link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 25 April 2011

Hidup di Amerika

Hidup di Amerika 5

From: Proletar <Proletar@aol.com>
Subject: Hidup di Amerika 5
 
Bagi anda yg kebingungan atas tulisan saya bagian ke 4
tentang tabungan yag saya kumpulkan 8000 dollar dalam
sebulan, sebenarnya sudah saya ralat ditulisan saya yg lain.
Yang saya maksud adalah 8000 dalam 10 bulan.Sekali lagi maaf
untuk kesalahan mengetik saya ini.
Tulisan ini untuk menjawab sekaligus sekitar 60 email yang masuk
ke alamat saya,Kebanyakan memang meminta informasi yang mereka anggap
penting.Tetapi karena keterbatasan waktu dan efesiensi, saya kira dgn tulisan
ini
saya sekaligus bisa menjawab semuanya.
Oke lanjutan infromasi ini adalah:
  
1. Student asing memang dilarang bekerja penuh oleh pemerintah Amerika,(
mereka cuma bisa bekerja 20 jam seminggu) Larangan ini tujuannya adalah agar
student bisa kosentrasi belajar. Dan kebanyakan student asing biasanya memang
orang yg mampu secara finansial, krn untuk sayarat syarat untuk menjadi
student itu sendiri tertera bahwa finansial orang tua kita kuat.
  
2. Bila anda tanyakan secara sungguh sungguh pada masyarakat Imigrat yg
berbaur anda akan menjawab bahwa di Amerika masalah rasialis malah kebanyakan
berada di kaum minoritas. Masyarakat kulit putih rata rata mau berbabur. Yang
anti putih adalah orang orang minoritas yg gagal atau Imigrant yg kurang
berhasil, atau student seperti di NY yang gagal bergaul lalu menyalahkan
semua orang putih. di negara Bagian Washington, gubernurnya adalah orang cina
, dia menang karena dipilih oleh mayoritas kulit putih dalam pemilihan umum
mengalahkan kandidat orang putih sendiri.Soal pemukulan Rodney King si hitam
yg perkaranya menjadi besar itu sebenarnya banyak orang hitam sendiri membela
polisi yg memukuli dia karena Rodney King itu adalah kriminal berbadan seperti
raksasa, dia mencoba menabrak polisi yg bertugas, kabur dan melawan ketika
akan ditangkap.Kepala polisi di LA sendiri selama ini adalah orang Hitam Chief
Williams yg juga tidak suka dgn Rodney King.Beberapa bulan yg lalu Rodney King
masuk jaik karena menyiksa istrinya, dan mabuk naik mobil dan sekali lagi
ingin menabrak polisi.
  
3.Tax return adalah bagi pembayar pajak. Bila pajak yg anda bayarkan cuma 100
dollar tentunya anda tidak bisa mendapatkan tax return sebesar 1000
dollarUntuk Student yg bekerja jam nya seminim student NY tentu saja tidak
bisa berharap
dapat duit dari kolong langit, karena pemerintah tau anda cuma bekerja
sambilan
bukan seorang pure tax payer.Bagi yang benar benar bekerja Apalagi anda masih
single dan tidak punya tanggungan tax returnnya memang tidak banyak juga .
Karenanya seperti yg saya bilang. Anda harus cerdik untuk kelihatan punya
tanggungan, Pasangan yang mempunyai anak banyak seperti orang mexico biasanya
mendapat tax return yg baik, dan tanggungan dari pemerintah yang cukup besar
akibatnya di Amerika ini ada suatu kecenderungan, orang Imigrant bikin anak
banyak banyak agar bisa mendapat tax return, family benefit,welfare.dll
  
4.Untuk mendapatkan Green card bagi Imigrant memang sulit sekali. Biasanya
anda harus menunggu selama 10 tahun untuk mendapat pemutihan.Tetapi kadang
kadang Pemerintah juga mengeluarkan program amnesti dgn syarat syarat anda
memang imigrant gelap yg visa stay nya sudah habis. Program ini tidak berlaku
buat orang yg memegang Visa Student. Karena student diharuskan kembali setelah
mereka selesai sekolah. Maka sudent sebenarnya memegang kelemahan fatal.
Visanya tidak bisa bertukar menjadi Visa Imigrant.(cuma keajaiban dan kasus
kasus unik saja yg bisa merubah ini)
  
5.Untuk yang ingin mengambil visa turis dari tanah air, hendaknya melengkapi
dgn
informasi bahwa anda memang secara finansial sudah cukup kuat. Bukti yg
terbaik yg bisa ditunjukan adalah laporan rekening bulanan anda atau yang
paling tepat adalah credit card agar anda kelihatan memang berduit dan tidak
kabur cari duit di Amerika nanti. Dan janganlah meminta visa dgn paspor yg
masih kosong. Ini akan membuat anda nampak kampungan, tidak terbiasa keluar
negri.
Carilah stempel Visa dari negeri lain dulu seperti Jepang atau yg visa gratis
3 bulan di kedutaan australia.
  
6.Setelah anda sampai di Airport di Amerika, anda akan mendapatkan visa
tinggal.
biasanya berkisar dari 1 minggu sampai 6 bulan. Ingat Visa yg anda ambil di
Jakarta itu adalah Visa Entry,alias visa masuk. Jadi Visa sebenarnya adalah
visa
yg akan anda dapatkan di Airport nanti.
  
7.Begitu anda memulai tinggal di Amerika, cepat cepatlah anda membuat nomor
social security dgn cara mendatangi kantor SS( social Security) mengisi
folmulir dgn menyertakan paspor dan I-94 anda ( ini adalah selembar kertas yg
berisi data anda yg dibagikan dalam pesawat, yg dicap oleh Imigrasi berfungsi
sebagai Visa tinggal). Beri alasan bahwa anda butuh membuat driver license.
Dan nomor SS akan dikirim pada anda5 sampai 6 minggu kemudian.
  
8.Bila anda memiliki Green Card kemudahan sekolah akan anda dapatkan. Biaya
sekolah bisa menjadi ringan asal anda sekolah di State univercity bukan di
private.
di California misalnya, anda bisa sekolah di Calstate LA,Long Beach,atau UCLA.
UC Irvine.( di LACC misalnya bagi green card holder anda cuma membayar 5
dollar per unit sedang foreign student sekitar 140 dollar per unit) Dan inilah
yg dicemburui student Indonesia karena mereka sama sekali tidak bisa mendapat
benefit bagus seperti itu. Makanya tidak heran kalau student NY itu seperti
kebakaran rambut kemaluan karena kesal harus bayar mahal.
  
  
9Toko toko elektronik besar adalah Frays,Goodguys ,Circuit city.
Disitulah anda seharusnya membeli barang barang elektronik,Sebagai infromasi
terakhir hara komputer packard bell 233 Mghz Pentium II dgn 4.3 MB memori.24 X
CD room.56K fax modem.32 MB ram beserta monitor dan printer warna harganya 999
dollar belum termasuk tax yg sebesar 8.7 percent di California.Harga segitu
sangat bisa dijangkau bagi siapapun yg bekerja dgn gaji minim seperti tukang
cuci
piring direstaurant, asal dia memang bisa menabung dan share apaertemen dgn
teman teman.
  
10.Bagi yang sudah suami istri, biasanya Istri juga ikut bekerja. Karena
memang sulit untuk menanggung biaya hidup sendirian(kebanyakan pasangan
menikah tinggal di Apartement sendiri) Bagi imigrant pemula harap hindari
menyewa rumagh karena bill listrik gas, lebih besar dari apartement. Air juga
harus membayar ( di apartement air free) begitu juga buang sampah.dll.
  
11.Bagi anda yang merasa tulisan saya menyiratkan kesombongan, saya minta
maaf, saya sama sekali tidak bermaksud menyomobongkan diri. Saya juga masih
berjuang. Alasan saya menulis panjang panjang seperti ini tidak lain karena
saya mencoba mengkoreksi sejumlah kesalahan opini tentang Amerika. Dan siapa
tahu kita bisa banyak belajar dari negeri ini yg kebaikan dan sytemnya mungkin
bisa
kita tiru nanti setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Keluarga Suharto.
Dan secara jujur saja, saya ingin anda bisa sukses dan banyak uang agar bisa
jalan jalan kesini. Dan saya juga berharap Informasi saya berguna bagi yg
memang berniat serius untuk Migrant ke Amerika.Tips saya ini sangat penting
percayalah.
  
Saya selalu mengharapkan yg terbaik buat negeri saya.
Buat teman teman sebangsa.Seperjuangan.
Tidak pernah sekalipun saya malu menjadi bangsa Indonesia yg penuh kekurangan
ini. Kulit coklat saya ini malah banyak digemari teman teman kulit puyih saya.
Kalau mereka bersusah payah berjemur diri agar bisa menjadi coklat.
Saya terlahir coklat.
Tapi tentu saja saya tetap mengharapkan yg terburuk buat Keluarga Suharto
dan para bajingan tengik lainnya yg menghambat hidup anda dan menyengsarakan
anda.Dan saya tidak pernah lupa mengutuk mereka.
  
  
Hasan Basri

Tidak ada komentar: