link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 05 April 2011

Cara Murah Keliling Dunia

Cara Murah Keliling Dunia


Siapa bilang liburan selalu mahal? Dengan langkah-langkah tepat dan cerdas, Anda bisa melakukantravelling dengan hemat. Ini dia tipsnya.
Musim liburan. Hindari berlibur pada saat musim liburan, Natal, Lebaran, Tahun Baru, atau libur akhir pekan yang panjang. Namun, bila terpaksa harus pergi juga, cari informasi dan beli tiket lewat internet setidaknya 3-6 bulan sebelumnya.
Moda transportasi. Segera tentukan alat transportasi yang akan digunakan untuk mencapai tempat tujuan. Bila menggunakan pesawat, rajin-rajinlah mencari informasi di internet untuk mendapatkan tiket penerbangan yang murah. Pilih maskapai penerbangan yang bisa memberikan harga paling murah, tapi kualitas layanannya cukup bagus. Lakukan hal ini setidaknya sebulan sebelumnya.
Lewat internet. Pemesanan lewat internet biasanya lebih murah daripada lewat agen perjalanan. Namun, pemesanan lewat agen juga lebih murah dibandingkan bila kita pergi secara langsung (go show) tanpa memesan tiket penerbangan dan hotel lebih dulu. Selisih harganya bisa berkali lipat lebih murah.
Voucher hotel. Bila terpaksa berlibur secara go show, membeli voucher hotel yang dijual di bandara bisa jadi salah satu pilihan. Namun, berlibur secara go show akan merepotkan bila Anda membawa anak-anak atau balita.
Tiket murah. Untuk mendapatkan tiket penerbangan murah, manfaatkan agen perjalanan yang bisa memberikan layanan bagus. Cari harga yang paling murah pada tanggal dan jam keberangkatan yang Anda inginkan, lalu daftarkan nama Anda tanpa meng-issue lebih dulu. Jadi, selama belum berangkat berlibur, Anda masih bisa mengecek harga-harga yang ditawarkan. Bila ada yang lebih murah, jangan ragu untuk menelepon petugas agen perjalanan yang mengurus tiket Anda, dan memintanya untuk mendaftarkan nama Anda.
Soal anggaran. Katakan kepada petugasnya bahwa budget per tiket yang Anda punya untuk tanggal yang Anda tentukan. Petugas akan memberitahu Anda harga-harga yang dipasang maskapai-maskapai itu.
Minta dikabari. Minta kepada petugas biro perjalanan untuk dikabari setiap kali maskapai tertentu memberikan tiket murah, syukur kalau lebih murah dari budget Anda.
Pesan jauh hari. Memesan tiket penerbangan dan hotel sebelum berangkat berlibur sangat penting meskipun Anda hanya berlibur ke kota kecil seperti Bukittinggi. Anda tidak ingin kenyamanan liburan rusak atau bahkan batal hanya karena sampai di tujuan semua hotel bagus penuh atau kamar yang tersedia sangat mahal, bukan?
Rajin browsing internet. Lewat internet, biasanya hotel-hotel berbintang memberikan harga jauh lebih murah dibandingkan bila Anda pesan kamar langsung ke hotel bersangkutan. Buka situs www.asiarooms.com untuk negara Asia, www.magicaljourneys.com dan www.venere.com untuk luar Asia.
Cek fasilitas. Cek lebih dulu fasilitas hotel yang akan dipilih bila memesan lewat internet.
Manfaatkan teman. Memiliki teman atau saudara yang tinggal di kota tujuan, terutama bila tujuan berlibur ke luar negeri, bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap. Atau, bisa juga menyewa guest house milik Kedutaan Besar RI (KBRI) setempat.
Ikut tur. Bila liburan kali itu adalah pengalaman pertama di kota tujuan, menggunakan paket tur liburan bisa jadi pilihan agar "penjelajahan" bisa maksimal.


Hasuna Daylailatu

***
Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda
Sumber Kompasiana: oleh :Nella Ria
Baru pertama kali ke luar negeri (LN) ko ya agak ribett (saya ulas di blog saya sebelumnya :http://nsilaen.tk namun thanks God semuanya telah berlalu dan berjalan dengan baik, disini saya ingin memberikan panduan mengenai langkah-langkah pengurusan Schengen Visa berdasarkan pengalaman saya yang lalu (untuk saya saat itu di kedutaan Belanda).
Secara garis besar Pengajuan Visa akan sama saja untuk kedutaan Schengen Country (Prancis, Jerman, Belgia dll), saya harap pengalaman saya bisa berguna bagi Anda yang akan apply Schengen Visa.
Negara tujuan utama saya adalah Belanda, saya sudah booking tiket sejak awal Mei 2009 untuk keberangkatan 4 September 2009. Karena Tiket promo (Malaysia airlines http://www.malaysiaairlines.com) jadi tiket harus dibayar penuh dalam waktu seminggu setelah saya booking, nominalnya USD 888 nett. Jakarta-Schipol-Jakarta. Wah ternyata ada teman saya di bali bisa dapat tiket lebih murah lagi loh!, menggunakan promo Lufthansa http://www.lufthansa.com Jakarta-Frankfurt-Jakarta USD 615.
Fyi kalau tidak menggunakan tiket promo harga tiketnya berkisar mulai USD 1200, so beruntunglah kalian jika mendapat tiket promo tapiii harus bayar tiketnya beberapa bulan sebelum keberangkatan hehehe ..
Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, PALING LAMBAT 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan, saran saya sebaiknya urus jauh – jauh hari deh! karena kita tidak pernah tahu hambatan apa yang bisa kita hadapi ketika pengurusan berlangsung.
Ada catatan PENTING yang diberikan website kedutaan Belanda, http://www.mfa.nl/jak-id/urusan_konsuler yakni antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat. Perlu diingat bahwa untuk membuat janji pada periode tersebut sangat sulit, apesnya saya tidak mengetahui hal tersebut, pihak kedutaan menginformasikan bahwa pada periode tersebut banyak mahasiswa yang akan daftar kuliah jadi mereka harus diutamakan.
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman-teman milis, jika akan ke Luar negeri (LN) maka kita harus menyiapkan sejumlah dana di rekening tabungan kita, yang nantinya bisa memperkuat pemberian visa, pihak kedutaan memerlukan bukti kalau kita bisa membiayai perjalanan kita dan kita tidak akan terlantar di negara asing. Nominal yang saya dengar bermacam-macam dan tidak ada patokan resminya, ada yang mengatakan harus ada 50 juta atau. 30 juta rupiah di rekening kita atau ada juga yang mengatakan jumlahnya tidak penting, asal bisa membuktikan bahwa kita punya uang.
Saya tidak punya uang sebanyak yang diatas, jadi pada akhir bulan Juni 2009 saya pinjam ke ayah saya sejumlah 25 juta rupiah, saya masukkan rekening saya selama dua bulan (ada yang bilang 3 bulan) sampai visa saya dapatkan.
Saya mendapat surat undangan (istilahnya Gemeente, kalo di sini mungkin seperti kantor walikota) dari teman satu marga yang sudah jadi warga negara Belanda, maka jenis visa yang saya gunakan adalah kunjungan family and friends. Jika ada surat undangan semacam ini akan lebih mudah dapat visanya, bagi mereka yang tidak mempunyai saudara atau kenalan yang bisa memberikan surat undangan tidak masalah kok, kalian bisa booking hostel di http://www.hostelworld.com

Syarat yang mengundangpun harus berpenghasilan minimal 800 Euro per bulan dan si pengundang harus datang ke kantor balaikota (Gementee) untuk mengisi formulir undangan, dan juga si pengundang harus membuktikan secara finasial bahwa dia mampu mengundang Anda.
Untuk singkatnya dokumen yang harus dipersiapkan dan dibawa untuk permohonan :
1. Paspor yang masih berlaku (minimal 3 atau 6 bulan untuk amannya).
2. Formulir permohonan visa yang telah diisi lengkap dan ditandatangani (bisa ambil di kedutaan atau download di website kedutaan terkait).
3. Bukti tiket / booking tiket PP.
4. 2 (dua) pasfoto berwarna terbaru ukuran 3X4 cm. *Update 19 April 2010
Aturan tentang foto per 1 April 2010, bisa liat website kedutaan http://www.mfa.nl/jak-id/urusan_konsuler/visa/kunjungan_singkat
5. Fotokopi halaman data pribadi paspor Anda.
6. Surat Keterangan Kerja (menerangkan dari tanggal berapa sampai tanggal berapa Anda akan cuti dari kantor).
7. Bukti kemampuan secara finansial diri sendiri (kopi rekening bank/buku tabungan / deposito 3 (tiga) bulan terakhir).
8. Surat Undangan dari Belanda (kalau tidak ada surat undangan maka harus ada bukti pemesanan hotel yang telah dikonfirmasi).
9. Asuransi Perjalanan, yang berlaku di wilayah Schengen dengan pertanggungan minimal sebesar € 30.000,-.
Bukti asuransi ini boleh dibuat setelah permohonan visa telah disetujui dan polis asuransi diperlihatkan ketika pengambilan visa, jangan lupa HARUS berikan kopinya ke kedutaan. (September 2009 saya beli asuransi Axa USD 70 berlaku satu bulan, harga mungkin saja berubah) bisa hubungi SIRIUS TOUR dengan Whisnu Destanto Tel : + 6221 – 344 73 38 begin_of_the_skype_highlighting              + 6221 – 344 73 38      end_of_the_skype_highlighting atau bisa juga hubungi saya nanti saya bantu beritahukan ke pak Whisnu.

Dokumen yang diperlukan dari Pengundang (Belanda) :
1. Surat undangan / Gemeente (undangan yang telah dilegalisasi oleh kantor balai kota tempat si pengundang tinggal dari pihak keluarga atau teman yang hendak dikunjungi). *Catatan/update 19 April 2010 Surat Undangan, formnya harus di isi lengkap ya, karena teman saya kena kasus, dimana surat undangan yang dia dapatkan dari Belanda hanya tertera nama dia saja, jadi oleh pihak kedutaan di Jakarta ditolak, dan kalau sudah ditolak maka pengundang harus mengajukan surat undangan baru. (Padahal dulu, surat undangan saya hanya nama saja, Thanks God .. lancar, kalau kena kasus alamat bisa hangus tiket saya he-he-he)
2. Bukti kemampuan secara finansial sponsor (kopi rekening bank/buku tabungan 3 (tiga) bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir).

3. Kopi paspor pihak pengundang (dan juga fotokopi izin tinggal Belanda jika ada, dalam hal ini jika pengundang buka warganegara setempat) pihak keluarga atau teman yang hendak dikunjungi.
Biaya permohonan visa €60,00 akan di rupiahkan tergantung kurs di kedutaan saat Anda apply visa.

Jika semua dokumen yang diperlukan sudah siap maka Anda hubungi kedutaan (dalam hal ini saya ke kedutaan Belanda), untuk buat janji melalui telepon 021-5271904begin_of_the_skype_highlighting              021-5271904      end_of_the_skype_highlighting dengan menyebutkan nama, nomor telepon dan nomor paspor, kemudian nanti kita akan diberitahukan kapan bisa datang untuk apply visa nya. Saran saya hubungi kedutaan di pagi hari antara jam 8 – 10 karena di atas jam tersebut seringkali sulit masuk.

Alamat kedutaan Belanda di Jakarta :
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. S-3
Kuningan – Jakarta 12950
Indonesia
Nomor telpon:
Tel: +62 21 524-8200 begin_of_the_skype_highlighting              +62 21 524-8200      end_of_the_skype_highlighting atau +62 21 525-1515begin_of_the_skype_highlighting              +62 21 525-1515      end_of_the_skype_highlighting
Email : jak@minbuza.nl

Setelah buat Janji dengan kedutaan minta si pengundang untuk scan semua dokumen dan mengirimkannya via email ke kedutaan ( JAK-VISA@minbuza.nl ) dan CC ke email Anda, jadi si pengundang tidak perlu mengirimkan aslinya via post (lebih cepat dan menghemat biaya kan ) kemudian Anda print out dokumen tersebut dan di bawa serta ketika datang ke kedutaan pada hari yang telah disepakati dengan pihak kedutaan.
Jika semua lancar dan dokumen yang diperlukan sudah lengkap semua, maka pengurusan visa ini makan waktu 8 – 10 hari kerja (berdasrkan sharing dengan teman-teman milis, yang paling mudah dan cepat pengurusan visa di kedutaan Belanda).

Adapun Visa Schengen berlaku untuk negara-negara yang disebut di bawah ini:
1. Austria
2. Belanda
3. Belgia
4. Ceko
5. Denmark
6. Estonia
7. Finlandia
8. Hongaria
9. Islandia
10. Italia
11. Jerman
12. Latvia
13. Lituania
14. Luksemburg
15. Malta
16.Norwegia
17. Perancis
18. Polandia
19. Portugal
20.Slovakia
21. Slovenia
22. Spanyol
23.Swedia
24 Yunani DAN
25. Swiss (per 12 Desember 2008)
Untuk negara tetangga kita, Singapura bebas visa untuk mengunjungi Negara-negara Schengen Country, wah enak sekali yaaa :D

Untuk informasi lebih lanjut bisa buka website kedutaan Belanda http://www.mfa.nl/jak-id/urusan_konsuler/visa
Akhirnya, saya ucapkan Good Luck and Have a nice Trip ;-)

(*_*)

Tidak ada komentar: