link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 05 April 2011

Cowok Korea

Cowok Korea unyu-unyu?

ini siapa sih?
Saat saya memutuskan pergi ke Korea Selatan, banyak NTers via twitter yang “titip salam” untuk  Lee Min Ho, Jang Geun Suk, Kim Bum, tralala trilili bam bim bum dan sebagainya. Blah, terus terang saya nggak pernah denger semua nama yang disebutin itu. Katanya sih mereka adalah bintang serial drama Korea. Duh, pantes aja nggak tau soalnya saya nggak pernah nonton. Banyak NTers, terutama cewek-cewek, pengen banget ke Korea ya karena pengen melihat langsung cowok Korea yang (katanya) unyu-unyu itu! Jadilah sebelum berangkat saya menyempatkan diri browsing images nama-nama yang disebutkan.
Gara-gara kena “racun” yang bilang cowok Korea cakep-cakep, saya jadi selalu pasang mata “melototin” cowok-cowok Korea dari ujung kepala sampe ujung kaki – malah melebihi perhatian saya terhadap obyek wisatanya. Begitu masuk pesawat Garuda Indonesia aja mata saya langsung jelalatan melihat para penumpang – lebih tepatnya cowok-cowok Korea – di sekitar saya. Hmm, boro-boro cowok muda Korea yang seger-seger, isinya sebagian besar orang tua. Saya pikir mungkin saya bisa cuci mata pas nanti di sarangnya.
Setiap hari selama hampir seminggu jalan di Seoul dan Incheon, mata saya berburu cowok-cowok muda Korea mulai dari di jalanan sampe tempat gaul. Kesimpulannya, nggak ada tuh yang muka cowoknya kayak di serial drama Korea! Well, ada sih tapi bisa dihitung dengan jari satu tangan, itu pun nggak mirip. Rata-rata muka mereka kayak kotak amal alias kotak-kotak dengan rahang tegas. Bodinya juga nggak semua lean atau muscular, tapi banyak juga yang segede gaban. Saya juga nggak menyangka banyak yang tinggi-tinggi. Model rambut memang trendy lah, bergaya awut-awutan pake wax, sebagian nekat mencat rambut warna pirang. Kulit jelas putih bersih, tapi kalo yang ABG sih tetep aja jerawatan merah-merah. Baunya kalo siang bau kimchi (sayuran fermentasi), kalo malem bau soju (arak Korea) *eh ini sih lebay*. Yang bikin mereka keren adalah gaya berpakaiannya, terutama pada saat musim dingin dengan suhu -10°C. Mereka tuh pake jaket atau jas yang keren dengan model yang keren, jahitan yang bener dan kualitas bahannya juga bermutu.
Jarang saya melihat cowok Korea jalan kaki sendiri, kecuali yang tua dan para pekerja kantoran. Cowok-cowok mudanya sih doyan jalan bareng bersama geng cowok-cowok juga. Kalo ada yang berpasangan, mereka tidak menunjukkan PDA (public display of affection). Malah sering saya liat lagi berantem: yang ceweknya ngambek lagi dirayu-rayu cowoknya sampe teriak-teriak satu sama lain di mal yang rame. Pernah juga di mal liat cewek menampar cowoknya yang berseragam loreng-loreng tentara! Gara-gara ini saya sampe pengen punya kekuatan super power untuk bisa mengerti semua bahasa di dunia..
Nah, cewek-cewek Korea yang justru jauh lebih cantik dari bayangan saya. Selama ini saya ketemu cewek Korea di Indonesia atau pas lagi traveling di negara lain, rasanya nggak ada yang mending. Tapi begitu ke negaranya ternyata mereka sungguh cantik-cantik! Udah kulit putih mulus, tulang pipi tinggi, bodi langsing, eh cuek pake rok mini di suhu di bawah 0 lagi! Rambutnya sih banyak yang dikeriting dan diwarnain. Kalo jaket demennya pake yang bulu-bulu. Sepatu botnya juga keren-keren. Kesimpulannya, lebih banyak cewek cantik dibanding cowok cakep di Korea Selatan. Gilanya, meski cewek Korea udah putih, ternyata mereka – sama kayak di Indonesia – teteup terobsesi dengan kulit putih. Produk pemutih dan iklannya banyak bertebaran.
Yang bikin saya shock, saya sempat berkunjung ke Nu Plastic Surgery, sebuah Rumah Sakit khusus operasi plastik. Menurut pejabat RS itu, 60% orang Korea usia 20-40 tahun pernah dioperasi plastik! Yang paling laku adalah operasi bikin lipetan mata (double eyelids) dan mancungin hidung. Pantes aja RS operasi plastik banyak banget di sana, sekecamatan aja ada 400 RS! Sesuai teori supply and demand, operasi plastik di Korea termasuk salah satu yang paling murah di dunia. Lalu saya pun mendengar gosip.. Katanya mbak-mbak kantoran aja biasa melakukan operasi plastik pada saat jam makan siang kantor. Anak ulang tahun biasa dihadiahi operasi plastik oleh orang tuanya. Trus, artis Hollywood yang main di serial Desperate Housewives aja operasi plastiknya di Korea. Bahkan udah ada sebagian orang Indonesia juga lho!
Yah begitulah, artis dan selebritas yang cuakep itu ya cuma ada di TV atau film, nggak bisa digeneralisasikan ke kehidupan sehari-hari di negaranyaKita juga nggak bisa menyimpulkan semua cowok Amerika kayak Brad Pitt atau semua cewek India kayak Aishwarya Rai kan? Anyway, cakep itu relatif (dan jelek itu mutlak). Masalah selera juga tidak bisa diperdebatkan. Tapi bagi saya, cowok-cowok Korea yang unyu-unyu itu sih bukan tipe saya karena terlihat seperti kurang testosteron. Masih cakepan juga Ariel-nya Peterpan. Ya kan? Ya kan? Hehe!

Tidak ada komentar: