link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Maret 2011

AVCREC

Blu-ray Disc

Tinggalkan komentar
Definisi

Blu-ray Disc (juga dikenal sebagai BD atau Blu-ray) adalah media penyimpanan cakram optik yang dirancang untuk menggantikan format DVD standar. menggunakan utamanya adalah untuk menyimpan video high-definition, video game PlayStation 3, dan data lain, dengan sampai 25 GB per lapis tunggal, dan 50 GB per disk berlapis ganda. Meskipun angka-angka ini merupakan penyimpanan standar untuk drive Blu-Ray, spesifikasi terbuka-berakhir, dengan batas penyimpanan teoritis kiri atas tidak jelas. 200 GB disk yang tersedia, dan 100 GB disk dapat dibaca tanpa peralatan tambahan atau diubah firmware. Disk memiliki dimensi fisik yang sama sebagai standar DVD dan CD.
Nama Blu-ray Disc berasal dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca disk. Sementara standar DVD menggunakan laser merah 650 nanometer, Blu-ray menggunakan panjang gelombang pendek, laser biru-violet 405 nm, dan memungkinkan untuk hampir sepuluh kali lebih banyak penyimpanan data dari DVD.  Selama perang format cakram optik di high-definition, Blu-ray bersaing dengan format HD DVD. Toshiba, perusahaan utama yang mendukung HD DVD, mengakui pada Februari 2008, dan perang format berakhir Pada tahun 2009 akhir, Toshiba merilis sendiri Blu-ray Disc player.
Blu-ray Disc dikembangkan oleh Blu-ray Disc Association, sebuah kelompok yang mewakili pembuat elektronik konsumen, perangkat keras komputer, dan gambar bergerak. Pada Juni 2009, judul lebih dari 1.500 cakram Blu-ray yang tersedia di Australia dan Britania Raya, dengan 2.500 di Jepang, Amerika Serikat dan Kanada.
HDTV set Komersial mulai muncul di pasar konsumen di sekitar tahun 1998, tapi tidak ada yang berlaku umum, cara murah untuk merekam atau memutar konten HD. Bahkan, tidak ada media penyimpanan dengan codec yang diperlukan untuk mengakomodasi HD, kecuali untuk JVC Digital VHS dan HDCAM Sony. Namun demikian, sudah diketahui bahwa dengan menggunakan laser dengan panjang gelombang pendek akan memungkinkan penyimpanan optik dengan kepadatan tinggi. Shuji Nakamura menemukan dioda laser biru praktis, itu adalah sensasi di kalangan masyarakat menengah penyimpanan komputer, meskipun gugatan paten tertunda panjang pengenalan komersial.
Asal
Sony / Philips memulai dua proyek menggunakan dioda baru: Udo (Ultra Density Optical), dan DVR Blue (bersama-sama dengan Pioneer), sebuah format cakram ditulis ulang yang akhirnya akan menjadi Blu-ray Disc (lebih spesifik, BD-RE). [ 10] teknologi inti dari format pada dasarnya sama.
The DVR Blue prototip pertama diresmikan di pameran CEATEC pada Oktober 2000. Pada tanggal 19 Februari 2002., Proyek ini secara resmi diumumkan sebagai Blu-ray, dan Blu-ray Disc Founders didirikan oleh sembilan anggota awal.
Perangkat konsumen pertama di toko-toko pada tanggal 10 April 2003. Perangkat ini adalah Sony BDZ-S77, recorder BD-RE yang dibuat hanya tersedia di Jepang. Harga yang disarankan adalah US $ 3.800; [14] Namun, tidak ada standar untuk video direkam sebelumnya, dan tidak ada film yang dirilis untuk pemain ini. Standar Blu-ray Disc masih tahun lagi, sebagai yang lebih baru, lebih aman Digital Rights Management (DRM) adalah sistem yang diperlukan sebelum studio Hollywood akan menerimanya-tidak ingin mengulang kegagalan Konten Perebutan Sistem yang digunakan pada DVD standar. Pada tanggal 4 Oktober 2004, Blu-ray Disc Pendiri secara resmi berubah ke Blu-ray Disc Association (BDA), dan 20th Century Fox BDA bergabung dengan Dewan Direksi.
Blu-ray Disc format selesai
Blu-ray Disc spesifikasi fisik yang diselesaikan pada tahun 2004.  Pada bulan Januari 2005, Sony mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah lapisan polimer sulit untuk Disc Blu-ray Cartridge, awalnya digunakan untuk perlindungan awal., Tidak lagi diperlukan dan juga yang ditolak. Spesifikasi BD-ROM diselesaikan pada awal 2006 AACS LA., Konsorsium yang didirikan pada tahun 2004, telah mengembangkan platform DRM yang dapat digunakan untuk aman mendistribusikan film kepada konsumen. Namun, standar AACS final ditunda, [20] dan kemudian ditunda lagi ketika menjadi anggota penting kelompok Disc Blu-ray menyuarakan keprihatinan. [21] Pada permintaan produsen perangkat keras awal, termasuk Toshiba, Pioneer, dan Samsung, standar interim telah diterbitkan yang tidak mencakup beberapa fitur, seperti copy dikelola.
Peluncuran dan perkembangan penjualan
BD-ROM pemain pertama dikirim pada pertengahan Juni 2006, meskipun HD DVD player mengalahkan mereka ke pasar dengan beberapa bulan.  Blu-ray pertama Disc judul yang dirilis pada tanggal 20 Juni 2006: 50 First Dates, The Fifth Element, Hitch, House of Flying Daggers, Underworld: Evolution, xXx (semua Sony), dan The MGM Terminator. Paling awal rilis digunakan kompresi MPEG-2 video, metode yang sama digunakan pada DVD standar. Rilis pertama yang lebih baru menggunakan VC-1 dan codec AVC diperkenalkan pada bulan September 2006 [26] Film pertama yang menggunakan 50 GB cakram dual-layer diperkenalkan pada bulan Oktober 2006.. Rilis audio saja yang pertama dilakukan Maret 2008.
Massa pasar pertama Blu-ray Disc rewritable drive untuk PC adalah BWU-100A, dirilis oleh Sony pada tanggal 18 Juli 2006.  Ia membukukan tunggal dan dual-layer BD-R serta cakram BD-RE dan harga eceran yang disarankan sebesar US $ 699.
Kompetisi dari HD DVD
Definisi tinggi perang format cakram optik
Forum DVD, dipimpin oleh Toshiba, sangat terpecah mengenai apakah untuk mengembangkan teknologi laser biru lebih mahal atau tidak. Pada bulan Maret 2002, forum memutuskan untuk menyetujui proposal didukung oleh Warner Bros dan studio foto yang lain gerak yang terlibat mengompresi konten HD ke standar dual-layer DVD-9 disc. [30] [31] Meski keputusan ini, bagaimanapun, DVD Forum Komite Pengarah mengumumkan pada bulan April bahwa ia mengejar sendiri laser biru-solusi definisi tinggi. Pada bulan Agustus, Toshiba dan NEC mengumumkan standar mereka bersaing, Advanced Optical Disc. [32] itu akhirnya diadopsi oleh Forum DVD dan nama HD DVD pada tahun berikutnya, setelah dua kali ditolak oleh anggota DVD Forum yang juga Blu -ray Disc Association mendorong anggota-Departemen Kehakiman AS untuk melakukan investigasi awal ke situasi.
HD DVD memiliki kepala mulai di pasar video definisi tinggi, seperti Blu-ray Disc penjualan tersebut lambat untuk mendapatkan pangsa pasar. Blu-ray Disc player pertama dianggap sebagai judul beberapa mahal dan “buggy”, dan ada yang tersedia  ini berubah ketika 3 PlayStation diluncurkan., Karena setiap unit PS3 juga berfungsi sebagai pemutar Blu-ray Disc. Pada CES 2007, Warner diusulkan Total Hi-Def disc hibrida mengandung Blu-ray di satu sisi dan HD DVD pada-lain tetapi itu tidak pernah dirilis. Pada Januari 2007, Blu-ray disc HD DVD telah outsold, [37] dan selama tiga kuartal pertama tahun 2007, BD outsold HD DVD sekitar 2-1. Dalam siaran 28 Juni 2007 tekan, Twentieth Century Fox dikutip adopsi Blu-ray Disc tentang sistem anticopying + BD sebagai faktor kunci dalam keputusan mereka untuk mendukung format Blu-ray Disc. Pada bulan Februari 2008, Toshiba. menarik dukungan terhadap format HD DVD, meninggalkan Blu-ray sebagai pemenang.
Beberapa analis percaya bahwa Sony PlayStation 3 video game konsol memainkan peran penting dalam perang format, percaya bahwa itu bertindak sebagai katalis untuk Blu-ray Disc, sebagai PlayStation 3 menggunakan drive Blu-ray Disc sebagai media penyimpanan utama informasi. Mereka juga dikreditkan kampanye pemasaran yang lebih menyeluruh dan berpengaruh Sony.
Akhir perang format dan prospek masa depan
Pada tanggal 4 Januari 2008, sehari sebelum CES 2008, Warner Bros (hanya studio besar masih merilis film di kedua HD DVD dan Blu-ray Disc format) mengumumkan bahwa mereka akan rilis hanya dalam Blu-ray Disc setelah Mei 2008. Ini secara efektif termasuk studio lain yang datang di bawah payung Warner, seperti New Line Cinema dan HBO-meskipun di Eropa, HBO mitra distribusi BBC mengumumkan akan, sementara mengawasi kekuatan pasar, terus merilis produk pada kedua format. Hal ini menyebabkan reaksi berantai dalam industri ini, dengan pengecer besar AS seperti Best Buy, Wal-Mart, dan Circuit City dan rantai Kanada seperti menjatuhkan Toko Masa Depan HD DVD di toko-toko mereka. Seorang mantan pengecer besar Eropa, Woolworths, menjatuhkan HD DVD dari persediaannya. [Rujukan?] Netflix dan Blockbuster DVD rental-utama perusahaan-kata mereka tidak lagi membawa HD DVD. Mengikuti perkembangan baru ini, pada tanggal 19 Februari 2008, Toshiba mengumumkan akan mengakhiri produksi perangkat HD DVD,  memungkinkan Blu-ray Disc untuk menjadi standar industri untuk high-density optical disk. Universal Studios, studio film satu-satunya utama untuk mendukung HD DVD sejak awal, mengatakan tak lama setelah pengumuman Toshiba, “Sementara Universal nilai-nilai kemitraan yang erat kita telah berbagi dengan Toshiba, sekarang saatnya untuk mengubah fokus kita untuk melepaskan baru dan judul katalog pada Blu -ray Disc. “[44] Paramount Studios, yang mulai merilis film hanya dalam format HD DVD pada akhir 2007, juga mengatakan akan mulai merilis dalam Blu-ray Disc. Kedua studio Formasi awal mengumumkan Blu-ray pada Mei 2008. Dengan ini, semua studio besar Hollywood sekarang mendukung Blu-ray.
Menurut Adams Media Research, penjualan perangkat lunak high-definition yang lebih lambat dalam dua tahun pertama dari penjualan perangkat lunak DVD standar. [46] 16300000 standar DVD unit perangkat lunak telah terjual dalam dua tahun pertama (1997-1998) dibandingkan dengan 8.300.000 tinggi unit-definisi perangkat lunak (2006-07). Satu alasan diberikan untuk perbedaan ini adalah pasar yang lebih kecil (26.500.000 HDTV di tahun 2007 dibandingkan dengan 100 juta SDTVs tahun 1998). Mantan HD DVD pendukung Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berencana untuk membuat sebuah drive Blu-ray Disc untuk Xbox 360.
Blu-ray Disc mulai membuat langkah-langkah yang serius segera setelah perang berakhir format. Nielsen VideoScan Angka penjualan menunjukkan bahwa dengan beberapa judul, seperti 20th Century Fox Hitman, sampai 14% dari total penjualan dari disk Blu-ray, meskipun rata-rata semester pertama tahun ini adalah sekitar 5%. Tak lama setelah perang berakhir format, sebuah studi oleh The NPD Group menemukan bahwa kesadaran Blu-ray Disc telah mencapai 60% rumah tangga Amerika Serikat. Pada bulan Desember 2008, Blu-ray Disc The Dark Knight terjual 600.000 kopi pada hari pertama diluncurkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya [49] Seminggu setelah peluncuran, The Dark Knight telah menjual lebih dari BD. 1.700.000 kopi di seluruh dunia, membuat Blu-ray Disc pertama judul untuk menjual lebih dari sejuta kopi di minggu pertama rilis.
Menurut Singulus Technologies AG, Blu-ray akan diadopsi lebih cepat daripada format DVD itu pada periode yang sama dalam perkembangannya. Kesimpulan ini didasarkan pada kenyataan bahwa Singulus Technologies telah menerima pesanan untuk 21-ray dual layer Blu mesin selama kuartal pertama 2008, sementara 17 mesin DVD jenis ini dilakukan pada periode yang sama tahun 1997. Dan pemasok peralatan lainnya kunci untuk cakram optik Anwell Technologies Limited telah dikirim Blu-ray disc nya peralatan produksi ke Frankfurt untuk pameran dagang terbesar di dunia – MEDIA-TECH Expo di Mei 2008 dan mereka menerima perintah baru untuk jalur produksi Blu-ray juga Menurut. untuk GfK Ritel dan Teknologi, pada minggu pertama bulan November 2008, penjualan Perekam Blu-ray DVD recorder melebihi di Jepang. [53] Menurut Digital Entertainment Group, jumlah Blu-ray Disc playback perangkat (baik set-top box dan konsol game) telah mencapai 17,3 juta pada akhir tahun 2009.  Menurut Swicker & Associates, Blu-ray Disc penjualan perangkat lunak di Amerika Serikat dan Kanada 1,2 juta pada tahun 2006, 19,2 juta pada tahun 2007, 82,4 juta pada tahun 2008, dan 177,2 juta pada tahun 2009. Beberapa komentator telah menyarankan bahwa menyewakan Blu-ray akan memainkan peran penting dalam menjaga teknologi terjangkau sementara memungkinkan untuk bergerak maju.
Dalam upaya untuk meningkatkan penjualan, studio yang merilis film dalam kemasan kombo dengan cakram Blu-ray dan DVD serta “copy digital” yang dapat dimainkan di komputer dan iPod. Beberapa yang dirilis pada “sirip” cakram Blu-ray dengan di satu sisi dan DVD di sisi lain. Strategi lain yang digunakan untuk melepaskan film dengan fitur-fitur khusus hanya pada disk Blu-ray dan tidak ada pada DVD. Blu-ray menghadapi persaingan dari teknologi baru yang memungkinkan akses ke film pada format atau perangkat, seperti Digital Content Hiburan Ekosistem atau Disney Keychest.
Di bawah ini adalah daftar modern tinggi, resolusi digital bergaya (dan analog tradisional baris TV “per gambar” pengukuran) untuk berbagai media. Daftar ini hanya mencakup format populer.
Analog format:
  1. 576 / 480 × 352 (250 baris): Umatic, Betamax, VHS, Video8 (PAL / NTSC)
  2. 576 / 480 × 420 (300 baris): Super Betamax, Betacam (profesional) (PAL / NTSC)
  3. 576 / 480 × 460 (330 baris): Broadcast Analog (PAL / NTSC)
  4. 576 / 480 × 590 (420 baris): Laserdisc, Super VHS, Hi8 (PAL / NTSC)
  5. 576 / 480 × 700 (500 baris): Enhanced Definition Betamax (PAL / NTSC)
Format digital:
  1. 352 × 288 / 240 (250 galur di rendah-definisi): Video CD (PAL / NTSC)
  2. 576 / 480 × 720 (500 baris): DVD, MiniDV, Digital8 (PAL / NTSC)
  3. 576 / 480 × 720 (380 baris): Widescreen DVD (PAL / NTSC)
  4. 1280 × 720 (680 baris): Blu-ray, D-VHS
  5. 1440 × 1080 (baris 760): miniHDV, D-VHS
  6. 1920 × 1080 (1020 baris): Blu-ray
Perangkat Lunak standar
  1. Codec, Mandat Spesifikasi BD-ROM kompatibilitas codec tertentu untuk kedua decoder hardware (pemain) dan perangkat lunak film (konten).
  2. Video, Untuk video, semua pemain yang dibutuhkan untuk mendukung MPEG-2 Bagian 2, H.264/MPEG-4 AVC, dan SMPTE VC-1. [64] MPEG-2 adalah codec yang digunakan pada DVD biasa, yang memungkinkan kompatibilitas ke belakang. MPEG-4 AVC dikembangkan oleh MPEG, Sony, dan VCEG. VC-1 adalah sebuah codec yang terutama dikembangkan oleh Microsoft. BD-ROM judul dengan video harus menyimpan video menggunakan salah satu dari tiga codec wajib; beberapa codec pada judul tunggal diperbolehkan. Pemilihan codec perizinan mempengaruhi produsen biaya royalti / serta waktu berjalan secara maksimal judul itu, karena perbedaan dalam efisiensi kompresi. Cakram dikodekan dalam MPEG-2 video biasanya batas produsen konten untuk sekitar dua jam dari konten high-definition pada lapisan-tunggal (25 GB) BD-ROM. Codec video yang lebih canggih (VC-1 dan MPEG-4 AVC) biasanya mencapai run time video dua kali lipat dari MPEG-2, dengan kualitas yang sebanding. MPEG-2 digunakan oleh banyak studio (termasuk Paramount Pictures, yang awalnya menggunakan codec VC-1 untuk merilis HD DVD) untuk seri pertama dari disk Blu-ray, yang diluncurkan sepanjang tahun 2006. [Rujukan?] Modern sekarang rilis sering dikodekan dalam salah satu MPEG-4 AVC atau VC-1, memungkinkan studio film untuk menempatkan semua konten pada satu disk, mengurangi biaya dan meningkatkan kemudahan penggunaan. Menggunakan codec ini juga membebaskan banyak ruang untuk penyimpanan konten bonus di HD (1080i / p), yang bertentangan dengan SD (480i / p) biasanya digunakan untuk judul yang paling. Beberapa studio, seperti Warner Bros, telah merilis konten bonus pada disk dikodekan dalam sebuah codec yang berbeda daripada judul fitur utama. Sebagai contoh, rilis Blu-ray Disc Superman Returns menggunakan VC-1 untuk film dan MPEG-2 untuk konten bonus. [Rujukan?] Hari ini, Warner dan studio lainnya biasanya menyediakan konten bonus di codec video yang cocok dengan fitur .
  3. Audio,  Untuk audio, BD-ROM pemain dibutuhkan untuk mendukung Dolby Digital (AC-3), DTS, dan PCM linear. Pemain opsional dapat mendukung Dolby Digital Plus dan DTS-HD High Resolution Audio serta lossless format Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio [65] judul BD-ROM. Harus menggunakan salah satu skema wajib untuk soundtrack utama. Sebuah audiotrack sekunder, jika ada, dapat menggunakan salah satu codec wajib atau opsional.
  4. Bit,  Untuk pengguna merekam program televisi digital, data awal Blu-ray Disc recordable standar yang laju 36 Mbit / s lebih dari cukup untuk merekam siaran definisi tinggi dari sumber (IPTV, kabel / satelit, atau terrestrial). BD Video film memiliki kecepatan transfer data maksimum sebesar 54 Mbit / s, kecepatan bit AV maksimum 48 Mbit / s (baik untuk audio dan video data), dan sedikit video maksimal kecepatan 40 Mbit / s. Ini membandingkan untuk film HD DVD, yang memiliki kecepatan transfer data maksimal 36 Mbit / s, kecepatan bit AV maksimum 30,24 Mbit / s, kecepatan bit video maksimum 29,4 Mbit / s.
  5. Format Container, Audio, video dan lain sungai-sungai multiplexing dan disimpan pada Blu-ray disc video dalam format kontainer berdasarkan aliran transportasi MPEG. Ia juga dikenal sebagai stream MPEG-2 transport BDAV dan dapat menggunakan ekstensi nama file m2ts.. [62] [67] Blu-ray Disc Video judul ditulis dengan dukungan menu di BDMV (Blu-ray Disc Movie) format audio dan berisi , video, dan lain aliran dalam wadah BDAV. [68] [69] Ada juga BDAV (Blu-ray Audio / Visual) disc format, alternatif konsumen berorientasi pada cakram BDMV dibuat untuk rilis film. BDAV format disk yang digunakan pada BD-RE dan cakram BD-R untuk audio / rekaman video. [69] Blu-ray menggunakan metode MPEG transport stream rekaman. Yang memungkinkan transportasi aliran siaran digital untuk dicatat sebagai mereka tanpa mengubah format [70.] Hal ini juga memungkinkan pengeditan fleksibel dari siaran digital yang dicatat sebagai adalah dan dimana data dapat diedit hanya dengan menulis ulang aliran pemutaran. Meskipun sangat alami, fungsi untuk kecepatan tinggi dan mudah untuk menggunakan pengambilan adalah built in [70] [71] Blu-ray Disc Video MPEG menggunakan transportasi sungai, dibandingkan dengan program MPEG stream DVD. Hal ini memungkinkan program beberapa video akan disimpan dalam file yang sama sehingga mereka dapat diputar ulang secara bersamaan (misalnya, dengan “Gambar dalam gambar” efek).
Dukungan perangkat lunak Java
BD-J
Pada pameran dagang JavaOne 2005, diumumkan bahwa Sun Microsystems ‘Java cross-platform lingkungan software akan disertakan dalam semua pemain Disc Blu-ray sebagai bagian dari standar wajib. Java digunakan untuk menjalankan menu interaktif pada Blu-ray Disc, yang bertentangan dengan metode yang digunakan pada DVD video disc. Pra-DVD menggunakan diberikan segmen MPEG dan gambar subjudul dipilih, yang jauh lebih primitif dan jarang halus. Pada konferensi, Jawa pencipta James Gosling menyarankan bahwa peranan Java Virtual Machine, serta konektivitas jaringan di beberapa perangkat BD, akan memungkinkan perubahan kepada Disc Blu-ray melalui Internet, menambahkan konten seperti bahasa subjudul tambahan dan fitur promosi tidak disertakan pada disk pada saat menekan [sunting] Versi Jawa ini disebut BD-J dan merupakan subset dari global Executable MHP (GEM) standar;. GEM adalah versi di seluruh dunia standar Platform Home Multimedia. Kebanyakan Blu-ray Disc yang memiliki menu BD-J tidak membolehkan pemain Blu-ray Disc untuk secara otomatis melanjutkan film dari titik di mana itu berhenti. [Rujukan?]
Kode Wilayah
Kawasan untuk standar Blu-ray:
  1. A / 1: Amerika, dan dependensi mereka, Asia Timur (kecuali Cina dan Mongolia), dan Asia Tenggara.
  2. B / 2: Afrika, Asia Barat, Eropa (kecuali Belarusia, Rusia dan Ukraina), Australia, Selandia Baru, dan dependensi mereka.
  3. C / 3: Asia Tengah, Asia Timur (Cina dan Mongolia saja), Asia Selatan, Eropa Timur, dan dependensi mereka.
Seperti halnya dengan pelaksanaan kode wilayah untuk DVD, Blu-ray Disc pemain dijual di wilayah geografis tertentu dirancang untuk memutar cakram hanya diizinkan oleh penyedia konten untuk wilayah itu. Hal ini dimaksudkan untuk memungkinkan penyedia konten (studio film, dll) kemampuan untuk mendukung perbedaan produk dalam isi, harga, rilis tanggal, dll, menurut wilayah. Menurut Blu-ray Disc Association, “semua Blu-ray Disc player … (dan) Blu-ray Disc-sistem komputer dilengkapi dibutuhkan untuk mendukung pengkodean daerah.” Namun, “adalah pemutaran Penggunaan kode wilayah opsional untuk penyedia konten …” Beberapa perkiraan saat ini menunjukkan 70% yang tersedia Blu-ray (film) cakram dari studio besar adalah wilayah-kode-bebas dan karena itu dapat dimainkan di Disc player Blu-ray, di kawasan manapun.
Studio film memiliki wilayah yang berbeda coding kebijakan. Di antara studio utama AS, Paramount Pictures dan Universal Studios telah merilis judul mereka semua daerah-bebas Sony Pictures dan Warner Bros telah mengeluarkan sebagian besar wilayah-judul mereka bebas. Lionsgate dan Walt Disney Pictures telah merilis sebuah gabungan dari daerah bebas dan daerah-kode judul.  20th Century Fox dan MGM telah merilis judul mereka sebagian besar daerah-kode.
Wilayah Blu-ray Disc skema coding membagi dunia menjadi 3 daerah, berlabel A, B, dan C.  Daerah A meliputi paling Utara, Tengah dan Amerika Selatan dan Asia Tenggara plus negara Taiwan, Hong Kong, Jepang dan Korea. Wilayah B meliputi sebagian Eropa, Afrika dan barat daya negara-negara Asia ditambah Australia dan Selandia Baru. Daerah C berisi sisa pusat dan negara-negara Asia selatan, serta Cina dan Rusia.
Dalam usaha untuk menghindari daerah pengkode pembatasan, berdiri sendiri Blu-ray Disc pemain kadang-kadang diubah oleh pihak ketiga untuk memungkinkan pemutaran Blu-ray (dan DVD) cakram dengan kode wilayah [84] Petunjuk. (‘Hacks’) menggambarkan cara reset wilayah Blu-ray counter dari beberapa komputer aplikasi pemutar BD Disc untuk membuat mereka tanpa batas wilayah-multi juga secara teratur diposting ke situs-situs video-antusias dan forum. Tidak seperti kode wilayah DVD, Blu-ray kode wilayah yang diverifikasi hanya oleh perangkat lunak pemutar, bukan oleh drive dan sistem operasi komputer. Kode disimpan dalam file program player atau dalam registri. Dalam pemain yang berdiri sendiri, itu adalah bagian dari firmware.
Manajemen hak digital
Format Blu-ray Disc mempekerjakan beberapa lapisan manajemen hak digital.
AACS
Advanced Access Content System (AACS) adalah standar untuk distribusi konten dan digital rights management. Ini dikembangkan oleh AS Licensing Administrator, LLC (AACS LA), sebuah konsorsium yang mencakup Disney, Intel, Microsoft, Panasonic, Warner Bros, IBM, Toshiba, dan Sony.
Sejak muncul dalam perangkat pada tahun 2006, beberapa serangan telah berhasil dibuat pada format. Serangan pertama yang dikenal mengandalkan pada masalah klien terpercaya. Selain itu, kunci dekripsi telah diambil dari seorang pemain lemah dilindungi (WinDVD). Sejak kunci dapat dicabut dalam rilis yang lebih baru, [87] ini hanya serangan sementara, dan tombol baru terus-menerus harus ditemukan untuk mendekripsi cakram terbaru. Ini kucing-dan-game tikus telah melalui beberapa siklus.
BD +
BD + dikembangkan oleh Kriptografi Research Inc dan didasarkan pada konsep mereka Melindungi Diri-Digital Content  BD +,. Efektif sebuah mesin virtual kecil tertanam dalam pemain resmi, memungkinkan penyedia konten untuk memasukkan program dieksekusi pada Disc Blu-ray. Program tersebut dapat:
memeriksa lingkungan host untuk melihat apakah pemain telah dirusak dengan. Setiap produsen perangkat berlisensi pemutaran harus memberikan otoritas BD + lisensi dengan jejak memori yang mengidentifikasi perangkat mereka.
Jika produsen perangkat pemutaran menemukan bahwa perangkat yang telah dibajak, itu berpotensi dapat melepaskan kode BD + yang mendeteksi dan circumvents kerentanan. Program-program ini kemudian dapat dimasukkan dalam semua versi konten baru.  Spesifikasi mesin + BD virtual yang tersedia hanya untuk produsen perangkat berlisensi. Daftar adopters berlisensi komersial tersedia dari situs web + BD.
Judul pertama menggunakan BD + yang dirilis pada Oktober 2007. Versi perlindungan + BD telah dielakkan dengan berbagai versi program AnyDVD HD. Program lain dikenal mampu menghindari BD perlindungan + adalah DumpHD (versi 0,6 dan di atas, bersama dengan beberapa software pendukung), yang tersedia dengan lisensi freeware dan dikenal agar kompatibel dengan Mac OS X, Linux, Windows dan platform lain yang berjalan Jawa.
BD-ROM Mark
BD-ROM Mark adalah sejumlah kecil data kriptografi yang disimpan secara terpisah dari data yang normal Disc Blu-ray. salinan Bit-by-bit yang tidak meniru Mark BD-ROM tidak mungkin untuk memecahkan kode. [rujukan?] Sepotong lisensi khusus perangkat keras yang diperlukan untuk memasukkan tanda-ROM ke dalam media selama replikasi. Melalui lisensi dari elemen perangkat keras khusus, BDA percaya bahwa itu dapat menghilangkan kemungkinan produksi massal BD-ROM tanpa otorisasi. [Rujukan?]
BD-Live
Perbedaan terbesar antara Bonus Lihat dan BD-Live adalah bahwa BD-Live membutuhkan player Blu-ray Disc untuk memiliki sambungan Internet untuk mengakses konten berbasis internet. fitur BD-Live sudah termasuk update firmware otomatis, transmisi semua data penggunaan ke produsen (termasuk semua-disc BD dimainkan), memeriksa setiap kali perangkat diaktifkan untuk melihat apakah telah dirusak dan laporan, chatting sama Internet , chatting terjadwal dengan direktur, game internet, featurettes download, kuis download, dan trailer film download. [94] [95] [96] Perhatikan bahwa sementara sebagian Bonus Lihat pemain mungkin memiliki port Ethernet, ini digunakan untuk update firmware dan tidak digunakan untuk konten berbasis internet. Selain itu, Profil 2.0 juga memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih lokal untuk menangani konten ini. Dengan pengecualian para pemain terbaru dan PlayStation 3, Profile 1.0 pemain tidak dapat diupgrade menjadi Bonus Lihat atau BD-Live compliant.
Kompatibilitas Mundur
Meskipun tidak wajib, Blu-ray Disc Association merekomendasikan bahwa Blu-ray Disc drive mampu membaca DVD dan CD standar, untuk kompatibilitas ke belakang [100] Beberapa awal Blu-ray Disc player diluncurkan pada tahun 2006 bisa memutar DVD standar, tapi. tidak CD.
Pembangunan berkelanjutan
Depan sebuah 200GB eksperimental rewritable Blu-ray Disc.
Walaupun Blu-ray Disc spesifikasi telah selesai, insinyur terus bekerja pada kemajuan teknologi. Quad-lapisan (100 GB) disc telah menunjukkan pada drive dengan optik diubah (versi TDK) dan optik tidak berubah standar (“Hitachi menggunakan drive standar .”).[ 104] [105] Hitachi menyatakan bahwa seperti sebuah disk dapat digunakan untuk menyimpan 7 jam 32 Mbit / s video (HDTV) atau 3 jam dan 30 menit dari 64 Mbit / s video (Cinema 4K). Pada bulan Agustus 2006, TDK mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan sebuah kerja eksperimental Blu-ray Disc mampu menahan 200 GB data pada sisi tunggal, dengan menggunakan data 33 GB enam lapisan.
Juga, di balik pintu tertutup di Ces 2007, Ritek mengungkapkan bahwa mereka telah berhasil mengembangkan suatu proses High Definition disc optik yang memperpanjang kapasitas disk sampai sepuluh lapisan, yang meningkatkan kapasitas disk sampai 250 GB. Namun, mereka mencatat bahwa hambatan utama adalah bahwa saat membaca / menulis tidak mendukung teknologi lapisan tambahan.
JVC telah mengembangkan teknologi tiga-lapis yang memungkinkan meletakkan kedua standar-definisi data HD DVD dan data pada BD / (standar) kombinasi DVD. Jika berhasil dikomersialkan, ini akan memungkinkan konsumen untuk membeli sebuah disk yang dapat diputar pada pemutar DVD saat ini dan juga dapat mengungkapkan yang versi HD saat diputar pada pemutar BD. Disk [108] Jepang optik produsen Infinity mengumumkan pertama “hybrid” Blu -ray Disc / (standar) combo DVD, akan dirilis pada Februari 18, 2009. “Code Blue” akan menampilkan empat cakram hibrida yang mengandung lapisan Blu-ray Disc tunggal (25 GB) dan dua standar DVD lapisan (9 GB) di sisi yang sama dari disk.
Pada bulan Januari 2007, Hitachi memamerkan 100 GB Blu-ray Disc, yang terdiri dari empat lapisan yang berisi 25 GB setiap. [110] Tidak seperti TDK dan 100 Panasonic GB cakram, mereka mengklaim disk ini dapat dibaca pada standar Disc drive Blu-ray yang sedang dalam sirkulasi, dan diyakini bahwa update firmware adalah satu-satunya persyaratan untuk membuatnya dibaca pemain saat ini dan drive.
Pada bulan Desember 2008, Pioneer Corporation meluncurkan 400 GB Blu-ray Disc (berisi 16 lapis data, 25 GB setiap) yang akan kompatibel dengan pemain saat ini setelah update firmware. peluncuran direncanakan adalah dalam rangka waktu untuk ROM 2009-10 dan 2010-13 untuk disc rewritable. Pembangunan berkelanjutan di bawah cara untuk membuat 1 TB Disc Blu-ray sesegera 2013.
Di Ces 2009, Panasonic meluncurkan DMP-B15, yang portabel pertama Blu-ray Disc player, dan Sharp memperkenalkan LC-BD60U dan seri LC-BD80U, LCD HDTV pertama dengan terintegrasi Disc Blu-ray player. Sharp juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menjual HDTV dengan terintegrasi Perekam Disc Blu-ray di Amerika Serikat pada akhir tahun 2009.
Pada April 2008 [tanggal info], perjanjian lisensi bersama untuk Blu-ray Disc belum selesai. Perjanjian Lisensi bersama akan membuat lebih mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan lisensi untuk Blu-ray Disc tanpa harus pergi untuk setiap perusahaan yang memiliki paten Blu-ray Disc. Untuk alasan ini, perjanjian lisensi bersama ini akhirnya dibuat untuk DVD oleh Badan DVD6C Licensing.
Pada tanggal 1 Januari 2010, Sony, bekerja sama dengan Panasonic, mengumumkan rencana untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan pada cakram Blu-ray mereka dari 25GB ke 33.4GB melalui teknologi yang disebut i-MLSE (Maksimum Likelihood Estimasi Sequence). Disc berkapasitas tinggi, menurut Sony, akan dibaca pada saat Disc player Blu-ray dengan upgrade firmware. Tidak ada tanggal telah ditetapkan untuk menyertakan ruang meningkat, tetapi menurut Blu-ray.com “itu mungkin akan terjadi beberapa waktu kemudian tahun ini”
3D Blu-Ray
Blu-ray Disc Association menciptakan sebuah satuan tugas yang terdiri dari para eksekutif dari industri film dan elektronik konsumen dan sektor TI untuk membantu menentukan standar untuk menempatkan film 3D dan 3D konten televisi di Disc Blu-ray. [116] Pada Desember 17, 2009, BDA 3D secara resmi mengumumkan spesifikasi untuk Blu-ray Disc, memungkinkan kompatibilitas ke belakang dengan 2D saat ini Blu-ray player [117] “. The Blu-ray 3D spesifikasi panggilan untuk encoding video 3D menggunakan” Stereo Tinggi “profil yang ditetapkan oleh Multiview Video Coding (MVC), perluasan ke ITU-T H.264 Advanced Video Coding (AVC) codec saat ini didukung oleh semua pemain Disc Blu-ray. MPEG4-MVC kompres baik kiri dan kanan pandangan mata dengan overhead khas 50% dibandingkan dengan konten 2D setara, dan dapat memberikan resolusi 1080p kompatibilitas penuh dengan 2D saat ini Blu-ray Disc pemain. ” [118] Selain itu, menurut Sony, PlayStation 3 konsol akan memenuhi syarat untuk upgrade firmware untuk menampilkan 3D disk.
Varian
  1. Mini Blu-ray Disc, The “Mini Blu-ray Disc” (juga, “Mini-BD” dan “Mini Blu-ray”) adalah 8 cm kompak (varian ~ 3)-diameter Blu-ray Disc yang dapat menyimpan sekitar 7,5 GB data. Hal ini mirip dengan konsep MiniDVD dan MiniCD. Recordable (BD-R) dan ditulis ulang (BD-RE) Mini versi Blu-ray Disc telah dikembangkan secara khusus untuk camcorder kompak dan perangkat rekaman kompak.
  2. Blu-ray Disc recordable, “Blu-ray Disc recordable” mengacu kepada dua format cakram optik yang dapat direkam dengan perekam disk optik. BD-R disc dapat ditulis satu kali, sedangkan BD-RE bisa dihapus dan beberapa kali direkam ulang. Praktis saat ini maksimum kecepatan untuk Disc Blu-ray adalah sekitar 12 ×. Tinggi kecepatan rotasi (10.000 + rpm) menyebabkan terlalu banyak bergetar untuk cakram untuk dibaca dengan baik, seperti dengan 20 dan 52 × × kecepatan maksimum, masing-masing, dari standar DVD dan CD.  Sejak September 2007, BD-RE juga tersedia dalam mini yang lebih kecil 8 cm Blu-ray Disc ukuran.  Pada tanggal 18 September 2007, Pioneer dan Mitsubishi codeveloped LTH BD-R (“Rendah ke Tinggi” dalam pencatatan alur), yang memiliki rekaman lapisan pewarna organik yang dapat dibuat dengan memodifikasi CD-R yang ada dan peralatan produksi DVD-R, signifikan biaya manufaktur mengurangi [121] Pada bulan Februari 2008, Taiyo Yuden, Mitsubishi, dan Maxell. merilis BD-R pertama LTH Disc, dan pada bulan Maret 2008, Sony PlayStation 3 mendapat dukungan resmi untuk BD-R LTH Disc dengan 2,20 update firmware [123] Pada bulan Mei 2009. Verbatim / Mitsubishi mengumumkan 6X pertama di industri media LTH BD-R, yang memungkinkan rekaman disk 25 GB dalam waktu sekitar 16 menit. Berbeda dengan rilis sebelumnya dari 120 mm cakram optik (yaitu, CD dan DVD standar), Blu-ray recorder menekan pasar hampir bersamaan dengan debut Blu-ray’s.
  3. BD9 dan BD5, Format BD9 diajukan ke Blu-ray Disc Association oleh Warner Home Video sebagai alternatif biaya efektif untuk BD-ROM cakram 25/50 GB. Format ini seharusnya menggunakan codec yang sama dan struktur program sebagai video Disc Blu-ray, tapi lebih murah direkam ke disc 9 DVD dual-layer GB. Media ini laser merah dapat diproduksi pada lini produksi yang ada DVD dengan biaya yang lebih rendah daripada produksi Blu-ray media 25/50 GB.  Penggunaan BD9 untuk merilis konten di “menekan” cakram tidak pernah tertangkap. Setelah berakhirnya perang format, produsen utama menggenjot produksinya produksi cakram Blu-ray dan menurunkan harga mereka ke tingkat cakram DVD. Di sisi lain, ide menggunakan media DVD murah menjadi populer di kalangan pengguna individu. Sebuah versi lebih rendah kapasitas format yang menggunakan single-layer 4,5 GB DVD discs telah resmi disebut BD5. Kedua format yang digunakan oleh pengguna individu untuk merekam konten definisi tinggi dalam format Blu-ray DVD recordable ke media.  Terlepas dari kenyataan bahwa format BD9 telah diadopsi sebagai bagian dari BD-ROM format dasar, tak satu pun dari model yang ada Blu-ray player mendukung secara eksplisit. Dengan demikian, cakram dicatat dalam format BD5 BD9 dan tidak dijamin untuk bermain pada standar Disc player Blu-ray. AVCHD dan AVCREC juga menggunakan media seperti disk DVD murah, tapi tidak seperti BD9 dan BD5 format ini memiliki interaktivitas yang terbatas, jenis codec, dan kecepatan data.
  4. BDXL, Format BDXL mendukung 100GB dan 128GB-sekali menulis cakram untuk aplikasi komersial.
  5. IH-BD, The IH-BD (Intra-Hybrid Blu-Ray) format termasuk lapisan 25GB write-kali (BD-RE) dan lapisan read-only 25GB (BD-ROM), dirancang untuk bekerja dengan disk Blu-Ray yang ada.
  6. AVCHD, AVCHD pada awalnya dikembangkan sebagai format definisi tinggi untuk camcorder tapeless konsumen. Berasal dari spesifikasi Blu-ray Disc, AVCHD menggunakan tarif yang lebih rendah data, interaktivitas media sederhana dan murah. spesifikasi AVCHD memungkinkan merekam video AVC-dikodekan ke cakram DVD, serta jenis lain ke media akses acak seperti SD / SDHC kartu memori, “Memory Stick” kartu dan hard disk drive. Menjadi terutama format akuisisi, AVCHD juga dapat digunakan untuk distribusi video definisi tinggi menggunakan media murah seperti disk DVD konvensional dan kartu memori flash. Banyak Blu-Ray Disc pemain dukungan AVCHD playback dari DVD. Banyak Sony, Panasonic dan JVC HD set televisi dan Disc Blu-Ray pemain dukungan AVCHD playback dari kartu memori SDHC.
  7. AVCREC, menggunakan kontainer BDAV untuk merekam konten definisi tinggi pada disk DVD konvensional  Saat ini. AVCREC terintegrasi dengan standar siaran ISDB Jepang dan tidak dipasarkan di luar Jepang. AVCREC digunakan terutama di set-top digital video recorder dan dalam hal ini adalah sebanding dengan HD REC.
Sumber ; http://en.wikipeida.org

Tidak ada komentar: