitan, kesusahan, masalah dan penderiaan.
Tekun dan tabah
Joe Girard adalah orang yang memiliki ketekunan dan ketabahan cukup untuk mencapai hasil yang spektakuler. Dan rata-rata dari sales top dunia adalah orang-orang yang tekun dan tabah. Tidak satu pun sales hebat ( Great Sales ) yang malas dan gampang menyerah. So kalau anda mau jadi sales hebat mulai lah bekerja sedikit lebih rajin, sedikit lebih sabar pelan-pelan tingkatkan terus usaha anda karena segala sesuatunya butuh proses tidak ada yang instan.
Jualah diri anda
Joe Girard berkata kita semua seorang penjual sebelum anda menawarkan atau menjual produk kepada orang lain secara sadar anda harus mampu memasarkan diri anda. Melalui penampilan anda, cara berbicara anda, sikap anda, senyum anda, tatapan dan lain sebagainya yang intinya agar orang tersebut tertarik dengan anda yang ujung-ujungnya akan membeli produk dari anda. Jual dulu diri anda baru kemudian menjual produk atau jasa anda. Akan lebih mudah bagi anda untuk menjual produk atau jasa yang anda tawarkan setelah anda berhasil menjual diri anda.
Bangun keberanian dan percaya diri
TAKUT adalah kata negatif yang melemahkan semua orang yang mau sukses. Takut gagal, takut penolakan, takut akan masa lalu, takut melakukan sesuatu, takut akan hari esok dan takut akan masa depan. Ketahuilah bahwa takut adalah hal biasa dan manusiawi yang tidak biasa dan tidak baik adalah tetap dalam ketakutan tersebut. Ketakutan dihadirkan kepada kita agar kita tahu yang namanya keberanian. Jalan terpendek menuju ke keberanian adalah dengan melewati rasa takut bukan menghindarinya. Kalau anda sudah berani dalam banyak hal akan jauh lebih mudah bagi anda untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Dan sebenarnya tidak ada alasan yang membuat anda tidak percaya diri. Karena sesungguhnya anda adalah luar biasa. Tidak ada seorang pun didunia ini yang sama persis dengan anda. Dan tidak ada ciptaan Tuhan yang biasa-biasa saja semuanya luar biasa. Termasuk anda.
Antusiasme dan bersemangat
Alm Lowell Thomas mengatakan Joe Girard sebagai “manusia dalam pusaran angin” karena semangat dan antusiasmenya yang menggelora seperti pusaran angin”. Orang-orang yang antusias dan bersemangat lebih mudah dan lebih enak didengar ketimbang orang-orang yang loyo. Bagaimana mungkin anda berjualan kalau penampilan dan cara bicara anda loyo dan tak bergairah.
Jadilah pendengar yang baik
Setiap manusia dianugrahi dua telinga dan satu mulut, mungkin melalui ini Tuhan memberikan pesan kepada kita untuk lebih banyak mempergunakan telinga ketimbang mulut. Asalkan mendengar yang baik-baik dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang wiraniaga coba lah untuk lebih banyak mendengar ketimbang berbicara karena posisi anda membutuhkan mereka. Jadilah pendengar yang baik. Berbicara kepada pelanggan anda adalah penting, mendengarkan pelanggan anda berbicara jauh lebih penting lagi.
Terima kasih
____VM____
Salam Mantap






Tidak ada komentar: