Dari dulu waktu sekolah, saya selalu bercita-cita untuk keliling dunia, travelling ke mana saja… Tetapi dalam bayangan saya, untuk pergi ke mana saja biayanya mahal, selain itu juga kita harus ikut group tour, supaya bisa tahu jalan ke mana saja yang ingin kita tuju.
Tetapi sekarang tidak lagi..! Dengan bantuan internet, dan saran teman-teman, pertama kali saya bisa pergi ke Singapore, dengan biaya murah, dan kita jalan-jalan sendiri, tanpa ikut tour.
Pertama-tama yang saya lakukan, saya buka internet untuk mencari pesawat murah. Untuk pergi ke Singapore, ada beberapa alternatif pesawat murah, yaitu ValuAir dan Air Asia. Silahkan buka situs kedua airlines tersebut, dan apabila ada promo dari kedua penerbangan tersebut, maka harganya bisa sangat murah, dari Rp. 500 ribu-an PP s/d Rp. 1 juta-an PP.
Kedua, untuk biaya menginap di hotel Singapore yang sudah sangat tinggi, maka alternatif bisa mencari penginapan yang berupa apartement, atau jaringan hotel 81 & Fragrance hotel di Singapore.
Untuk apartment, bisa mencari di daerah:
1. Kimsia Court
2. People Park Centre (lebih baru dari People Park Complex)
3. Orchard / Lucky Plaza
Terakhir, makanan.
Makanan di Singapore juga tidak terlalu mahal-mahal amat, asalkan kita bisa mencari tempat makan yang murah. Ada 2 alternatif tempat makan murah, yaitu di hawker center atau di food court.
1. Hawker Center: paling murah, merupakan tempat makan umum, biasanya tidak ada AC, dan terdapat di mana-mana, tinggal tanya saja, “where is the nearest hawker center?
Hawker Center yang terkenal:
- Basement B1 Terminal 1 Changi Airport
- Maxwell Food Center (dekat China Town)
- Lau Pa Sat (dekat Raffles)
Kisaran harga di hawker center antara 1,5 s/d 5 dollar Singapore.
2. Food Court, biasanya di dalam Mall atau di bawah Apartment/Hotel, harga lebih mahal karena tempat lebih nyaman (ber-AC), seperti misalnya Food Republic di VIVOCity. Untuk harga makan di Food Court lebih mahal, kurang lebih antara 4 s/d 10 dollar Singapore.
Transportasi di Singapore.
Untuk transportasi, gunakan Bus & MRT (Mass Rapid Transport atau kereta bawah tanah) di Singapore, karena dapat menjangkau ke mana saja. Pertama-tama beli kartu MRT dulu seharga S$15 (tahun 2009), dimana harga kartu 5 dollar, dengan isi kredit 10 dollar. Untuk kartunya sendiri, dapat digunakan untuk transport di Bus maupun MRT, bahkan bisa untuk makan di McD, sesuai dengan isi kartu tersebut.
Kalau ke Sentosa Island, alternatif ada beberapa macam, bisa naik MRT, Bus, atau Cable Car. Tergantung dari pilihan anda sendiri.
Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka website Wisata Singapura, di website ini ada berbagai informasi tentang apa saja di Singapore.