link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 17 Januari 2012

Asap Putih dan Kopling

Asap Putih Dipagi Hari dan Kopling

Tanya : Pak Martin, saya tinggal di Boyolali, dan atif mengikuti rubrik Konsultasi Oto di Suara Merdeka. Saya punya masalah dengan Kijang LGX 1998 bensin. Mobil saya itu saat mesin menyala pertama kali mesti ada asap putih dan knalpot seperti ada tetesan air. Kalu saya gas asap makin banyak. Tapi, jika sudah berjalan sekitar 2 km, hilang. Yang saya tanyakan, bagaimana menghilangkan asap tersebut, apa ada yang perlu distel atau bahkan diganti. Pernah saya tune up di bengkel resmi di Solo, katanya masih normal semua, termasuk ring piston. Karena kalau ring yang kena makin panas, akan semakin banyak asap. Demikian dan terima kasih. Hendri Sutrisno, Kayen Juwangi Boyolali.
Jawab: Pak Hendri Sutriso, soal asap yang muncul dari knalpot pada pagi hari tidak masalah. Hal itu disebabkan oleh uap air yang berada di knalpot, sehingga begitu ada panas terjadi uap yang berbentuk asap putih. Asap yang keluar itu juga lembat seperti ada airnya, karena memang asab itu terjadi karena air yang panas. Kalau ada aroma seperti minyak, karena di saluran itu ketika gas buang keluar juga memang ada sisa minyak yang tidak terbakar habis. Kalau gas buang itu ada hubungan dengan mesin maka pertama aromanya seperti oli terbakar dan kedua setelah jalan jauhpun kalau di gas tetap saja ada asap putih. Padahal pada mobil Bapak, setelah jalan 2 km, asap itu sudah hilang.
Memang pada mobil mewah hal itu tidak terjadi karena dalam kendangan knalpot ada lapisan serabut yang tahan panas, sehingga uap air itu ditangkap oleh serabut tersebut. Jadi kalau mau menghilangkan mesti ganti kendangan, padahal harganya mahal, seperti yang dipakai pada Mercy atau BMW dan Camry. Tidak usah kawatir pak, mobil bapak sehat kok.
Tanya Mau tanya pak, waktu belajar nyetir oleh instruktur dikatakan kalau dijalan macet harus injak 1/2 kopling, tapi yang terbaik itu gigi 1 atau 2? Mengapa lama pakai gigi 1 mesin panas ?
Kalau saya berada pada gigi 3, tiba2 harus berhenti sesaat lantas jalan lagi. Apakah cukup pindah gigi 2 tanpa harus pindah gigi 1? Saya mau servis body sama power stering, makan waktu lama. Apakah saya mesti tinggalkan STNK sama kunci? Ibnu Fallah Rosyadi ibnu.rosyadi@asaba.co.id
Jawab: Menginjak kopling harus seminim mungkin apalagi setengah kopling. Kalau keseringan akan mempercepat plat kopling aus. Plat kopling adalah bagian antara, kalau setengah injak akan seperti mengasah. Akibatnya plat kopling habis. Soal pindah gigi kalau sedang 3 sekonyong konyong harus berhenti yah rem dan kemudian free saja sudah cukup. Memang untuk mengurangi kecepatan baik juga pakai mesin dulu, ke 2 lalu baru free. Itu kalau keadaan normal, tetapi kalau mendadak, langsung saja ke free/netral. Bila servis dan mobil harus nginap serahkan saja kunci kontak. STNK bawa pulang karena pihak bengkel juga takut kalau STNK hilang.

Tidak ada komentar: