link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 08 Juni 2011

Hipnoterapis dengan Dokter

Perbedaan Dokter dengan Hipnoterapis

Kami bukanlah seorang dokter, namun Kami adalah seorang Praktisi.
Kami bukanlah  Pendiagnosa penyakit, namun  Kami selalu menganalisa informasi tubuh & pikiran Anda
Kami tidak mengobati penyakit, namun sugesti Kami mengembalikan keseimbangan energi tubuh & pikiran Anda
Kami  tidak meresepkan obat, karena kami berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan Anda
Sekali lagi,
Kami tidak mengobati, Namun Kami membantu Anda kembali pada kondisi Ideal & Puncak Anda
Selamat Tahun Baru,2011
Andri Hakim

DEEP THETA, THETA, DEEP ALPHA, ALPHA baru BETA.

Pengalaman Peserta Pelatihan Hipnoterapi di Hotel Narita, Surabaya

Oleh :Nasrul Huda, S.Psi, Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20, Surabaya
Pelatihan Hipnoterapi, yang diselenggarakan secara eksklusif, oleh Wisdom Hypnoterapy, pada hari Sabtu, (5/2/2011), bertempat di Narita Hotel, Barata Jaya Surabaya, bertajukHypnotherapy Practitioner Training Level 1 – IACT, menghadirkan langsung Presiden International Association Counselors & Therapist (IACT) perwakilan Indonesia, Bapak Andri Hakim A., M.Ak, C.Ht, CI, sekaligus Penulis 3 Buku Laris & Instruktur : Dahsyatnya Hipnosis, Hipnoterapi & Hypnosis in Teaching. Dan diikuti oleh sekitar 27 peserta dari kalangan guru BP/BK (SD, SMP,SMA DAN SMK), Konselor, dan terapis, perwakilan dari berbagai sekolah, di Jawa Timur.  Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20, Surabaya, mengirimkan seorang perwakilan guru BP/BK, Nasrul Huda, S.Psi. atau biasa dipanggil Ustad Achung untuk mengikuti seminar.
Pelatihan yang berkelanjutan ini, diawali dari seminar umum untuk guru BP/BK, yang tergabung dalam guru MGBK Jawa Timur, yang diselenggaran bulan Januari, awal tahun baru, di Gedung Wanita, Kalibokor Surabaya, bertajuk “HYPNOSIS IN TEACHING”, sekaligus launching perdana buku ketiga karya Bp. Andri Hakim, yang dibagikan secara free, kepada ratusan guru yang hadir sebagai peserta saat itu. Ditawarkan pula, secara eksklusif oleh Pak Andri, panggilan akrabnya, bagi mereka yang ikut seminar kali ini, jika ingin menindaklanjuti dalam bentuk training atau pelatihannya, maka diberi harga khusus (special rate for teacher).
Pelatihan yang diawali dengan registrasi dan welcome drink, di hotel yang bernuansa tradisi jawa, saat tepat pukul 09.00 WIB, langsung dibuka tanpaceremony, oleh Bapak Andri Hakim. Dengan pemaparan sekilas tentang sejarah hypnosis, mulai dari cara hypnosis yang sederhana sampai yang modern. Dan penjelasan tentang level yang harus ditempuh memang tidak bisa “brek”, materi diberikan semua, sekali pertemuan selesai, dan sudah mahir, tidak begitu. Harus berjenjang, ungkapnya, dijelaskan lebih lanjut, karena, nanti di level 1, ini diajarkan menghipnotis orang yang sudah dikenal, atau seperti keluarga, dan cara dasar mendeteksi orang yang sangat mudah, bisa atau sulit dihipnosis. Di level 2, belajar tentang Menghipnosis orang yang tidak dikenal, dan cara-cara pendek (shortcut) menghipnotis cepat. Di level 3 detail penguasaan alat, hypnosis jarak jauh, etika dan kode etik, serta Uji Materiil dan standarisasi instruksi khas dan umum penyajian hypnosis skala international, dan akan diberikan certificate yang membolehkan buka praktek Hipnotis sendiri, supporting IACT CERTIFICATION, dengan syarat, KUM-nya, harus naik kelas, jika pasif, dan tidak mempraktekan ilmu ini, ijin usaha bisa dicabut, sewaktu-waktu, salah satu nilai kum yang diperhitungkan adalah, karya buku, atas aplikasi ilmu hipnoterapi ini.
Selanjutnya dibuka langsung tanya jawab, tentang apa yang sudah dibaca dari buku ketiganya, atau perihal materi saat seminar yang lalu. Muncul beberapa pertanyaan seperti, “saat mendeteksi subyek dan menghipnosisnya, apakah butuh musik instrumentalia atau senyap saja?,” Lebih enak mana, mata terpejam atau terbuka?, saat subjek dihipnosis, dan saat peserta disuguhi tayangan dvd, Pak Andri menghipnotis kliennya, ditanyakan; “apakah tayangan itu riil atau rekayasa? (tayangan tentang mengatasi phobia silet). Apakah ada jaminan, tayangan yang berdurasi setengah jam tersebut, klien sudah berani dengan silet?. Dijawab oleh beliau, idealnya memang disarankan mata terpejam, buka mata, hanya bentuk tawaran saja, tergantung model orangnya. Dan tentang  musik, itu adalah supporting media for hypnosis, apabila lingkungan disekitar, ditakutkan berpeluang bising, dapat mengganggu, konsentrasi klien yang sudah pada posisi alpha menjadi betha, dan bisa balik dari awal lagi terapinya. Sedangkan tayang di TV, dipastikan sudah diedit, dipotong dan dipercepat menjadi lebih simple, pemahamannya, kalau mau ditayangkan awal pengkondisian klient bisa berjam-jam, berapa kali pertemuan, dan nanti orang yang nonton tayangan vcd promo, bisa jadi bosan, atau yang biasa kita lihat ditayangan SCTV, UYA memang KUYA, itu semua juga sudah diatur sedemikian rupa supaya menarik, seperti kontrak bayar fee untuk klien / sang korban dibayar didepan, dan seterusnya, sang korban nuruti aja aturan main produser.
Kemudian, masuk pada materi inti pertama, tentang mata pelajaran apa saja yang akan diberikan pada pelatihan saat ini. diantaranya; Hypnosis Concept & History, Conscious and Subconscious, Self Hypnosis, Understanding Hypnosis Structure, Pre Induction & Suggestibility Test, Induction and Deepening, Trance Scale, The Secret of Suggestion, The Secret of Verbal & Non Verbal Communication dan Hypnotherapy Practice level 1. Lalu tanpa tanya jawab, Pria yang berdomisili di Bekasi, Jakarta Timur. Menjelaskan tentang bab per bab, seperti konsep dasar hypnosis adalah teknik bagaimana kita bisa menemukan orang yang sangat mudah dihipnotis, dengan prasyarat; orangnya MAU, YAKIN, DAN NYAMAN baru pemilihan SUGESTI yang tepat sesuai masalahnya, maka akan lebih mudah dicapai dan diselesaikan. Dan yang menjadi patokan adalah Rahasia Suggestivitas Seseorang berdasar hasil riset Standfort University, menyebutkan bahwa; 5% orang di dunia ini SANGAT SULIT DIHIPNOSIS (sugestivitas rendah), 10% orang di dunia ini sangat mudah di hypnosis (sugestivitas tinggi) dan 85% orang di dunia ini BISA DIHIPNOTIS (sugestivitas moderat), artinya jika dalam forum kali ini ada 30 peserta, maka akan ada 3 orang (10%) yang sangat mudah dihipnotis, dan ada 1 orang (5%) yang sulit dihipnotis, lainnya akan ikut-ikutan yang banyak.
Selanjutnya dipahamkan tentang kondisi kesadaran dan ketidaksadaran yang diibaratka seperti gunung es yang dibatasi oleh kritikal area. Dan ternyata kesadaran seserang yang muncul cuma 15%, 85%-nya alam bawah sadar. Kemudian pemahaman tentang struktur atau langkah-langkah untuk menghipnosis dimulai dengan pra-induksi yang syarat utamanya MAU,kemudian dilakukan deteksi berupa tes diantaranya, MATA TERKUNCI, TANGAN KAKU, TANGAN TERANGKAT KEATAS, PENDULUM, masing-masing diikuti instruksi-instruksi menyesuaikan gaya (style) masing-masing terapis.
Lalu masuk pada tahap induksi, yang syarat utamanya, subyek harus yakin. Setelah itu bisa memilih salah satu dari 3 cara yang ditawarkan, 1. Teknik Relaksasi tubuh total (tekanan dititik tertentu, body rocking, dll), 2. Teknik lambaian tangan (pendulum, jabat tangan, open & close, dll), atau teknikericsonian yaitu menggunakan bahasa yang menyamankan, bahasa yang melelahkan, atau bahasa yang membingungkan. Setelah tahap ini, peserta harus sudah bisa paham dan mendeteksi (bisa dengan alat) klien sudah pada level pikiran apa, Beta (hypnodial)= relax fisik dan mental, digiring menuju kondisi Alpha (light trance) artinya tanda-tanda fisik, kekakuan pada otot sekunder, dan merasa tubuh lebih ringan atau lebih berat. Pak Andri mempraktekan mengetes kekakuan pada satu jari, dan benar-benar disugesti kaku, menjadi kaku benar seperti paku. Masuk lagi ditahap pendalaman, kondisi nyaman antara tidak sadar (Deep Alpha/medium trance), kaku pada otot primer, mengalami ilusi dan amnesia parsial, dicobakan berhitung jari dengan disugesti angka 6 hilang, dan benar-benar ketika berhitung, angka enam selalu hilang, jarinya jadi sebelas. Masuk lebih dalam lagi, di level Theta=deep trance, subyek amenesia total, analgesia (kebal sentuhan tapi masih bisa merasa) dan halusinasi positif, pada saat ini, Pak andri mempraktikkan klien tangannya dibakar dengan korek api, sambil disugesti bahwa api itu dingin dst. Dan seolah klien tenang-tenang saja, seolah tidak merasa panas.
Kemudian lebih dalam lagi subyek dikondisikan pada level Deep Theta= Amnesia, Anesthesia (efek bius), dan Halusinasi visual dan audio positif. Lalu subyek diuji cobakan oleh Pak Andri dengan sugesti dirubah kepribadiannya, primitifnya seperti, kemasukan roh orang lain, dimasukkan suggesti jika SUWORO (nama asli klien) diganti menjadi KI WORO, dengan karakter bijak, sakti, bisa menilai aura orang, wibawa, low profil, tidak senang diekspos, berasal dari kaki gunung lawu. Dan tiba-tiba, suara dan gaya orang tersebut (SUWORO) berubah jadi orang lain (KI WORO), seolah dia memang orang sakti dan seluruh peserta dideteksi auranya, dan didoakan atas keselamatan dan seterusnya, yang unik, saat benar ada yang ingin memotret, KI WORO langsung marah dan membentak, peserta, seorang ibu yang akan memotret dari jarak jauh. Seluruh peserta kaget saat itu.
Dan ditegaskan oleh Pria yang juga memiliki usaha SPA dan Boutique, di Bekasi, bahwa pada level penanganan alam bawah sadar tidak bisa dipermainkan, karena alam bawah sadar bersifat permanen. Dan dibutuhkan pemulihan, atau yang tahap terakhir disebut dengan terminasi yaitu, kondisi memulihkan subyek seperti awal, dengan sugesti-sugesti nyaman, senang, hilang masalah, sehat, pulih dan sebagainya. Karena jika tanpa tahap terminasi, subyek bisa linglung pada titik alam bawah sadar tertentu. Walaupun sudah normal kembali. Dan yang terakhir, ketrampilan mengolah masalah klient yang harus dikategorikan pada pos-pos pemulihannya seperti; mencatat kasusnya apa dulu, belief-nya, rule atau kenyataan yang harus dilakukan, Value (nilai) apa yang didapat jika klien melakukan rulenya, dan Behaviour (langkah yang harus ditempuh menyelesaikan masalahnya, dan goal-nya (target) jika dijalankan semua masalah sudah teratasi.
Pelatihan berjalan secara berirama, antara teori dan praktek, dan memudahkan peserta memahami dengan mudah, dan benar-benar ilmiah, tidak ada unsur magis dan memakai kekuatan lain. Terlebih lagi ketika ditayangkan peristiwa berita kesurupan masal, Pak Andri menjelaskan, sebenarnya posisi kesurupan persis seperti keadaan KIWORO tadi.
Yang penting, tips dari Pak Andri, bahwa jika orang seperti mengalami kesurupan, ada 3 kondisi yang dialami, jika hanya, ngomel-ngomel, ngomong ngawur gak karuan, suara seperti macan, dll, berarti jenis auditory artinya pendengarannya yang dominan, maka lakukan saja, sugesti, nasehat dan pesan-pesan verbal yang positif, dan yang dia mengerti, tidak hanya di bacakan ayat-ayat qur’an saja, itu tidak salah, tapi juga orang tersebut juga perlu mengenal suara-suara apa saja yang didengar. Ada lagi jenis visual, matanya mendelik-delik, melotot, marah, berarti perlu dipertontokan orang-orang yang berkostum seperti kyai, ustad atau guru ngaji. Warna putih dan tenang. Dan jenis ketiga, kinestetik, orangnya meronta-ronta, berontak ingin lepas, penangannya dengan dipegang kuat oleh beberapa orang. Semua itu harus disertai syarat, lingkungan orang tersebut cepat disterilkan menjadi tenang dan hening, dan kalau sudah kondisi seperti tersebut diatas, segera diTIDURkan saja, dengan sugesti-sugesti yang menina-bobokan, jangan malah dibangunkan. Teorinya, karena kondisi dia THETA, yang lebih dekat dengan level DELTA= normal sleep. Dari pada di kembalikan dilevel BTHA, yang harus melalui,4 tahapan level pikiran; DEEP THETA, THETA, DEEP ALPHA, ALPHA baru BETA. Dan diantara tips lain yang diberikan adalah memahami bahwa saat melakukan hipnotis, saat tahapan-tahapan pre-induksi, induksi, pendalaman, dan sugesti, klien mengalami penyempitan kelenjar-kelenjar otak, maka dibutuhkan oksigen, untuk menyamankannya, dan oksigen bisa diperoleh dari menarik napas dalam dan minum air. Jadi jika orang mengalami tekanan/stress, depresi, dan frustasi, mengalami hal ini (penyempitan kelenjar syarat ke otak) maka MINUMLAH AIR atau MENARIK NAFAS PANJANG dan dikeluarkan secara perlahan-lahan

alpha-theta

alpha-theta sehingga ibadahnya lebih tenang dan konsentrasi sehingga mampu untuk rileks 

Orang yang sering melakukan meditasi atau ibadahnya khusyu', biasanya mudah menurunkan gelombang otaknya sampai pada alpha-theta.Sedangkan orang awam, sangat sulit karena selalu kepikiran masalah atau bertanya-tanya macam-macam. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak khusyu' dalam beribadah. Mereka yang ibadahnya khusyu' adalah yang mampu menurunkan gelombang otaknya sampai ke alpha-theta sehingga ibadahnya lebih tenang dan konsentrasi sehingga mampu untuk rileks dan melupakan permasalahan yang membebaninya.



Metode aktivasi otak tengah ( midbrain ) http://kadry-tekno.blogspot.com

Apa itu otak tengah/midbrain/mesencephalon dan apa tujuan mengaktifkan otak tengah?
Secara ilmiah, Otak tengah berfungsi dalam pergerakan bola mata, lensa mata, diameter pupil, saraf visual serta gerak motorik. Dengan melakukan senam otak, senam bola mata dan penyetelan audio-visual maka otak tengah, otak kiri dan otak kanan pun terstimulan sehingga diharapkan fungsi otak kiri dan kanan seimbang. Jadi pada prinsipnya, aktivasi otak tengah adalah aktivasi keseluruhan otak melalui metode-metode yang menyenangkan (membuat anak bergembira). Mengapa harus bergembira? karena jika bergembira/hati senang maka otak tengah akan terstimulan dengan baik dan program aktivasi akan berjalan dengan sukses.

Bagaimana cara kerja otak sehingga anak dapat beraktivitas dengan mata tertutup?

Misalnya si anak mendeteksi kartu baca yang bertuliskan "Ayah dan Bunda". Dengan mata tertutup, si anak harus berkonsentrasi dengan tenang agar mampu memasuki kondisi alpha/khusyu' sehingga bisa menebak dengan tepat. Oleh karena tidak mungkin melihat dengan mata tertutup, maka intuisi yang berada di otak kanan akan aktif. Ketika intuisi itu aktif, maka objek pun akan terdeteksi dengan aneka sensasi (penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan dll) dan kemudian otak kiri meresponnya dengan membaca tulisan pada kartu baca tersebut. Jadi jelas perlu kerjasama otak kanan dan otak kiri pada saat aktivitas dengan mata tertutup dan dengan latihan inilah terjadi keseimbangan otak kiri dan kanan.

* Catatan : Metode aktivasi otak tengah 100% menggunakan metode ilmiah. Adapun teori gelombang otak dan kaitannya dengan kemampuan beraktivitas dengan menutup mata bisa diriset oleh para ilmuwan dengan berbagai kajian disiplin ilmu seperti biologi, psikologi, fisika dll serta juga diuji dengan berbagai alat seperti Gas Discharge Vision (GDV technique), EEG, Pet-Scan dan lain sebagainya. Ini merupakan penelitian yang sangat menarik untuk dikaji.

"Researches confirm the compatibility of non-eye vision for the cerebrum. The phenomenon does exist and it has to be studied"! (N.P. Bekhtereva - Academician of Russian Academy of Sciences, Russian Academy of Medical Sciences & Head of the Brain Institute of Russian Academy of Sciences)

Apakah pelatihan otak tengah dapat membuat anak jenius secara instan dengan IQ diatas rata-rata seperti Albert Einstein?
Jika ada lembaga pelatihan yang menjanjikan jenius dalam hitungan hari maka mungkin kita salah menafsirkan makna jenius. Kita harus memahami bahwa "bahasa iklan" terkadang terlalu berlebihan dengan maksud untuk meningkatkan daya jual sehingga banyak orang salah kaprah dalam memahami arti jenius.

Menjadi jenius (cerdas) membutuhkan proses dan tidak bisa instan dalam hitungan hari. Kecerdasan anak berpulang pada faktor diri (kemampuan diri) dan pengaruh lingkungan. Pelatihan otak tengah adalah salah satu metode untuk mengasah kemampuan diri dengan MENSTIMULASI otak secara lebih CEPAT agar lebih cerdas dengan menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Kami tidak sepakat jika jenius hanyalah orang yang memiliki kemampuan dalam bidang science saja seperti matematika, fisika, kimia dan sejenisnya.

Seseorang mungkin hanya memiliki IQ standar, namun jika ia berprestasi dalam bidang olahraga atau pergaulannya luas atau punya jiwa kepemimpinan, atau ahli dalam seni atau ahli dalam agama (spiritual) maka sesungguhnya orang tersebut jenius dalam bidang EQ (kecerdasan emosi) dan SQ (kecerdasan spiritual).

Jadi kesimpulannya : jenius TIDAK HANYA secara IQ (otak kiri), namun juga memiliki arti yang lebih luas yakni dalam bidang emosional dan spiritual (otak kanan) sehingga anak nantinya dapat memposisikan diri dengan baik dilingkungannya sehingga lebih mudah bersosialisasi agar diterima lingkungannya dan mampu melakukan filter terhadap lingkungan/pengaruh luar yang kurang baik. Selengkapnya, Anda bisa membaca artikel tentang kecerdasan dihttp://www.otaktengahindonesia.com/artikel_mengenal-berbagai-jenis-kecerdasan-anak.html

Kaitannya dengan pelatihan aktivasi otak tengah, kami melatih anak agar mampu memasuki kondisi jenius (paling kreatif) atau khusyu'. Kondisi jenius/kreatif/khusyu' adalah kondisi dimana gelombang otak memasuki gelombang alpha-theta (lihat penjelasan pembagian gelombang otak dibawah halaman ini juga). Ketika gelombang otak mencapai alpha-theta, maka otak akan berperan optimal sehingga seluruh indera manusia mencapai puncak performansi. Pada kondisi inilah anak mampu beraktivitas dengan mata tertutup, bisa berkonsentrasi lebih baik, menghafal lebih cepat dan lain sebagainya. Bahkan kini telah marak juga ragam pelatihan lain seperti speed reading atau membaca cepat dimana kita mampu membaca buku 1 halaman per detik bahkan membaca buku dalam posisi terbalik sekalipun tetap bisa memahami. Dahsyat bukan? mengapa bisa demikian? karena yang berperan adalah pikiran/kecerdasan bawah sadar (intuisi).

Ciri otak yang memasuki kondisi jenius adalah segala pikiran dan tubuhnya rileks. Tidak heran jika Archimedes menemukan hukum fisika ketika sedang berendam di bak mandi atau Albert Einsten suka bermain biola (musik) untuk menjaga kondisi jeniusnya. Bahkan pada jaman dulu, Thomas Alfa Edison dalam suatu buku biografinya dikatakan memiliki kebiasaan duduk dan tidur sambil menjepit ember diantara kakinya. Ini dimaksudkan agar ia bisa mendapatkan kondisi jenius (kreatifnya) dimana setiap kali ember jatuh, ia selalu mendapatkan ide mengembangkan penemuannya.

Kondisi yang dicapai Edison ini pernah diteliti oleh pakar pikiran di Southwest University sejak tahun 1989 dan terbukti bisa meningkatkan IQ sampai 20 poin. Selama Edison berada pada kondisi kreatifnya, pikirannya mengolah semua informasi, melakukan analisa dengan cepat dan mencari solusi dari tiap permasalahannya. Tentu dijaman sekarang, kita tidak perlu melakukan cara/tehnik yang merepotkan untuk memasuki kondisi kreatif karena dipelatihan otak tengah semuanya akan diajarkan. Dengan sering melatih anak memasuki kondisi kreatifnya, maka ketika dewasa nanti anak akan tetap mampu menjaga kemampuannya itu. Mayoritas orang dewasa yang tidak pernah melatih sejak kecil akan sangat sulit memasuki kondisi kreatif ini karena gelombang otaknya didominasi oleh gelombang beta (pikiran sadar). Manfaat lain dari melatih diri memasuki kondisi kreatif adalah dalam beribadah akan lebih khusyu karena mayoritas orang dewasa sekarang ini sulit sekali mencapai kondisi khusyu ketika beribadah. Hal ini disebabkan gelombang betanya terlalu dominan ketika beribadah sehingga berbagai masalah hidup selalu terpikirkan hampir tiap saat. 

Apa hubungannya aktivasi otak tengah dengan kecerdasan?

Otak tengah yang aktif, dapat membantu keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Otak kiri yang biasa melakukan fungsi analisa akan berhubungan baik dengan otak kanan yang lebih berfungsi sebagai kecerdasan emosional (intuisi, perilaku, kreativitas dll). Ketika latihan menutup mata, anak diajarkan untuk berkonsentrasi karena tanpa konsentrasi maka tidak akan mampu melihat dengan mata tertutup. Pada saat berkonsentrasi tersebut, gelombang otak anak akan masuk ke dalam kondisi jenius/kreatif/khusyu' sehingga INTUISI anak pun akan aktif lalu memunculkan sensasi/radar, adapun otak kiri nantinya akan menganalisa benda/tulisan/objek sehingga anak mampu mendeteksi objek dengan tepat.

Fakta tentang kehebatan intuisi :

* Albert Einstein (1879-1955), ilmuwan yang juga mendayagunakan intuisinya pernah mengatakan "Saya tidak menemukan pengertian saya pada hukum universal hanya dengan pikiran analitis. Satu-satunya hal yang berharga adalah intuisi".

* Para astronot menghabiskan 90% waktunya untuk berlatih bereaksi berdasarkan intuisi.

* Ray Kroc membeli franchise McDonalds dengan harga yang terlampau tinggi pada saat itu. Uniknya ia berkata "intuisi saya mendorong saya untuk tetap membelinya dan harus!". Intuisinya benar dan terbukti McD sekarang telah mendunia.

* Sam Walton, pendiri Wal Mart menggunakan intuisinya ketika mendirikan toko pada tahun 1962 dan kini ia dan keluarga adalah salah satu orang paling kaya di dunia.

* Riset dari New Jersey Institute of technology menemukan bahwa 80% pimpinan atau CEO perusahaan yang mampu menghasilkan profit 2 kali lipat dalam lima tahun menggunakan kemampuan intuisinya. John Mihalasky dan E.Douglas Dean menemukan bahwa 80% CEO yang sukses memiliki kemampuan intuisi diatas rata-rata.

* John C.Maxwell mengatakan "tanpa intuisi, pemimpin menjadi buta dan itu adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada seorang pemimpin".

* Orang sukses kelas dunia seperti Warren Buffet dan George Soros yang bermain dalam bisnis penuh risiko seperti saham dan valas juga mengakui bahwa intuisi berperan sangat penting dalam mengambil keputusan dan tidak sekedar mengandalkan analisa matematis (tehnikal) dan fundamental semata, artinya adalah otak kiri (analitis) dan otak kanan (intuisi) mereka berjalan seimbang.

Intuisi yang positif memerlukan keseimbangan otak kiri dan kanan. Jika anak rajin melatih otak tengahnya, maka ia akan terbiasa berkonsentrasi dan intuisinya akan makin tajam sehingga anak akan mampu mengambil keputusan dalam hidupnya lebih tepat. Pengaruhnya, di sekolah mereka akan lebih mudah menangkap pelajaran dan ketika ujian bisa lebih tenang mengerjakannya karena intuisi yang aktif menjadikan anak-anak mampu memasuki kondisi jenius/kreatif/khusyu' yang berdampak pada peningkatan kemampuan otak dan inderanya. Begitu juga dalam berperilaku dalam keluarga dan masyarakat akan memberikan efek yang positif karena melatih otak tengah juga memberikan stimulan pada otak kanan (personality behaviour).

Penting untuk dipahami bahwa ukuran cerdas tidaklah hanya IQ (otak kiri) semata. Anak yang memiliki ahlak yang baik, pergaulan luas, suka seni/lukisan, religius juga merupakan tanda anak yang cerdas secara otak kanan. Orangtua hendaknya secara bijaksana tidak memaksakan kehendaknya agar anak cerdas IQnya saja, juara satu dikelas dan sejenisnya. Bersyukur dan banggalah kepada anak anda apapun kecerdasannya.

Catatan : penjelasan ilmiah tentang anatomi otak tengah bisa anda baca dihttp://en.wikipedia.org/wiki/Midbrain dan dikarenakan aktivasi otak tengah juga menumbuhkan intuisi, maka intuisi ini pun bisa dipahami melalui jalur psikologi yang bisa anda baca dihttp://en.wikipedia.org/wiki/Intuition_(knowledge).

Apakah manfaat dari pengaktifan otak tengah?
Ketika otak tengah diaktifkan , anak anda akan memiliki akses yang mudah baik ke otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar, membaca dan mengahafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dan dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.

Apa cukup dengan otak tengah yang aktif lalu tidak memerlukan pengembangan otak-otak lainnya?
Otak tengah bukanlah otak super yang tidak membutuhkan otak-otak lainnya. Aktivasi otak tengah adalah aktivasi keseluruhan otak sehingga tetap diperlukan lembaga-lembaga pelatihan otak kiri, kanan, super memory, emotional, spiritual tetap diperlukan karena kesemuanya itu akan membuat semua bagian otak anak aktif. Sistem pendidikan di Indonesia banyak yang mengistimewakan otak kiri sehingga otak kanan kerap diabaikan, padahal kecerdasan seorang anak tidak selalu secara IQ namun juga secara EQ dan SQ. Disinilah peran otak tengah diperlukan sebagai penyeimbang otak kanan dan kiri.

Penting untuk dipahami, bahwa aktivasi otak tengah tidak harus identik dengan kemampuan anak beraktivitas dengan mata tertutup karena kemampuan ini sifatnya hanya "bonus" saja. Hal yang lebih penting adalah mengajarkan metode belajar yang lebih kreatif misalnya cara menghafal lebih cepat. Kami juga memotivasi anak agar semangat dalam belajar, pandai bersyukur, tidak patah arang ketika gagal, selalu berlaku jujur kepada diri sendiri dan orang lain, percaya diri, mematahkan blok mental seperti takut matematika, bahasa inggris, kemalasan dan lain sebagainya.

Apakah setiap anak pasti berhasil diaktivasi? 
Biasanya sekitar 80%-90% anak, sukses diaktifkan. Asalkan anak tersebut memiliki jiwa yang sehat dan bersedia bekerjasama, dengan usia antara 5-15 tahun, otak tengah dapat diaktifkan. Hambatan dalam mengaktifkan otak tengah antara lain adalah: tekanan, ketakutan, kurang percaya diri, curiga, tidak mau menerima, berpikir yang tidak-tidak dan lain sebagainya. Trauma anak juga sering menjadi kendala ketidakberhasilan misalnya sering mendapat kekerasan dari orang tuanya atau sering dimarahi sehingga anak ketakutan/terpaksa ikut pelatihan otak tengah karena takut dimarahi orang tuanya jika menolak pelatihan.

Anak yang mengalami trauma atau takut kepada orangtuanya karena pola pendidikan dirumah yang keras bahkan dengan kekerasan, biasanya juga akan memiliki perasaan takut gagal karena jika gagal maka ia bisa dimarahi orang tuanya. Jika anak sudah takut gagal, maka ketika dalam pelatihan, otaknya tidak bisa fokus dan tidak bisa menikmati acara karena selalu terbayang-bayang wajah orang tuanya yang akan memarahinya jika gagal. Padahal anak harus dalam kondisi yang senang agar aktivasinya berhasil.

Apakah ada GARANSI jika gagal diaktivasi?
TENTU!, kami memberikan garansi sampai berhasil dimana anak cukup mengikuti kembali progam aktivasi secara gratis cukup dengan mengganti konsumsi dan sewa alat.

Anak saya berhasil diaktivasi, lalu ingin mengulang apakah bisa?
Kami memberikan GARANSI sampai berhasil TENTU!, khusus bagi alumni yang telah sukses diaktivasi maka bisa mengikuti kembali aktivasi ulang dengan biaya yang lebih murah. Ikut aktivasi ulang telah terbukti lebih mempertajam kemampuan si anak.

Setelah diaktivasi apakah kemampuan tiap anak sama? 
Tiap anak biasanya memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang setelah diaktivasi sudah mampu menebak bahkan menggunakan kacamata renang yang telah di cat + dilapisi tisu sehingga tidak ada kesempatan baginya untuk mengintip. Ada juga yang kemampuan menggambarnya belum optimal tapi dalam hal menebak kartu lancar. Ada siswa yang meradar objek dibawah hidung (mencium) , ada juga yang radarnya di telinga (mendengar) dan ada juga yang mampu "melihat" objek seperti melihat tanpa penutup mata. Pada saat pelatihan, ada juga siswa yang belum mampu menebak/menggambar mata tertutup namun setelah mencoba dirumah baru bisa karena dirumah dia merasa lebih nyaman, tenang sehingga mudah berkonsentrasi.

Pada ujicoba membaca dengan "kartu baca", para pemula biasanya harus mendeteksi huruf per huruf dengan cara meraba dan begitu juga saat membaca headline koran maka tangannya harus diletakan di atas teks headline koran tersebut. Dengan demikian, mendeteksi huruf per huruf akan membutuhkan waktu dan biasanya mereka pun akan membaca secara terbata-bata . Bagi yang radarnya makin kuat, nantinya cukup meletakan "kartu baca" saja ditangan langsung bisa membaca tanpa harus meraba huruf per huruf.

Pada kasus lain, ada anak yang baru mampu "melihat" dengan kain yang ditutup dimata tapi belum mampu "melihat" dengan menggunakan kacamata renang yang dicat. Ini dikarenakan kain fisiknya lembut sehingga radarnya lebih mudah menembus. Jadi kekuatan radar tiap anak berbeda, ini mirip seperti sinyal Ponsel/Handy Talkie dimana jika sinyal membentur bangunan yang besar/tebal/solid maka sinyalnya akan melemah . Demikian pula kacamata renang memiliki fisik yang solid/keras/tebal sehingga membutuhkan radar yang lebih kuat lagi untuk menembusnya.

Meski demikian, di tiap pelatihan yang kami adakan, biasanya cukup banyak anak pemula yang radarnya sudah cukup kuat sehingga mampu "melihat" dengan kacamata renang yang dicat bahkan dilapisi lagi dengan tisu untuk menutup matanya sehingga tidak mungkin mengintip dengan cara apapun.

Untuk pemula, biasanya hanya bisa mendeteksi objek yang berada di depan. Pada tingkat lanjutan, akan mampu mendeteksi objek yang berada di atas kepala, lalu dibelakang kepala/tubuh (360 derajat). Jika mampu mendeteksi sampai 360 derajat, artinya kemampuan intuisi/radar tersebut sudah kuat. Selain itu, dengan melatihnya secara rutin, nantinya anak akan mampu menembus objek yang lebih tebal/keras lagi seperti menebak benda dibalik tembok atau menebak benda didalam kotak tertutup dan mampu juga membaca kartu/dokumen dalam posisi terbalik.

Jadi dengan rajin melatihnya dirumah, kemampuan intuisi akan meningkat terus dan intuisi yang tajam akan sangat berguna dalam hal pengambilan keputusan dalam hidup.

Apakah tujuan dari penutupan mata?
Latihan tutup mata fungsinya adalah untuk memasuki kondisi jenius/kreatif/khusyu' sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, persepsi, ingatan, stabilitas emosi dan melatih menajamkan intuisi.

Apakah orang tua diperbolehkan masuk kelas selama pelatihan?
Kami pernah mengujicoba orang tua dengan memperbolehkan orangtua masuk ke dalam kelas. Namun yang terjadi adalah anak kerap merengek ke orangtuanya dan orangtuanya pun terpaksa harus menangani anaknya. Dengan ruangan kelas yang luasnya juga terbatas akhirnya pelatihan berjalan sangat tidak maksimal karena tumpang tindih tugas dalam menangani anak antara trainer dan orang tua.

Jadi untuk hasil yang maksimal kami menyarankan orang tua untuk tidak masuk ke dalam kelas agar trainer kami dapat melatih anak secara fokus dan nyaman. Orang tua hanya diundang untuk menghadiri "brifing" untuk menjelaskan cara melatih di rumah.

Nantinya kami berencana akan menyelenggarakan paket aktivasi keluarga dimana anak dan orang tua bisa bersama-sama mengikuti program ini.

Apa yang harus dilakukan orang tua agar anaknya berhasil diaktivasi ? 

*
Orang tua dan anak perlu membangun hubungan dan komunikasi yang baik sebelum mengikuti pelatihan pada tanggal yang ditetapkan.

* Berikan motivasi kepada anak misalnya dengan mengatakan jika mengikuti pelatihan akan memiliki konsentrasi yang lebih baik sehingga ketika disekolah akan lebih mudah menangkap pelajaran dan pada saat ujian bisa lebih tenang, fokus agar nilainya lebih baik. Atau berikan hadiah jika mengikuti pelatihan dengan baik akan mendapat tas baru, boneka, coklat dll.

* Agar berhasil diaktivasi, anak harus menikmati semua acara (games, senam, motivasi dll) agar psikologi anak fun/senang. Untuk itu diharapkan para orang tua untuk tidak melakukan ancaman atau tuntutan yang berlebihan pada diri anak agar si anak tidak stress pada saat acara berlangsung. Jadi kuncinya adalah anak harus senang.

Apa peranan orang tua setelah aktivasi selesai dilakukan?
Orang tua harus mengarahkan dan mendorong anak-anak mereka untuk latihan selama 10-15 menit tiap hari. Mereka harus positif, mendorong dan melakukan latihan untuk waktu yang menyenangkan bersama. Kebahagiaan merupakan kunci untuk pengaktifan otak tengah.

Apakah otak tengah dapat tertutup kembali?

Bila belum memasuki dominasi midbrain,otak tengah dapat tertutup kembali misalnya karena tekanan dan kesedihan. Kesedihan merusak otak; sedangkan rasa gembira membuka otak. Untuk itu diperlukan latihan yang intensif untuk memasuki kondisi terdominasi oleh midbrain. Untuk mencegah agar otak tengah tidak tertutup, anak-anak membutuhkan latihan 10-15 menit sekurang-kurangnya tiga kali seminggu. Paling baik latihan tiap hari, seperti persiapan latihan sebelum belajar. Bahkan ketika anak-anak masuk universitas, mereka perlu melakukan hal yang sama. Ini tugas sepanjang hidup untuk melatih otak tengah agar tetap aktif. 

Setelah otak tengah aktif, dapatkah anak-anak melihat mahluk halus?

Otak tengah hanya dapat merasakan wujud benda fisik ketika matanya ditutup. Mahluk halus tidak memiliki wujud sehingga anak-anak tidak akan bisa melihat mahluk halus. 
Setelah otak tengah aktif, apakah ada efek sampingnya?
Aktivasi otak tengah tidak memiliki efek samping. Setelah otak tengah aktif, anak akan menggunakan tiga otak secara seimbang; sehingga tidak akan terjadi kerusakan otak, gegar otak dan lain sebagainya. Metode untuk mengaktifkannya menggunakan teknik alami seperti suara, musik, warna, suasana dan lain sebagainya; tidak ada faktor dari luar yang dimasukkan kedalam tubuh (seperti minum obat, suntikan, menggunakan gelang listrik kepala dan lain sebagainya). Tubuh dan otak anak masih sama seperti pada awalnya. Sebaliknya, orang yang otak tengahnya belum aktif hanya menggunakan sebagain kecil dari otak kirinya; sehingga dapat mengakibatkan terlalu keras menggunakan daya otak.

Bagaimana menguji anak yang otak tengahnya telah aktif ?
Untuk menguji otak tengah seorang anak tidak bisa seenaknya karena tiap anak memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda. Syarat untuk menguji otak tengah seorang anak yang masih pemula :
  • Anak harus memiliki kemauan atau moodnya baik. Jika tidak mau maka jangan dipaksa karena pengujian memerlukan konsentrasi yang baik. Ketika anak berkonsentrasi, usahakan tidak menyentuh fisik anak-anak dengan merangkul, menyentuh wajah dan gangguannya lainnya karena akan mengganggu konsentrasi. Jika konsentrasi terganggu maka intuisi/radar sulit untuk aktif. Kelelahan/udara panas juga bisa menyebabkan anak kesulitan konsentrasi. Jadi pastikan segala sesuatunya nyaman baik pribadi anak maupun lingkungan sekitar.
  • Jika memiliki perangkat audio, menyetel musik rileksasi sangat dianjurkan pada tahap mengetest anak karena akan membantu daya konsentrasi.
  • Lihat kemampuan radar si anak dengan menguji misalnya melalui penutup mata berupa kain. Jika kain sudah berhasil, gunakan kacamata renang yang telah dicat dan dilapisi lagi dengan tisu, jika berhasil juga cobalah menebak gambar/kartu dari jarak jauh (tanpa menyentuh objek) atau menebak benda dibalik kotak yang tertutup, jika sudah berhasil juga, ujilah dengan mendeteksi benda dibalik tembok dan pada kemampuan yang lebih tinggi lagi mampu menebak kartu yang akan dikeluar ketika kartu masih dikocok.
Mengapa harus anak-anak yang diaktivasi? Apakah orang dewasa bisa diaktivasi juga?
Anak-anak usia 5-15 tahun gelombang otaknya lebih didominasi gelombang alpha-theta sehingga anak-anak mudah diaktivasi karena otak mereka lebih mudah distimulasi dan lebih mudah untuk rileks. Otak orang dewasa lebih sulit distimulasi dan sulit untuk rileks karena beban hidup yang dipikirkan oleh otak mereka hampir setiap saat.

Namun demikian, pada beberapa kasus, ada orang dewasa yang otak tengahnya bisa diaktivasi. Biasanya mereka yang berhasil diaktifkan telah memahami dengan baik cara kerja aktivasi otak tengah ini yaitu :

* Otaknya harus mampu melupakan masalah/problem duniawi karena saat diaktivasi, gelombang otak harus turun. Jika pada saat mengaktivasi memikirkan hutang, masalah rumah tangga, kantor dll maka gelombang otaknya naik sehingga dipastikan sulit untuk diaktivasi.

* Menghindari pertanyaan/berpikir kritis/ragu misalnya "buat apa sih senam? apa hubungannya dengan otak?", "buat apa sih mendengarkan musik rileksasi? cuma bikin ngantuk", "kira-kira saya berhasil diaktivasi tidak ya?". Nah pertanyaan-pertanyaan seperti ini mengakibatkan gelombang otak naik terus. Hasilnya adalah aktivasi akan gagal.Untuk memahami gelombang otak manusia, simak penjelasannya berikut ini :

Gelombang otak bisa dilihat melalui teknologi yang bernama EEG. Berikut adalah pembagian gelombang otak :

1. Gamma (frekuensi 30-100 Hz ) : Gelombang otak pada frekuensi ini muncul manakala otak kita sedang OnFire. Biasanya acara-acara motivasi yang mampu membakar semangat para peserta.

2. Beta (frekuensi 12-30 Hz ) : Gelombang otak pada frekuensi ini muncul manakala kita sedang bekerja/aktif atau kegiatan lain yang memerlukan kerja otak lebih keras. Orang dewasa atau usia 15 tahun ke atas didominasi oleh gelombang beta karena berbagai pekerjaan dan permasalahan hidup yang memerlukan daya pikir yang kuat.

3. Alpha (frekuensi 8-12 Hz ) : Gelombang otak pada frekuensi ini muncul manakala kita sedang rileks.Frekuensi ini banyak mendominasi anak-anak usia dibawah 15 tahun.

4. Theta (frekuensi 4-7 Hz ) : Gelombang otak pada frekuensi ini muncul manakala kita sedang mengantuk (hampir tertidur).Frekuensi ini juga banyak mendominasi anak-anak usia dibawah 15 tahun.

5. Delta (frekuensi up to 4 Hz ) : Gelombang otak pada frekuensi ini muncul manakala kita sedang tertidur pulas.

Orang yang sering melakukan meditasi atau ibadahnya khusyu', biasanya mudah menurunkan gelombang otaknya sampai pada alpha-theta.Sedangkan orang awam, sangat sulit karena selalu kepikiran masalah atau bertanya-tanya macam-macam. Itulah sebabnya banyak orang yang tidak khusyu' dalam beribadah. Mereka yang ibadahnya khusyu' adalah yang mampu menurunkan gelombang otaknya sampai ke alpha-theta sehingga ibadahnya lebih tenang dan konsentrasi sehingga mampu untuk rileks dan melupakan permasalahan yang membebaninya.

Nah kaitannya dengan aktivasi otak tengah, orang dewasa harus mampu menurunkan gelombang otaknya secara maksimal hingga alpha-theta. Tentu hal ini sulit dilakukan karena memang kita tidak terlatih melakukannya apalagi gelombang beta mendominasi otak orang dewasa. Lain halnya dengan anak-anak yang memang lebih didominasi gelombang alpha-theta, maka mereka lebih mudah masuk ke gelombang tersebut. Itulah sebabnya aktivasi otak tengah efektif untuk anak-anak namun untuk orang dewasa, tingkat kegagalannya tinggi.

Untuk mengetahui apakah anda mampu menurunkan gelombang otak atau tidak cobalah beribadah secara khusyu' atau bermeditasi. Jika mampu menikmati ibadah/meditasi tsb dan tidak memikirkan masalah hidup maka kemungkinan otak tengah anda bisa diaktifkan. Pada beberapa kasus, ada anak usia hampir 20 tahun yang bisa diaktifkan, namun biasanya tingkat kemampuannya tidak sehebat anak-anak karena gelombang beta masih mendominasi/mengintervensi otaknya. Diperlukan latihan yang kontinu agar gelombang beta tidak mudah mendominasi.

Apakah aktivasi otak tengah menggunakan metode ilmiah dan terbuka untuk diselidiki ilmuwan?
Aktivasi menggunakan metode ilmiah :
- Senam otak. Senam ini sudah terbukti dan diakui secara ilmiah bermanfaat untuk menyeimbangkan otak kiri/kanan. Sudah banyak buku/video yang mengajarkan senam otak ini dan Jurnal ilmiahnya pun bisa anda cari sendiri di google.

- Senam bolat mata. Senam ini sudah terbukti dan diakui secara ilmiah bermanfaat untuk melatih mata sehingga anak akan memiliki kemampuan membaca lebih cepat (speed reading).

- Motivasi. Motivasi sering diadakan oleh lembaga-lembaga manapun. Fungsinya agar peserta semangat, mampu menghancurkan "mental block" seperti tidak percaya diri, malas, takut dan sejenisnya. Mengapa motivasi bisa menghancurkan "mental block", anda bisa cari sendiri kajian ilmiahnya karena hal ini sudah umum.

- Teknologi visual. Yakni dengan memperlihatkan film-film yang menghibur agar anak senang (fun) sehingga otak pun akan lebih fresh. Selain itu diperlihatkan film-film yang menyentuh dan menginspirasi. Tujuannya agar anak memiliki empati/welas asih pada orang lain dan mengajarkan agar mereka lebih mudah bersyukur atas segala karunia Tuhan. Metode pengajaran visual ini, lebih mudah diterima oleh otak anak.

- Teknologi Audio Musik Rileksasi : berfungsi untuk menstimulasi otak agar lebih konsentrasi, lebih fokus, lebih tenang dan menumbuhkan intuisi. Secara ilmiah musik yang bernada rileks seperti musik klasik terbukti memiliki pengaruh yang sangat baik ke otak, bahkan jaman sekarang pun janin disarankan mendengarkan musik-musik klasik yang menenangkan. Anak-anak memang sangat efektif mendengarkan musik ini. Penelitian ilmiah tentang pengaruh musik pada otak tentu sudah banyak dipublikasikan bahkan ilmuwan Jepang Masaru Emoto sendiri telah membuktikan air yang diperdengarkan musik tertentu bereaksi sesuai jenis musiknya dan terbukti musik rileksasi membentuk kristal air yang bagus.

Penggunaan musik tertentu misalnya yang menghasilkan gelombang Sensori Motor Rhythm (SMR) saat ini juga telah digunakan untuk men-terapi anak-anak yang mengalami Autisme dan ADD/ADHD. Temuan yang diperoleh para ahli menujukkan bahwa penderita epilepsi, penderita ADHD (Attention Deficit and Hyperacti-vity Disorder) dan penderita autisme temyata otaknya tidak menghasilkan gelombang jenis ini sehingga dengan menyetel musik khusus yang mengandung gelombang SMR, maka otak mereka akan distimulasi oleh gelombang ini sehingga memberikan efek yang positif. Namun tentu saja terapi ini merupakan salah satu metode saja karena harus pula menggabungkan dengan terapi lain seperti terapi wicara, pembuangan racun di tubuh dan lain sebagaianya.

Jadi metode aktivasi otak tengah bukanlah metode aneh-aneh. Kami juga TIDAK menggunakan metode hipnotis seperti acara di TV misalnya ditepuk/disentuh lalu anak tiba-tiba tertidur/tidak sadar. Jika menggunakan hipnotis tentunya dari dulu pun harusnya sudah marak kemampuan anak yang bisa melihat dengan mata tertutup karena hipnotis sendiri merupakan ilmu yang sudah ditemukan dari jaman dulu. Semua metode kami menggunakan kesadaran anak-anak dan bisa ditanya langsung ke anak atau orang dewasa yang telah ikut aktivasi otak tengahnya. Kami sangat mendukung dan terbuka bagi lembaga ilmu pengetahuan dalam dan luar negeri untuk melakukan riset terhadap gelombang otak tengah anak yang ternyata dapat membuat anak melakukan aktivitas dengan mata tertutup.

Secara umum, negara-negara yang telah melakukan aktivasi otak tengah adalah : Jepang, Rusia,Tibet, Malaysia, Indonesia, Singapura, Sri Lanka, Australia, Thailand, China, Hongkong, India dan lain-lain. Jepang sendiri sebenarnya sudah melakukan penelitian ini selama 40 tahun. Rusia mengadopsi metode dari Tibet. Diseluruh negara tersebut, kemampuan yang akan muncul setelah aktivasi otak adalah kemampuan beraktivitas dengan mata tertutup, menghafal sangat cepat, membaca kilat dengan pemahaman tinggi, kemampuan bermusik menjadi lebih baik, kemampuan matematika menjadi lebih baik dan lain sebagainya. Hal ini karena aktivasi otak tengah akan menyeimbangkan dan menstimulasi otak kiri dan kanan sehingga bakat anak akan muncul dan lebih terasah.

Catatan : Audio CD yang kami gunakan adalah ASLI (bukan bajakan/copy-an). Penggunaan CD yang tidak asli akan sangat mengurangi efektivitas aktivasi itu sendiri karena banyaknya frekuensi/nada yang berubah dan hilang.

Apakah aktivasi otak tengah merupakan HOAX atau penipuan atau trik sulap/mengintip?
Kemampuan beraktivitas dengan mata tertutup adalah hal yang mencengangkan bagi sebagian orang sehingga banyak orang bingung dan wajar jika menimbulkan praduga yang negatif. Di internet bahkan ada info yang beredar bahwa otak tengah adalah penipuan/hoax atau ada orang tua yang mengaku menjadi korban aktivasi otak tengah karena anaknya ternyata mengaku mengintip. Berita ini disebar oleh orang yang identitasnya tidak jelas atau orang yang bisnisnya terganggu dengan pelatihan otak tengah atau orang-orang skeptis yang tidak melakukan penyelidikan secara mendalam melainkan hanya berteori dengan jalan pikirannya sendiri.

Kami tentu saja tidak mungkin mengajarkan anak untuk bermain sulap atau membohongi orang tuanya dengan cara mengajarkan mengintip. Anda bahkan bisa bertanya langsung ke anak apakah mereka diajarkan untuk mengintip atau tidak. Jika ada segelintir anak yang mengintip tentunya tidak bisa digeneralisasi bahwa ribuan anak yang telah diaktivasi kompak mengintip.

Kemampuan beraktivitas dengan mata tertutup adalah kenyataan yang tidak terbantahkan yang bisa anda ujicoba sendiri ke anak anda dengan berbagai metode sesuai kemampuan si anak. "Blok Mental" yang selama ini mengatakan tidak masuk akal jika ada manusia yang mampu beraktivitas dengan mata tertutup nampaknya akan terus terkikis. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan berkehendak.

Alasan kenapa pelatihan otak tengah BUKAN hoax atau mengajarkan trik/mengintip :

  1. Aktivasi otak tengah telah ada dibanyak negara : Jepang, Rusia,Tibet, Malaysia, Indonesia, Singapura, Sri Lanka, Australia, Thailand, China, Hongkong, India dan lain-lain. Jika hanya menjual "metode mengintip" tentu tidak masuk akal jika menyebar ke banyak negara.
  2. Lembaga pelatihan otak tengah adalah lembaga resmi dimana kami pun membeli franchise dengan harga yang tidak murah bahkan ada yang mencapai ratusan juta. Jika kami membeli franchise namun ternyata metodenya adalah menyuruh anak-anak untuk mengintip tentu saja kami tidak akan membeli hak bisnisnya karena resiko hukumnya pun sangat besar jika harus melakukan penipuan seperti itu. Kamipun memiliki alamat dan kontak personal yang jelas dan bisa dihubungi tanpa ada yang menutup-nutupi identitas.

    Secara akal sehat, jika lembaga pelatihan otak tengah melakukan penipuan dengan cara mengajarkan anak mengintip maka tentunya lembaga pelatihan otak tengah pun akan bubar dengan sendirinya dalam waktu singkat dan dikenakan tuntutan hukum.
  3. Ribuan anak dan orang dewasa telah diaktivasi dan tentunya orang tua atau orang dewasa tersebut akan lebih mengetahui apa saja yang diajarkan dikelas. Jika diajarkan mengintip untuk menipu orang tuanya, tentu saja mereka akan komplain dan mengadukan ke pihak berwajib.

    Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang mengutamakan kejujuran biasanya akan polos/jujur dan tidak akan melakukan akal-akalan dengan cara mengintip karena kita pun tidak akan pernah mengajarkan hal tersebut dan ketika pelatihan selalu kita berikan sugesti agar menjadi anak yang jujur.

    Jika ada anak yang belum bisa menebak dengan mata tertutup tentu ia akan bilang belum bisa atau ada anak yang sudah mampu menebak dengan mata tertutup tentu ia berterus terang sudah bisa. Dan sebagai orang tua yang selalu bersama anak-anak, tentunya mereka akan lebih mengetahui apakah anak-anak tersebut jujur atau tidak.
  4. Jika otak tengah adalah trik sulap/mengintip, tentunya semua anak pasti tidak akan ada yang gagal karena triknya cukup dengan mengintip. Namun pada kenyataannya ada anak yang aktivasinya belum berhasil dan orangtuanya pun biasanya akan konsultasi ke kami penyebab anaknya belum berhasil diaktivasi.

    Lembaga pelatihan otak tengah manapun tidak ada yang memberikan garansi semua peserta pasti berhasil dalam aktivasi otak tengah karena tergantung anak yang bersangkutan dalam menerima materi yang kami berikan. Namun demikian, di otaktengahindonesia.com kami memberikan garansi untuk mengulang kelas jika belum berhasil diaktivasi dengan membayar biaya yang jauh lebih murah sehingga tidak perlu membayar lagi jutaan rupiah. Kami memahami jika ada orang tua yang kecewa karena telah membayar mahal namun anaknya belum berhasil di aktivasi, itulah sebabnya kami menggaransi untuk mengikuti akvitasi ulang. Mengapa ada anak yang belum berhasil diaktivasi? Silahkan baca kembali jawaban dari pertanyaan "Apakah setiap anak pasti berhasil diaktivasi? "
  5. Anak-anak yang berhasil diaktivasi bisa dibuktikan sendiri oleh orang tua mereka dengan berbagai metode untuk memastikan anak tidak mengintip. Jadi pastinya orang tua lebih mengenal anaknya sendiri dalam hal kejujuran ketimbang orang lain karena menguji anak sendiri lebih dipercaya ketimbang menguji orang lain. Yang harus diperhatikan adalah sejauh mana kemampuan atau radar mereka dalam mendeteksi objek. Lihat kembali jawaban dari pertanyaan "Setelah diaktivasi apakah kemampuan tiap anak sama? "
  6. Metode pelatihan otak tengah bukanlah metode tertutup. Hampir semua orang tahu bahwa metode pengaktifan otak tengah adalah menggunakan : motivasi, senam otak, aneka games dan teknologi audio-visual. Semua metode tersebut ilmiah tidak memakai unsur-unsur hipnotis seperti di acara di TV, cuci otak (brainwash) atau perangkat mistik dan sejenisnya. Semua metode ini bisa ditanya langsung ke mereka yang telah mengikuti aktivasi otak tengah.
  7. Untuk membuktikan pelatihan otak tengah bukan penipuan sebenarnya sangat mudah. Bagi yang skeptis sekalipun, bisa mengirim anak mereka atau saudara atau siapapun yang BISA DIPERCAYA untuk mengikuti pelatihan otak tengah. Nantinya anda bisa mewawancarai dan menguji mereka sendiri untuk mengetahui metodenya tipuan atau bukan. Atau anda bisa tanya kepada beberapa orang dewasa (diatas 17th) yang pernah diaktivasi otak tengahnya untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang metode aktivasinya.
Jadi kesimpulannya : lembaga pelatihan otak tengah bukanlah lembaga yang melakukan penipuan karena kami pun paham antara rejeki halal dan haram. Namun demikian, anda patut waspada karena tidak menutup kemungkinan ada orang jahat yang memanfaatkan booming otak tengah dengan cara membuat LEMBAGA PELATIHAN PALSU yang tentu saja metodenya tidak bisa dipertanggungjawabkan karena niat mereka dari awal hanya untuk menipu. Jadi pastikan anda memilih lembaga otak tengah yang DAPAT DIPERCAYA.

Fenomena otak tengah adalah fenomena baru dan sangatlah wajar jika ada orang yang skeptis, kontra atau tidak suka karena bisnisnya terganggu dengan kehadiran pelatihan otak tengah. Dimasa depan, pelatihan ini akan dianggap wajar dan kemampuan melihat dengan mata tertutup pun sudah merupakan kemampuan yang akan banyak dimiliki manusia.

Dulu orang mengatakan tidak masuk akal jika ada besi bisa terbang. Saat ini kita justru sering naik pesawat yang bobotnya luar biasa berat tapi mampu terbang. Jadi sesuatu yang tidak masuk akal dijaman dulu, sekarang sudah masuk akal. Begitu juga dengan otak tengah, dimana beberapa tahun lalu kita berpikir tidak mungkin manusia bisa melihat dengan mata tertutup, namun kini kami sudah terbiasa melihat kemampuan seperti itu. Begitulah kehidupan di dunia yang serba dinamis dan berkembang sangat cepat dimana jika kita tidak memiliki sikap terbuka dengan hal baru (apapun itu), maka sulit bagi kita untuk melangkah maju.

Hingga hari ini dan seterusnya masih akan terus dikembangkan penemuan-penemuan untuk membongkar lebih dalam lagi rahasia kehebatan otak manusia. Kami meyakini, aktivasi otak tengah hanyalah "setetes" ilmu dari-Nya agar kemampuan otak manusia lebih canggih lagi. Tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang akan ada lagi penemuan-penemuan yang lebih canggih. TANPA PIKIRAN YANG TERBUKA, nantinya akan sulit bagi kita menerima kenyataan dahsyatnya otak manusia sebagai mahluk Tuhan yang paling sempurna dan khalifah dimuka bumi.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan berkenan meneteskan "sedikit" ilmu-Nya kepada manusia guna mengeksplorasi lebih dalam lagi kehebatan otak manusia demi menghadapi tantangan yang makin hebat di masa depan. Tantangan yang makin hebat dimasa mendatang, memerlukan generasi-generasi penerus yang lebih berkualitas sehingga memerlukan kemampuan otak manusia yang lebih canggih lagi. Ini semua akan terwujud melalui penemuan-penemuan dibidang pemberdayaan otak manusia.