link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 25 April 2011

Biaya di Amerika


Biaya hidup di Amerika

Biaya hidup di Amerika
Wah, pertanyaan yang menarik bukan ? yang jelas biaya hidup yang dimaksud ini ialah biaya kira kira untuk bertahan hidup selama sebulan di amerika dengan lifestyle yang menengah ke bawah yah. Ini semua juga bakalan tergantung dari kota atau daerah mana yang dipilih untuk tinggal. Pokoknya saya kasi garis besar aja deh, biaya apa yang diperlukan buat tinggal di Amerika ini sebagai anak rantau.
biaya-hidup-di-amerika
1. Sewa kamar / apartement / condo / rumah
biaya sewa ini biasanya yang paling mahal di antara biaya hidup yang lain. kalau kamu udah kerja, bisa 30-50% gaji kamu, tergantung juga kerja apa dan tinggal di mana. Sewa kamar di daerah UCLA -Westwood bisa sekitar $2000 an untuk 2 kamar, jauh dikit ke daerah West LA bisa sekitar $1200 an buat 1 kamar, kalau cuman sewa kamar / ngekost di daerah San Gabriel sekitar $500 an per kamar. San Fransisco lebih mahal lagi sekitar 2 kali lipatnya, mau murah ? tinggal di mid west, Texas, Atlanta dsbnya.
2. Kendaraan
kalau punya mobil, biaya paling mahal ialah bensin. Sekarang sekitar $3.05 / galon, honda civic perlu 15 galon, yah itung sendiri deh. kemudian kamu perlu asuransi, dan kalo mobil baru perlu biaya angsuran juga tiap bulan. Untuk mobil aja mungkin kamu bakal spend $600-$1000 per bulan. Ini juga tergantung mobil jenis apa, dan kamu travel ke mana tiap harinya.
kalau mau lebih murah yah, naik bus / kendaraan umum atau beli sepeda. Serius lho !
Motor bebek nggak ada, adanya scooter, tapi jarang banget disini.
3. Makan
untuk makan bener bener bervariasi, kalau dibikin 2 x makan, setiap makan kurang lebih $7 an lah, kamu kali 30 hari sebulan x 2-3 kali makan. Lumayan mahal lho, itung aja sendiri yah ;P Ini bukan makan McDonald atau Kentucky terus yah, tapi makan yang lumayan lah. Mau lebih murah ? masak sendiri, tapi siap siap aja untuk makan makanan yang sama selama seminggu. Soalnya kalo masak, nggak bisa sedikit2 kan ? Paling gampang solusinya ialah catering, cukup banyak catering indonesian food. Salah satunya Winnie Catering, cek aja website mereka. $8.00 cukup 2x makan untuk 1 orang per hari.
4. Komunikasi
Langganan cell phone, yang paling murah sekarang $40-$50 unlimited per month. Trust me, kamu bakalan perlu yg unlimited, percuma bayar yang lebih murah, palingan cuman beda $10 an perbulan. oh iya, the good news is kamu nggak perlu beli cell phone, bisa dapet gratis, tapi dengan kontrak. Lumayan kan ?
5. Leisure
untuk hiburan lah, nonton $9-17 satu orang. mau murah ? sewa DVD $1.00 sehari. mau lebih murah lagi ? pake Netflix $5 – $7 sebulan. Langganan internet sekitar $15-30 per bulan, langganan satellite dish / tv kabel $30-$50 per bulan ( saran gue, nggak perlu ) kalau kerja disini jarang ada waktu nonton TV, tapi internet perlu banget. Beli baju, beli di Outlet sekitar 30-50% off, yah baju GAP sekitar $20 an. worthed banget sih kalo bawa baju dari indo, hahaha.
6. Miscellaneous
datang pasti perlu komputer ( murah banget di amerika, laptop cuman $500 an udah dapet yang lumayan bagus ). apa lagi yah ? nanti deh kalo kepikiran aku tulis lagi.
Ok segini dulu, nanti lanjut yah.

Tidak ada komentar: