link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 28 Maret 2011

Pertama kali bepergian ke luar negeri


Visa Korea Selatan => Cara mendapatkan Visa Korea Selatan tanpa harus punya deposit Rp. 50.000.000 di bank. (backpacker amatiran)

Bagi orang yang ingin berlibur ke Korea selatan untuk pertama kalinya, mungkin agak susah-susah gampang dalam mendapatkan visa (kecuali visa business => udah pasti diurusin sama perusahaan dong)



Kali ini saya mau berbagi pengalaman dalam mendapatkan Visa single Tourist ke Korea selatan. SEbenarnya ini agak membuat saya was2 juga, karean saya berlibur ke negeri gingseng itu sendirian (tidak dalam urusan bisnis atau mengikuti tour tertentu) ditambah saya ga punya deposit sebesar Rp. 50.000.000 sebagai jaminan. Tapi jangan berkecil hati teman2.. I’ve been there and done that.. and I finally Got my visa~~ yippiiie..

First of all, tanpa bosan saya akan tetep ingetin standar persyaratan bikin visa.. kamu harus persiapkan dokument2 berikut ini.. (terkadang document ini sangat simple dan terlihat tidak penting, tp dengna melampirkan bukti document in malah yagn bisa mempermudah kmu mendapatkna visa turis ke korea kurang dari 1 minggu).

1) Passport ijo bergambar burung Garuda (usahakan burungnya Garuda ya, secinta apapun kamu sama burung perkutut kamu, saya saranin passport km harus bergambar Garuda.. titik!!) => dan yang paling penting validasi passport garuda km minimal masih berlaku untuk 6 bulan kedepan, ini dikhawatirin Garudanya udah ketuaan. Wkwkwkw.. :P





2) Uang proses Visa sebenarnya Rp. 350.000 =>kalau urus sendiri, kalau melalui agen bisa dari 450.000- 2.000.000 (tergantung kondisi)


3) Pass poto 4X6 (berwarna dan berlatar belakang putih) jangan lupa pasang senyum menyongsong harapan akan umur panjang,, karean foto ini bukan untuk dipampang di papan obituary.. hahaha.. :P

ini fotonya item puteh.. harusnya bewarna..
4) Surat sponsor => btw, ini surat dibuat atas izin boss departemen kamu yang kira2 isinya boss kamu mengizinkan kamu dikasih cuti untuk jalan2 ke korea dan akan kembali dalam waktu yang telah ditentukan. (YANG INI WAJIB BAHASA INGGRIS) Begituuuu cuyy..
tapi kalau kamu adalah seorang wirausahawan... surat sponsor ini bisa dibuat sendiri, di sana cantumkan saja posisi kamu seperti apa.. misalnya : Toko Kiki, posisi : owner.. dan jangan lupa bubuhi cap tokonya... (bagusnya lagi klo ada kertas surat yang ada kops surat toko tsb)

5) Surat referensi bank (kamu harus minta bank tempat kamu nabung utnuk bikinin surat referensi yagn isinya menyatakan kalau kamu adalah nasabah bank tersebut dan mempunya relasi yagn baik selama ini. => biaya administrasi pembuatan surat referensi banknya Rp. 50.000 standarnya atau tergantung bank bersangkutan) => surat referensi ini hanya berlaku untuk 3 bulan dari masa penerbitannya.

6) Foto kopi kartu keluarga, KTP, NPWP

7) Surat keterangan Kerja => Ini penting banget cuy.. kenapa? Karena jangan sampai kita dicurigai sama kedutaan kalau kita ini ada rencana jadi illegal worker di korea .. dengan surat keterangan kerja ini, kita menyakinkan klo kita udah settle dengna kerjaan kita di Indonesia, dan kita memang ga ada kepikiran untuk mengais uang di negerinya.

8) Formulir Visa => ini isi aja sesuai dengan pertanyaannya.. jagnan lupa foto yang 4x6 tadi tempelin di atas kiri formulir.. yach.. yach..

9) Kartu nama yang ada logo perusahaan tempat kmu bekerja=> ini juga penting,karena dengna kartu nama bisa menunjukkan kalau kamu memang bagian dari perusahaan temapt kamu bekerja sekarang (bukan pekerja kontrak yang bisa sewaktu2 di phk etc deh)

10) COPY dari SPT TAHUNAN cuy.. sekarang DOKUMENT INI JADI WAJIB fardu ain hukumnya untuk dapatin Visa korea. .ini mau buktiin kalau kamu adalah warga Negara Indonesia yang baik yagn sudah melaksanakan kewajiban membayar pajak.. hehehe.. ga byar pajak?? APA KATE DUNIEEE??

11) Foto kopi rekening Koran/ buku tabungan…
/>ini di print dari awal hingga saldo terakhir.. kalau pengajuan visa ini adalah untuk yang pertama kalinya bagi km.. kamu harus melampirkan buku tabungan asli kamu ke kdutaan. Kalau melalui agen, kamu diharapkan punya uang idle (uang deposit) sebesar Rp. 50.000.000, tp jagn berkecil hati klo uagn kamu ga smp 50.000.000 …saya akan kasih tau triknya nih.. :P simak ya..Sebagai mahasiswa akuntasi, saya mau ajarin tipu muslihat.. hehehe.. :P cara menggandakan uang dalam waktu sekejap!! Daraaadaaaa..!! trik ini sih udah lazim digunakan para koruptor di negeri ini terutama para bendaharawan terutama kasus-kasus besar di Amerika yang menjdi pencetusnya SARBANES OAXLEY.. hohohhoho… namanya trick KITING.. (diambil dari kite-ing)

saya sih sebenarnya pengen banget namain kitten (krn saya suka kucing..) tapi katanya ga nyambung.. yaudah deh.. :DYagn harus dimiliki..

1) 2 buku tabungan dari dua bank yang berbeda atas nama sendiri (bank A dan bank B)

2) Uang minimal 30 juta di tangan. (usahakan ini bukan uang kebutuhan sehari2 kamu, krn km akan butuh waktu MINIMAL 2 minggu untuk memanipulasi nominal uang ini tanpa harus diganggu gugat sepeserpun)

3) Temen2 kamu yang baik hati yagn mau pinjemin rekeningnya sebagai tempat transit aliran kas kita.


Proses..

1) pertama kamu setor uang pada bank A sebesar 30 juta => secara berkala.. jangan sekaligus.. terutama jika km buka tipikal orang yagn suka nabung. Orang keduataan adalah orangyang sanat pintar dalam menganalisa penipuan.. hehehe.

2) Setelah 30 juta terkumpul di bank A.. PRINT OUT buku tabungannya.. dan KEEP IT..!!

3) Ambil uang sebesar 20 juta dari bank A (MELALU ATM, JADI GA PERLU PRINT OUT BUKU LAGI).. lalu setorkan secara berkala ke bank B.. caranya sama.. setelah terkumpul 20 juta… PRINT OUT.. AND KEEP IT..!!

4) Nah sekarng. .kmu datangi kedutaan dan perlihatkan kedua buku tabungan km itu.. di bank A ada 30 juta.. di bank B ada 20 juta.. total uagn kamu sekrang adalah 50 juta secara tertulis. hehehee..~

5) Tips tambahan.. supaya ga dicurigain.. sering-sering pinjam rekening temen kamu.. dan setor uang kamu ke tabungan temen km, lalu minta tolong temen kmu untuk mntransfer uang km melalui rekening temen kamu, jadi seolah2 ada transaksi dari pihak ketiga juga.. Begitu kira2 kiat2nya.. hehehe..

Itu adalah step palign minimalis dalam mendapatkan visa korea selatan.. supaya ga was was takut di reject dari kedutaan.. lebih baik sedia payung seelum hujan.Ga ada salahnya kita juga melampirkan document berikut.. :

1) print out ticket PP (Korean Air, Garuda Indonesia atau Cebu Pasific) =>
boleh hanya Cuma booking confirmation nya kog alias ga mesti beli dulu tiket.
2) Itinerary => Agenda perjalanan kmu.. dari pertama kmu menginjak Incheon international airport sampai detik2 terakhir kmu pulang ke Indonesia.




3) Booking confirmation of Hotel. =>
meski kamu ga perlu 100% jadi inap di hotel tersebut, at least, kamu sudah punya bayangan dimana kamu akan tinggal, dan perlu diinget, di formulir visa ada pertanyaan “address in korea”

Yup sekian sharing dari saya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita smua.. dan selamat berjalan-jalan di negeri gingseng.. dan bagi yang mau oprasi plastik .good luck ya.. (dokter bedah plastic di korea terkenal dengan sebutan The HAND of GOD) dan lagi.. biayanya murahhhhhhhhh meriahhh… hehehe.. (aapannnn ssiiihhh~~~ )

akhir kata.. mau ucapin terimakasih sama tmen2 yang udah susah payah bantuin saya mendapatkan visa.. hehehe.. temen2 yang mendukung trick kiting dan selalu ada disaat saya senang, gundah, gulana, cantik, bad hair day, and saat masa2 mencekam menstruasi..

Jiayoo~~

untuk yang pertama kali bepergian ke luar negeri,, bisa visit ke link ini.. semoga bisa membantu.. heheh
http://www.kikianastasia.co.cc/2010/08/prosedur-keberangkatan-ke-luar-negeri.html