by Dwika Sudrajat on Friday, October 1, 2010 at 1:14pm ·

Nilailah (valuasi) proyek yang sudah dilaksanakan dengan objektif. Evaluasi dilakukan agar proyek yang sudah dilakukan bisa dijadikan pembelajaran. Harapannya supaya proyek berikutnya terselenggara dengan lebih baik.
salam,
Dwika

=======================
Manajemen Proyek, (Nafis Mudrika)

Dibalik Kesuksesan Sebuah Kegiatan
Salah satu rahasia suksesnya sebuah proyek, event ataupun program  adalah manajemen proyek yang bagus dan rapi. Selain teamwork yang solid, manajemen proyek juga menyumbang peranan yang penting dalam  menyukseskan sebuah proyek.

Manajemen proyek sendiri bisa diartikan bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada agar dapat mencapai tujuan proyek yang diinginkan.

Nah, berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam manajemen sebuah proyek;
1. Needs AssessmentMenentukan tujuan dan melakukan assessment kebutuhan. Buat apa kita melakukan proyek ini?
2. BrainstormingMengumpulkan ide-ide yang ada. Apa saja saran yang masuk? Usulannya apa saja? Apa saja kemungkinan yang ada? Data-data lapangan seperti apa?
3. Seleksi ideMemilih ide terbaik. Apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing ide? Ide mana yang paling realistis untuk dilaksanakan sekaligus paling mendekati hal yang ideal?
4. Persiapan ProyekPersiapkan semua yang dibutuhkan. Tulis, organisasikan dan deskripsikan sampai hal-hal detail, ide yang akan dilakukan! Lengkapi dengan sasaran, biaya, waktu, lingkungan, informasi, resiko, sumber daya, alat, SDM dan hal-hal yang mendukung lainnya. Rencanakan dan lengkapi semua kebutuhan yang diperlukan! Termasuk hal-hal tak terduga. Hal ini bisa menjadi Plan B.
5. Eksekusi ProyekLakukan dengan disiplin apa yang sudah direncanakan. Jika ada hal-hal yang di luar perencanaan dan di luar control, maka tugas pemimpin proyek untuk berimprovisasi, memutuskan dan mengarahkan anggota tim untuk melakukan pilihan yang paling baik pada saat itu.
6. Evaluasi ProyekNilailah proyek yang sudah dilaksanakan dengan objektif. Evaluasi dilakukan agar proyek yang sudah dilakukan bisa dijadikan pembelajaran. Harapannya supaya proyek berikutnya terselenggara dengan lebih baik.Itulah sekelumit ilmu yang berasal dari pengalaman saya mengikuti ataupun memimpin proyek-proyek yang ada.


 ·  ·  · Share · Delete