link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Desember 2010

Jalan ke Singapore

Panduan Jalan Hemat ke Singapore
**javamilk.com

Selamat datang di JavaMilk Travel Series. Kali ini saya akan menampilkan artikel “Panduan Jalan Hemat ke Singapore” yang mudah-mudahan menambah informasi bagi Anda yang belum maupun sudah pernah jalan ke Singapore.

Mengapa Singapore? Saya sudah menulis beberapa Travel Series, mulai dari Panduan Jalan Hemat ke Eropa, Hong Kong dan Macau, Taiwan, rasanya kok tetangga yang dekat ini malah belum ditulis. Awalnya melihat banyak website lain yang sudah membahas negara kecil ini, sehingga saya tidak terlalu ingin menulisnya. Namun setelah sekian lama, rasanya saya perlu menelurkan sebuah travel guide juga tentang negara ini, Singapore.

Berbeda dengan artiket jalan hemat sebelumnya, Panduan Jalan Hemat ke Singapore ini tidak ditulis berdasarkan pengalaman per-hari, melainkan berdasarkan topik. Artikel ini akan ditulis dalam beberapa halaman yang akan saya lengkapi, jadi pastikan Anda bookmark alamat ini jika ingin terus menikmati travel series ini.
Airlines Murah ke Singapore

Saat ini rute Jakarta-Singapore dilayani oleh belasan maskapai penerbangan, sehingga bisa dibilang persaingan harga tiket pesawat lumayan keras. Namun tetap saja ekspektasi dan budget orang beda-beda, ada yang mau berangkat dengan airlines terkenal, ada yang ‘yang penting sampai’, dan ada yang menyesuaikan dengan jadwal.

Normalnya harga tiket pesawat Jakarta ke Singapore adalah sekitar USD 140-300 pulang pergi per orang. Umumnya adalah full service airlines, berarti bagasi makan dan airport transfer sudah di-cover. Airlines yang berada di dalam kisaran harga ini antara lain:

* Garuda Indonesia
* Singapore Airlines
* Lufthansa
* Qatar Airlines
* Etihad Airlines

Sedangkan untuk tiket pesawat yang lebih murah, tersedia beberapa budget airlines, yang harganya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1,500,000 untuk satu arah, tergantung promosi dan season. Sudah pasti namanya budget airlines ada saja yang dikurangi, mulai dari tidak ada minuman dan makanan, allowance bagasi yang terbatas, jam terbang yang pagi buta, hingga delay tanpa ganti rugi.

* Lion Air
* Sriwijaya Air
* AirAsia
* Tiger Airways
* ValuAir / JetStar

Dulu orang banyak terbang ke Batam dan dilanjutkan naik ferry ke Singapore supaya pembayaran fiskal dapat lebih murah, namun sejak diberlakukannya bebas fiskal dari Indonesia, rasanya terbang ke Batam harganya sudah sama dengan langsung ke bandara Changi. Pengecualian jika Anda tinggal di kota pulau Sumatera yang belum punya akses bandara International, biasanya harus ke Batam dulu.

Tiket pesawat rata-rata sudah bisa dibeli secara online, terlebih AirAsia yang memang specialist promo tiket pesawat lewat Internet. Anda harus rajin-rajin mengunjungi website airlines masing-masing untuk mendapatkan promosi tiket murah. Bahkan Singapore Airlines (SQ) juga punya harga promo, USD 128 perorang (minimal 4 orang) return. Tiket dibeli via Internet menggunakan kartu kredit, dan pastikan Anda memakai kartu kredit sendiri karena beberapa airlines melakukan pengecekan kartu kredit di airport.

AirAsia, SQ, Qatar, dan beberapa airlines lain mempunyai fasilitas web check-in, di mana Anda dapat menentukan nomor kursi, bahkan jenis makanan dalam 24-72 jam sebelum keberangkatan. Tinggal print boarding-pass di rumah, lalu tukarkan dgn boarding pass asli di counter airport, lebih praktis dan cepat!
Hotel Murah di Singapore

Kalau boleh jujur, umumnya orang Indonesia lebih suka tinggal di hotel mewah berbintang dibandingkan budget hotel, dan ini berlaku untuk turis ke Singapura. Dan memang pilihan hotel murah di Singapura sedikit terbatas, namun jika jeli dan rajin mencari kita bisa mendapatkan yang harga kamar yang murah.

Menurut saya, untuk kategori negara Singapore, hotel murah adalah hotel yang harga kamar double-nya kurang dari SGD 90 atau IDR 600,000. Kalau di Indonesia harga segini kita sudah bisa mendapat hotel minimal bintang 3, harga ini di Singore hanya dapat hotel yang umumnya bintang 2 ke bawah.

Pilihan lokasi sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah karena Singapore adalah negara yang kecil, dan dari ujung barat ke ujung timur pulau ini dapat ditempuh mobil dalam waktu 40 menit. Beberapa distrik memang khusus menjadi cluster hotel.

* Balestier
Awalnya daerah ini diperuntukan untuk private condominium yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia, lalu berkembang menjadi kawasan budget hotel.Boleh dibilang tempat ini sangat nyaman dengan banyaknya tempat makan di sepanjang Balestier Road. Satu kekurangannya adalah akses ke MRT lumayan jauh, stasiun terdekat adalah Novena dan Newton yang dicapai dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Namun untuk pemakai bus kota, terdapat beberapa rute yang melalui kawasan ini.
* Geylang
Distrik Geylang terkenal dengan hiburan malamnya, serta banyaknya makanan enak yang dapat ditemukan. MRT terdekat adalah stasiun Kalang, dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Secara de facto, inilah red-light district di Singapore dengan banyaknya pekerja seks yang berseliweran di pinggir jalan. Jika Anda benar-benar mencari hotel murah dan cuek, boleh mempertimbangkan hotel di sini. Namun jika membawa keluarga atau anak-anak, saya tidak menyarankan tinggal di kawasan ini.

Jalan di Geylang diberi nomor 1 hingga belasan. Jalan yang bernomor ganjil (1,3, dst) adalah surganya makanan enak, sedangkan jalan bernomor genap (2,4,dst) adalah red-light district. Hotel di Geylang menempati jalan bernomor genap, dan saran saya sebaiknya anda pilih hotel yang di lorong 2 sampai 8 yang relatif masih nyaman.
* Joo Chiat
Tidak jauh dari Geylang, Joo Chiat juga mempunyai banyak hiburan malam seperti bar dan club malam. Namun daerah ini bisa dibilang relatif ‘bersih’. Cukup banyak hotel murah di sini, sayangnya akses ke stasiun MRT juga cukup jauh.
* Bugis
Tidak banyak hotel murah di sini, terakhir saya tinggal di New 7th Storey Hotel (di belakang Bugis Junction) tapi sekarang sudah digusur untuk membangun jalur MRT baru. Namun Anda masih bisa menjumpai hostel. Kawasan ini enak menjadi basis tempat tinggal karena letaknya di tengah kota, banyak tempat makan dan shopping, dan aksesnya mudah.
* Little India
Daerah yang memang menjadi perkampungan orang India atau keling, menawarkan hotel murah dengan atmosphere berbeda. Anda juga dapat menemukan banyak makanan murah. Toko Mustafa, toserba yang terkenal dengan variasi barangnya yang banyak terletak di sini.
* Orchard Rd,
nah ini tentu saja daerah paling mahal untuk hotel. Minimal hotel di sini adalah bintang 3 dengan rate di atas USD 100. Tinggal di sini, belanja di sini, dan makan di sini, semua lengkap tapi mahal jika tinggal di kawasan Orchard.

Berikut adalah daftar hotel murah yang berhasil saya kumpulkan dan rekomendasikan.

* Hotel 81 Chinatown, karena lokasinya yang cukup strategis dan dekat ke MRT Chinatown, hotel ini menjadi rekomendasi utama, walaupun kamarnya cukup kecil. Harganya kadang mahal dan kadang murah tergantung promosi.
* Fragrance Hotel – Emerald, kamarnya cukup kecil namun bersih dan nyaman di kawasan Geylang. Biasanya menjadi hotel pilihan tour company.
* Fragrance Hotel – Oasis, di kawasan Balestier juga, kualitas lumayan standar.
* Fragrance Hotel – Joo Chiat
* Value Hotel, sebenarnya terdapat 3 hotel di lokasi yang berdekatan. Terletak di Balestier Rd. Silakan coba Value Hotel – Thompson, Balestier, dan Nice.

Sedangkan untuk pilihan backpacker, ada juga hostel murah. Biasanya berbentuk dorm, jadi ranjang yang disusun bertingkat atau satu ruangan besar berisi 4-8 bed. Ada yang campur (male + female) ada yang khusus dorm female. Beberapa hostel memberikan fasilitas dapur sehingga ktia bisa masak sendiri. Keamanan barang tentu saja tanggung jawab masing-masing, tapi tidak pernah ada kasus kecurian kok.

* Hangout @ Mt. Emily, di kawasan Little India, harga dorm sekitar SGD 40 / orang sudah termasuk breakfast
* Footprint, tidak jauh dari Hangout, harganya juga sekitar SGD30-40 / orang.
* Incrowded Backpackers Hostel, juga daerah Little India
* Bugis Backpackers, harga SGD 20-40 / orang
* ABCBackpackers, di daerah bugis

Hotel Bagus di Singapore

Seperti yang saya singgung di atas, batas murah dan mahal tiap orang berbeda. Ada orang yang senang berhemat di belanja namun ingin tinggal di hotel berbintang. Di sini saya berikan daftar beberapa hotel berbintang yang termasuk sangat baik. Harga kamar adalah harga termurah tipe double, namun kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga lebih mahal.

* Meritus Mandarin Hotel, 5*, Orchard, ~SGD 260/malam
* Crowne Plaza – Changi, 5*, Changi Airport, >SGD170/malam.
Satu-satunya airport hotel yang terhubung langsung ke terminal Changi, membuat hotel ini menarik bagi Anda yang ingin transit atau tidak ingin membawa koper ke tengah kota.
* The Regents Singapore – Four Seasons, 5*, Orchard, ~SGD 210/malam
* Siloso Beach Resort Hotel, 4*, Sentosa, ~SGD 200/malam.
Lokasinya unik terletak di pulau Sentosa, kelebihannya adalah lebih tenang dan suasana resort, minusnya adalah mencari makan di luar hotel yang cukup sulit.
* Holiday Inn – Atrium, 4*, Clarke Quay, ~SGD 160/malam
* Grand Mercure Roxy, 4*, Marine Parade, ~SGD 140/malam.
Tentunya pelayanan standar dari Accor menjadikan hotel ini sebuah pilihan menarik. Lokasinya di East Coast dan dekat dengan shopping center Marine Parade. Tersedia shuttle bus gratis ke airport.

Tidak ada komentar: