link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juni 2012

Nugget sapi/ayam, sosis, margarin penyebab kolesterol tinggi


Makanan penyebab kolesterol – dalam setiap harinya manusia selalu mengkonsumsi makanan yang beraneka macam. Tanpa disadari kadangkala makanan tersebut bisa menjadi penyebab kolesterol LDL dalam darah terus bertambah. Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh memang terasa lebih enak misalnya saja hati sapi, cumi-cumi, udang, daging ayam dan lain sebagainya.
Seiring dengan berkembangnya wisata kuliner makanan yang memiliki lemak jenuh dibuat menjadi makanan cepat saji. Seperti daging burger yang terbuat dari daging sapi. Nugget dan sosis yang berbahan ayam, udang, cumi dan sapi. Belum lagi bahan tambahan untuk membuat aneka makanan tersebut seperti margarin, dan MSG yang berlebihan sehingga menjadikan makanan cepat saji menjadi lebih lezat dan seringkali kita terlupa bahwa dalam satu porsi hamburger terdapat lemak jenuh yang tersimpan dan tentu saja makanan tersebut menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan penyebab kolesterol LDL dalam darah

Makanan Penyebab Kolesterol Shell Island
Beberapa Jenis Kerang (wikipedia)
Jenis makanan laut seperti cumi-cumi, lobster, udang, kerang adalah makanan yang tinggi kolesterol LDL nya. Jika anda menyukai jenis makanan laut seperti di atas sudah saatnya untuk mengurangi jumlah porsi dalam menu harian anda. Konsumsi makanan tersebut maksimal satu bulan sekali untuk menghindari bertumpuknya lemak jenuh yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam jenis makanan laut, disarankan untuk minum air kelapa muda sebagai minuman pendamping hidangan anda. Air kelapa muda dipercaya dapat menurunkan kandungan lemak jenuh pada makanan laut.
Makanan penyebab kolesterol lainnya adalah lemak sapi, daging ayam berlemak, jerohan sapi, otak sapi. Bagi anda yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk benar-benar menjauhi makanan tersebut. Tahan nafsu makan anda untuk mengkonsumsinya demi kesehatan anda. mengkonsumsi makanan seperti di atas sama halnya dengan mempercepat kematian. Jika kolesterol LDL (LDL Cholesterol) dalam darah anda sudah sangat tinggi, bukan hanya makanan berlemak saja yang bisa membunuh bahkan sebuah pisang pun bisa menjadi pemicu terhentinya kerja jantung secara tiba-tiba.
Makanan olahan seperti nugget sapi/ayam, sosis, margarin, adalah makanan penyebab kolesterol yang tinggi. Saat ini banyak sekali jenis makanan olahan yang terbuat dari daging seperti nugget dan sosis. Semakin hari semakin variatif baik dari segi olahan, bentuk dan rasa. Meskipun terkesan sepele namun sebenarnya makanan olahan memiliki bahan tambahan lainnya berupa perasa makanan dan perwarna yang berlebihan. Belum lagi jika penyajiannya dengan cara digoreng dengan menggunakan margarin maka bisa dipastikan satu porsi nugget ayam/sapi mempunyai kandungan kolesterol lebih dari 300 mg.
Disamping makanan yang tersebut di atas ada beberapa jenis lagi makanan penyebab kolesterol yang tanpa kita sadari mengandung kolesterol. Bagi anda penderita kolesterol usahakan untuk selalu menjaga asupan makanan anda setiap hari.

Tidak ada komentar: