link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juni 2012

Alpukat menurunkan kolesterol


Makanan penurun kolesterol – Kolesterol dalam tubuh bisa terus meningkat terutama jika anda tidak menjaga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Banyaknya makanan cepat saji membuat orang tergiur hingga melupakan kandungan kolesterol dalam makanan tersebut. Sebenarnya jika anda bisa sedikit menahan nafsu dari makanan yang mengandung lemak jenuh maka potensi untuk bertambahnya kolesterol dalam tubuh bisa dihambat.
Namun, jika ternyata anda sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi jangan terlalu risau. Dengan terapi yang berterusan baik dari segi penjagaan makanan, mengatur pola hidup sehat, berolah raga teratur akan membuat kolesterol bisa di turunkan. Selama ini yang menjadi penyebab utama tingginya kolesterol adalah dari segi makanan. Namun, ada juga makanan yang dapat menurunkan kolesterol diantaranya:

Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun KolesterolAlpukat. Banyak orang yang takut untuk menyantap alpukat sebab dinilai memiliki kandungan lemak yang dapat menggemukkan tubuh. Namun, tahukah anda bahwa lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah lemak tak jenuh yang mirip dengan minyak zaitun. Buah berwarna hijau dan memiliki daging buah yang lembut ini sangat baik untuk tubuh sebab didalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu alpukat kaya protein, niasin, potasium dan vitamin C. Alpukat juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dapat menjadikan buah alpukat sebagai makanan selingan di sela makanan pokok anda.
Wortel. Jenis sayuran yang satu ini tidak hanya digemari oleh manusia tapi juga hewan. Pada masa dulu wortel tumbuh liar di wilayah asia. Untuk Indonesia pula budidaya wortel yang paling banyak ada di daerah Jawa Barat. Wortel banyak mengandung alkaloid, protein, dan kalsium. Selain itu kandungan vitamin dalam wortel juga berkhasiat sebagai antioksidan dan menurunkan kolesterol dalam darah. Wortel dapat dimakan begitu saja tanpa harus di masak terlebih dahulu. Wortel yang dimakan dalam keadaan segar sangat baik sebab kandungan vitamin didalamnya tidak terurai. Jadikan wortel sebagai lalapan dalam menu makanan anda untuk menurunkan kolesterol.
Belimbing manis sebagai makanan penurun kolesterol. Konsumsi dua buah belimbing manis yang sudah masak secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida anda. Selain untuk menurunkan kolesterol belimbing manis juga efektif untuk mencegah radang tenggorokan, diabetes dan demam. Bunga belimbing manis dapat mencegah penyakit malaria. Yaitu dengan merebus bunga belimbing kemudian diminum airnya. Untuk mengobati sakit maag dan melancarkan air seni daun belimbing bisa menjadi alternatif pilihan anda.
Bawang merah dan bawang putih sebagai makanan penurun kolesterol. Bawang merah dapat dimakan bersama nasi dengan cara diiris tipis. Konsumsi bawang merah tiga kali sehari. Bawang merah mengandung atsiri yang efektif sebagai penurun kadar kolesterol. Untuk bawang putih, bisa dimakan langsung atau jika anda tidak menyukai aromanya bawang putih bisa direbus bersama daun sirih atau daun beluntas untuk menghilangkan aromanya. Makanlah bawang putih sebanyak 2 buah setiap hari sebagai makanan penurun kolesterol.

Tidak ada komentar: